POTENSI KULINER IKAN BAKAR SEBAGAI DAYA TARIK UTAMA WISATA DI PANTAI BLIMBINGSARI JAWA TIMUR
Main Article Content
Abstract
Pantai Blimbingsari di Jawa Timur dikenal tidak hanya karena keindahan alamnya, tetapi juga potensi kuliner lokalnya, terutama ikan bakar, yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi kuliner ikan bakar sebagai daya tarik wisata di Pantai Blimbingsari. Metode yang digunakan meliputi observasi langsung, wawancara dengan pelaku usaha kuliner lokal, dan survei terhadap wisatawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ikan bakar memiliki peran signifikan dalam menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain rasa dan keunikan cara memasaknya, faktor budaya dan tradisi setempat turut menambah daya tarik kuliner ini. Peningkatan kualitas pelayanan, promosi kuliner khas, dan pengembangan fasilitas pendukung wisata kuliner dapat lebih memaksimalkan potensi ini. Dengan pengelolaan yang tepat, ikan bakar berpotensi menjadi ikon kuliner unggulan yang tidak hanya mendukung perekonomian lokal tetapi juga mempromosikan Pantai Blimbingsari sebagai destinasi wisata kuliner berkelas.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Afida. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen dan Pengalaman Pelanggan (Costumer Experience) terhadap Loyalitas pada Aplikasi Shopee. Jurnal Syntax Transformation, 1(9), 2721–276.
Agustin, N. A., Kanom, & Darmawan, R. N. (2020). Analisis Potensi Wisata Kuliner Ikan Bakar Sebagai Daya Tarik Wisata Di Pantai Blimbingsari Banyuwangi. Inovasi Penelitian, 1(6), 1211–1221.
Amstrong, K. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prennhalindo.
Arief, M. (2018). Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Jakarta: Bayumedia.
Azmi, & Pratikha. (2022). Pengaruh Online Customer Experiences terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepercayaan sebagai Intervening (Studi Pada Pembelian Elektronik di MarketPlace Shopee. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 10(1).
Darmawan. (2019). The effect of Customer Satisfaction on Trust and Customer Loyalty. Global, 10(1).
Djayanto. (2021). Pengaruh Customer Experience terhadap Customer Loyalty pada aplikasi Grab-Food dengan Brand Trust sebagai Intervening Variabel. Jurnal Fakultas Bisnis Dan Ekonomi, Universitas Kristen Petra, 8(1).
Febriani, I. B. S. (2020). Strategi Pengembangan Potensi Pariwisata Di Pantai Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Destinasi Pariwisata, 8(1).
Handoko, R. T., Rahmawati, H., Prananda, A., & Politeknik, P. (2022). Analisis Hygiene Dan Sanitasi Pengolahan Ikan Bakar Wisata Kuliner Blimbingsari Banyuwangi Melalui Pendekatan HACCP. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel Akademi Komunitas Perhotelan Indonesia, 6(1), 154–159.
Hesti, S., Thasimmim, S. N., & Rimayanti, W. (2021). Efektivitas Iklan Traveloka Televisi Konvensional Pada Konsumen di Era Digital. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 7(1), 57–65. https://doi.org/10.31289/simbollika.v7i1.4417
Indrahti, S. (2022). Kuliner Tradisi Menjadi Daya Tarik Pemasaran Pariwisata Ziarah di Kudus. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 6(4), 403–416. https://doi.org/10.14710/anuva.6.4.403-416
Ishaya, W., & Yoeliastuti. (2020). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Transaksi dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT. Mei 2020 ISSN Cetak 2252-9993, ISSN Online 2598-618X, 9(1).
Kanom. (2023). Pengembangan Wana Wisata Rowo Bayu Banyuwangi. Jurnal ALTASIA, 5(1), 69–83.
Lie. (2019). Analysis of Mediation Effect Of Consumer Satisfaction On The Effect Of Service Quality, Price and Consumer Trust on Consumer Loyalty. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(ue 8).
Praharsiwi, C. S. (2022). Pemanfaatan Limbah dan Pelestarian Ikan di Desa Gading, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Atma Inovasia, 2(2), 188–192. https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/4491
Purnama, Y., Rais, S., Ganiem, L. M., & Hanafiah, A. (2023). Digital Marketing Communication Model of Banyuwangi Tourism. Jurnal Komunikasi Profesional, 7(4), 506–522.
Rahayu, S., Diatmika, I. P. G., & Haryadi, W. (2022). Analisis Potensi Wisata Kuliner Dalam Mendukung Perekonomian Umkm Pesisir Saliper Ate Di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Riset Kajian Teknologi Dan Lingkungan, 5(1), 01–08. https://doi.org/10.58406/jrktl.v5i1.954
Ririn Wulandari, F. A. R. (2020). The Effect of Brand Image, Service Quality, and Customer Value on Customer Satisfaction. International Review of Management and Marketing, 10(4), 68–77.
Sannindra, A. E., Tarigan, E., & Nugraha, R. N. (2022). Analysis of Service Quality To Customer Satisfaction At Ibis Senen Hotel Jakarta. Universitas Nasional Jakarta, 6(2), 358–367.
Suhariyanto, D. (2023). Pelatihan Pengelolaan SDM di Era Digital pada UMKM. Sabajaya Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 27–32. https://doi.org/10.59561/sabajaya.v1i2.16
Suta Tanaya, I. W., Yulendra, L., & Kartini, N. L. (2022). Strategi Pengembangan Kawasan Pariwisata Home Industri Tahu Tempe Di Kekalik - Kota Mataram. Journal Of Responsible Tourism, 2(2), 281–294. https://doi.org/10.47492/jrt.v2i2.2161
Yudian, R. A., & Demolingo, R. H. (2022). Culinary Tourism Attractions In The Tugulufa Area In Supporting The Tourism Industry In The City Of Tidore Islands. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 6(2), 399–411.
Yulia, C., Subekti, S., Nikmawati, E. E., & Maosul, A. (2021). Pengembangan Wisata Kulindes (Kuliner Pedesaan) Berbasis. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 153–159. https://doi.org/10.17509/lentera.v3i1.42204