KONTROL DIRI DI ERA DIGITAL: MENCEGAH PROKRASTINASI DENGAN BIJAK MENGGUNAKAN SMARTPHONE

Main Article Content

Detri Sefianmi Winna Andini Handayani Fanessha Julietta Maharani

Abstract

Saat ini, penggunaan smartphone di kalangan mahasiswa semakin pesat, sehingga kemampuan untuk mengendalikan diri menjadi semakin penting agar mereka tetap bisa mengatur dan menyelesaikan tugas-tugas akademik mereka dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sejauh mana pengendalian diri dalam penggunaan smartphone memengaruhi tingkat penundaan akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi di Unjani Cimahi. Penelitan ini menggunakan metode kuantitatif dengan 273 mahasiswa yang dipilih melalui stratified random sampling sebagai subjek. Instrumen pengukuran berupa kuesioner yang sudah diuji reliabilitas dan validitasnya. Data dianalisis menggunakan regresi sederhana, yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif antara kontrol diri dalam penggunaan smartphone dan prokrastinasi akademik. Semakin tinggi kontrol diri yang dimiliki mahasiswa dalam menggunakan smartphone, semakin rendah tingkat prokrastinasi akademik mereka, dan sebaliknya. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar mahasiswa diberikan panduan yang lebih baik dalam penggunaan smartphone, serta menempatkan motivasi sebagai prioritas utama selama proses pembelajaran di kampus.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Sefianmi, W. A. Handayani, and F. J. Maharani, “KONTROL DIRI DI ERA DIGITAL: MENCEGAH PROKRASTINASI DENGAN BIJAK MENGGUNAKAN SMARTPHONE”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 41-46, Jan. 2025.
Section
Artikel

References

Andriani, W. S., Sriati, A., & Yamin, A. (2019). Gambaran Kontrol Diri Penggunaan Smartphone Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Dan Sederajat Di Kecamatan Jatinango. Jurnal Keperawatan, 5(2).
Arnomo, S. A., & Hendra, H. (2019). Perbandingan Fitur Smartphone, Pemanfaatan Dan Tingkat Usability Pada Android Dan Ios Platforms. Infotekjar (Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan), 3(2), 184–192. Https://Doi.Org/10.30743/Infotekjar.V3i2.1002
Averill, J. R. (1973). Averill_J_R_Personal_Control_Over_Aversi (1). Department Of Psychology.
Debora, N., & Sukmawati, I. (2021). Hubungan Kontrol Diri Dengan Penggunan Gadget Siswa Sma. Jurnal Neo Konseling, 3(3). Https://Doi.Org/10.24036/00431kons2021
Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & Mccown, W. G. (1995). Procrastination And Task Avoidance.
Ghufron, M. N., & Risnawati, R. (2010). Teori Teori Psikologi (R. Kusumaningrat, Ed.). Ar-Ruzz Media Group.
Korespodensi, P., Marthalena Date Doni, A., Pedhu, Y., Strada Bina Sejahtera, T., Studi Bimbingan Dan Konseling, P., Pendidikan Dan Bahasa, F., & Jaya, A. (2022a). Kontrol Diri Dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. 20, 165–175.
Mega Putri, R., & Artikel, S. (N.D.). Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa. Pengaruh Intensitas…(Wahyuni).
Munawaroh, M. L., Alhadi, S., & Ndana, W. (2017). Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling.
Neli Susanti. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual Dengan Kontrol Diri Pada Sman 4 Tapung Kabupaten Kampar. Https://Core.Ac.Uk/Works/84024913
Nurningtyas, F., Ayriza, Y., & Psikologi, J. (2021). Acta Psychologia Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Intensitas Penggunaan Smartphone Pada Remaja. In Acta Psychologia (Vol. 3, Issue 1). Http://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Acta-Psychologia
Rachdianty, Y. (2011). Hubungan Antara Self-Control Dengan Intensitas Penggunaan Internet Remaja Akhir. Https://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Bitstream/123456789/2732/1/Y uniar%20rachdianti-Fps.Pdf
Silalahi, U. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif (N. F. Atif, Ed.). Pt Refika Aditama.


Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Mealfabet.
Syifa, A. (2020). Intensitas Penggunaan Smartphone, Prokrastinasi Akademik, Dan Perilaku Phubbing Mahasiswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 83. Https://Doi.Org/10.25273/Counsellia.V10i1.6309
Thomée, S., Härenstam, A., & Hagberg, M. (2011). Mobile Phone Use And Stress, Sleep Disturbances, And Symptoms Of Depression Among Young Adults - A Prospective Cohort Study. Bmc Public Health, 11. Https://Doi.Org/10.1186/1471-2458-11-66
Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Flow Akademik Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Universitas Negeri Jakarta.
Widya, A., & Psikologi, N. J. (2019). Acta Psychologia Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial Dan Prokrastinasi Akademik Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa. In Acta Psychologia (Vol. 1, Issue 2). Http://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Acta-Psychologia
Xiang, M. Q., Lin, L., Wang, Z. R., Li, J., Xu, Z., & Hu, M. (2020). Sedentary Behavior And Problematic Smartphone Use In Chinese Adolescents: The Moderating Role Of Self-Control. Frontiers In Psychology, 10. Https://Doi.Org/10.3389/Fpsyg.2019.03032