RELASI ILMU DAN MORAL : PERAN ILMUWAN DALAM MEMBANGUN PERADABAN MANUSIA
Main Article Content
Abstract
Artikel ini mengeksplorasi hubungan mendalam antara ilmu dan moralitas, dan menyoroti peran penting ilmuwan dalam perkembangan peradaban. Di era modern ini kemajuan ilmu pengetahuan terjadi dengan sangat pesat sehingga melahirkan berbagai inovasi dan teknologi yang mampu mengubah cara hidup manusia. Namun kemajuan tersebut seringkali tidak dibarengi dengan kesadaran moral yang memadai, sehingga berpotensi menimbulkan dampak negatif berupa kerusakan sosial dan lingkungan. Ketimpangan ini dapat mempercepat kemunduran peradaban jika ilmu pengetahuan dan teknologi tidak dikelola dengan tanggung jawab moral yang baik. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif dengan pendekatan tinjauan pustaka, dimana data diambil dari berbagai referensi teori yang relevan dan dianalisis secara deskriptif untuk mengungkap hubungan antara sains dan moralitas. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tanpa moralitas, ilmu pengetahuan berpotensi menyebabkan Degradasi sosial dan kerusakan lingkungan. Para ilmuwan mempunyai tanggung jawab moral untuk memastikan bahwa penemuan mereka tidak hanya memberikan manfaat praktis, namun juga menghormati nilai-nilai kemanusiaan. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa kemajuan peradaban yang berkelanjutan harus melibatkan keseimbangan antara ilmu pengetahuan dan moralitas, dengan para ilmuwan berperan sebagai penjaga etika dalam penerapan ilmu pengetahuan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Dongoran, R., S. Muhammad, Z. P. Siregar, D. Ananda, and D. Rahma. 2024. “Implikasi Filosofis Dalam Perkembangan Teknologi Modern.” As-Syirkah: Islamic Economic & Financial Journal 3 (2): 1135–114.
Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Hubungan Filsafat Dengan Ilmu Pengetahuan Dan Relevansinya Di Era Revolusi Industri 4.0 (Society 5.0).” Jurnal Filsafat 31 (1): 130–61.
Fatma, D., S. Melisawati, R. Renanda, and A. Ardimen. 2024. “Etika Dan Moral Dalam Ilmu Pengetahuan.” Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan 8 (1): 181–85.
Habibah, S. 2017. “Implikasi Filsafat Ilmu Terhadap Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi.” DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora 4 (1): 166–80.
Hasanah, Uswatun. 2020. “Aksiologi Ilmu Dalam Tradisi Isalam Dan Barat (Etika Keilmuan Dalam Tradisi Islam Dan Barat).”
Hayatunnisa, Jenika Fejrin, Milki Salwa Nor Azizah, Muhamad Ilham, Wayan Gastiadirrijal, Syahidin Syahidin, and Muhamad Parhan. 2024. “Konsep Etika Dan Moralitas Sebagai Materi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan 2 (2): 77–84. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i2.765.
Heidegger, M. 2022. Dialektika Kesadaran, Perspektif Hegel. (S. Pasaribu, Trans.). Yogyakarta: Ikon Teralitera.
Huda, M. 2023. “Menantang Disintegrasi Moral Di Era Revolusi Industri 4.0 : Peran Revolusioner Pondok Pesantren.” JIE : Journal of Islamic Education 9 (1): 1–13.
Husna, F., and J. Assagaf. 2023. “Filsafat Moral Dan Islam : Ekspresi Kebahagiaan Individu Pada Jejaring Sosial Media.” Jurnal Riset Rumpun Agama Dan Filsafat (JURRAFI) 2 (1): 92–106.
Jaudi. 2021. “Etika Keilmuan Dan Tanggungjawab Sosial: Perspektif Filsafat Ilmu.” ADABUNA : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 1 (1): 33–51.
Karim, A. 2014. “Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan.” Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan 2 (1): 273–89.
Mas’udi, M. M. 2017. “Studi Tentang Korelasi Iman Dan Moral.” Alhikmah: Jurnal Studi Agama-Agama 3 (2): 1–15.
Mudzakir, M. 2016. “Peran Epistemologi Ilmu Pengetahuan Dalam Membangun Peradaban.” Kalimah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam 14 (2): 273–96.
Muktapa, M. 2021. “Implikasi Filsafat Ilmu Dan Etika Keilmuan Dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan Modern.” Jurnal Belaindika :Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan 3 (2): 20–29.
Nasir, Muhammad. 2021. “Aksiologi Ilmu Pengetahuan Dan Manfaatnya Bagi Manusia.” Syntax Idea 3 (11): 2457–67.
Nasution, S., W. Suherman, A. Nasrulloh, and S. Nugroho. 2023. “Filsafat Ilmu; Moral Dan Ilmu.” Divinitas Jurnal Filsafat Dan Teologi Kontekstual 1 (1): 9–14.
Ningrat, H. K. 2016. “Etika Keilmuan Dan Tanggung Jawab Sosial Ilmuwan (Sebuah Kajian Aksiologis).” Biota: Biologi Dan Pendidikan Biologi 9 (1): 96–117.
Nurpatria, B., and A. R. Ras. 2022. “UU ITE: Kebebasan Berpendapat, Informasi Hoax Terhadap Ancaman Stabilitas Ketahanan Nasional.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6 (2): 10220–29.
Palinggi, S., and I. Ridwany. 2020. “Peran Nilai-Nilai Moral Pancasila Dalam Kemajuan Teknologi Di Era Milenium.” Pendidikan Bela Negara 1:49–53.
Poedjawiyatna. 1990. Etika Filsafat Tingkah Laku. Jakarta: Rineka Cipta.
Prihatmojo, A., and B Badawi. 2020. “Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral Di Era 4.0.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 4 (1): 142–52.
Rahayu, S. 2015. “Kontribusi Filsafat Ilmu Terhadap Etika Keilmuan Masyarakat Modern.” Kanun Jurnal Ilmu Hukum 17 (3): 533–53.
Rahmi, S., R. M. Jannah, R. Amrillah, and A. Rasyidah. 2024. “Etika Profesional Dan Tanggung Jawab Ilmuwan Dalam Kajian Profetik.” An-Nur: Jurnal Studi Islam 16 (1): 75–91.
Sari, E. S., A. Fitrisia, and O. Ofianto. 2022. “Filsafat Nilai Moral Dalam Pandangan Islam.” El-Afkar 11 (2): 252–62.
Satria, C., B. C. Herawati, S. Soraya, and E. Suhendra. 2023. Buku Ajar Etika Profesi. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sugihati, Yuni, Muhammad Nurwahidin, Magister Teknologi Pendidikan, Universitas Lampung, and Bandar Lampung. 2022. “Hubungan Ilmu Dengan Moral.” Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia 1:34–43.
Sundaro, H. 2022. “Positivisme Dan Post Positivisme: Refleksi Atas Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Perencanaan Kota Dalam Tinjauan Filsafat Ilmu Dan Metodologi Penelitian.” Modul 22 (1): 21–30.
Surajiyo. 2019. “Hubungan Dan Peranan Ilmu Terhadap Pengembangan Kebudayaan Nasional.” Jurnal IKRA-ITH Humaniora 3 (3): 62–70. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/678/518.
Surajiyo, S. 2024. “Ilmu Dalam Perspektif Moral Dan Sikap Ilmiah Yang Harus Dimiliki Ilmuwan.” IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora 8 (1): 20–28.
Tamiyati, Annisa Tri, Ratih Kurnia, and Rizki Amrillah. 2024. “Tanggung Jawab Ilmuwan Muslim.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran 6 (3).