UPAYA GURU MENGATASI PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 200103 PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Afdhal Ilahi Nurbaiti Nurbaiti Zulfadli Zulfadli Aisyah Marhamah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, dampak dan upaya guru kelas terhadap perilaku bullying pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 200103 Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah upaya guru mengatasi perilaku bullying pada siswa kelas IV di SD Negeri 200103 Padangsidimpuan. Subjek dalam penelitian ini adalah wali kelas IV dan siswa kelas IV. Alat pengumpul data menggunakan wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bentuk bullying yang terjadi adalah bullying non fisik. Dampak dari bullying adalah anak akan menjalani masa kecil dengan penuh ketakutan dan tekanan. Upaya guru dalam menangani bullying adalah dengan memberikan hukuman kepada pelaku bullying, memberikan himbauan kepada siswa untuk tidak melakukan bullying, dan memberikan layanan  Bimbingan dan Konseling (BK) kepada siswa korban bullying  dan pelaku bullying.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Ilahi, N. Nurbaiti, Z. Zulfadli, and A. Marhamah, “UPAYA GURU MENGATASI PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 200103 PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 378-382, Jan. 2025.
Section
Artikel

References

Aini, Q. (2023). Peran guru dalam menumbuhkan jiwa sosial anak usia dini di tk muslimat nu masyithoh 03 sampangan kelurahan kauman kecamatan pekalongan timur kota pekalongan. .2(2).https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.57.
Aisa, I.-I. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Prilaku Bullying Pada Siswa Di SD Aisyiyah 1 Mataram. 1–23.
Alaslan, A. (2021). No Title. Pt.rajagrapindo Persada.
Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.526
Farid, A. A., As, K., Samad, S., Anas, M., Pendidikan, J. P., & Bimbingan, D. (2022). Penanganan Perilaku Bullying Di SMK Negeri 10 Makassar (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan) Handling Bullying Behavior At SMK Negeri 10 Makassar (Case Study On 11th Grade Students Of Light Vehicle Engineering). 2, 1–22. https://doi.org/10.29408/jel.v6i2.2179
Karya, T. A., Shihab, M. Q., Hermeneutika, A., George, H., Ushuluddin, F., & Dan, A. (2024). Sudi Ayat-Ayat Musibah Dalam Diajukan Kepada Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Agama ( S . Ag ) ProgramStudiIlmu . https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.86
Kasenda, R., Supit, E., Tonapa, N., Kojoh, A., Lini, S., & Asare, S. (2023). Analisis Perilaku Bullying Antar Siswa Yang Mengakibatkan Terjadinya Perubahan Tingkah Laku. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(1), 468–472. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4312
Maghfiroh, S., & Eliza, D. (2021). Mengenal Standar dan Etika Profesionalisme Guru Paud. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2707–2711. https://doi.org/10.1111/bjet.12529
Maulyda, M. A., Erfan, M., & Hidayati, V. R. (2021). Analisis Situasi Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 Di Sdn Senurus: Kemungkinan Terjadinya Learning Loss. Journal of Elementary Education, 04(03), 3. https://doi.org/10.4103/ds.ds
Rahmah, M. (2022). Upaya Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar di Sdn KS 01 Jakarta Barat (Issues 23-Aug-2023). https://doi.org/10.1080/10872981.2019.1666538
Sd, D. I., & Padangsidimpuan, N. (2024). Peran Guru Memotivasi Belajar Ips Materi Sumber Daya Alam Dan Pemanfaatannya Kelas IV. 4(1), 12–23. https://doi.org/10.37081/jipdas.v4i1.1627
Septiana, E. (2021). Implementasi Pengelolaan Kelas Oleh Guru Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Di TK Taruna Jaya Prumnas Way Halim Bandar Lampung. Repositiry. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15108%0Ahttp://repository.radenintan.ac.id/15108/2/Skripsi Bab 1%2C2%2C DaftarPustaka.pdf
Setiowati, A., & Astuti Dwiningrum, S. I. (2020). Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Untuk Mengatasi Perilaku Bullying. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 188–196. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.750
Simanjuntak, D. R., Ritonga, M. N., & Harahap, M. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Melaksanakan Pembelajaran Secara Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh. Mathematic Education Journal)MathEdu, 3(3), 142–146. http://journal.ipts.ac.id/index.php/
Sugiono. (2018). Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di SD Devi Efa Naibaho , Regina Sipayung , Darinda Sofia Tanjung. School Education Journal, 10(4). https://doi.org/10.1016/j.autrev.2020.102538
Sularto, S., Hariyanto, H., & Hatmono, P. D. (2020). Tugas guru agama buddha dan orang tua dalam meningkatkan kecerdasan spiritual. Bahusacca : Pendidikan Dasar Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 122–141. https://doi.org/10.53565/bahusacca.v1i2.376
Wiratama, R. (2022). Upaya Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Peserta Didik Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar Negeri 015 Rambaian Desa Kelumpang Kecamatan Gaung Anak Serka. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.86