PENDIDIKAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL NIAS SELATAN: MEMBANGUN IDENTITAS BUDAYA PADA GENERASI MUDA

Main Article Content

Murnihati Sarumaha Kaminudin Telaumbanua Darmawan Harefa

Abstract

Pendidikan berbasis kearifan lokal merupakan pendekatan yang mengintegrasikan nilai-nilai budaya dan tradisi lokal ke dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan pendidikan berbasis kearifan lokal di Nias Selatan dan dampaknya terhadap pembentukan identitas budaya generasi muda. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan menganalisis berbagai sumber literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kearifan lokal dalam kurikulum meningkatkan kesadaran budaya dan rasa kebanggaan siswa terhadap identitas mereka. Selain itu, keterlibatan orang tua dan komunitas berperan penting dalam mendukung pelestarian budaya. Meskipun terdapat tantangan dalam implementasi, pendidikan berbasis kearifan lokal terbukti efektif dalam membangun karakter dan identitas budaya generasi muda di Nias Selatan.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Sarumaha, K. Telaumbanua, and D. Harefa, “PENDIDIKAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL NIAS SELATAN: MEMBANGUN IDENTITAS BUDAYA PADA GENERASI MUDA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 663-668, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Anderson, R. C. (2008). Cultural Contexts of Learning: A Study of the Interaction of Local Culture and School Culture in Nias, Indonesia. . Penerbit Universitas Indonesia.
Darmawan Harefa, Murnihati Sarumaha, Kaminudin Telaumbanua, Tatema Telaumbanua, Baziduhu Laia, F. H. (2023). Relationship Student Learning Interest To The Learning Outcomes Of Natural Sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240–246. https://doi.org/https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614
Ginting, R. (2105). Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal: Implementasi dan Tantangannya. . Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(2), 45–58.
Hamzah, B. U. (2009). Profesi Kependidikan. Bumi Aksara.
Harefa, A., D. (2022). KUMPULAN STARTEGI & METODE PENULISAN ILMIAH TERBAIK DOSEN ILMU HUKUM DI PERGURUAN TINGGI.
Harefa, D. (2020a). Differences In Improving Student Physical Learning Outcomes Using Think Talk Write Learning Model With Time Token Learning Model. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(2), 35–40.
Harefa, D. (2020b). Teori Ilmu Kealaman Dasar Kajian Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru dan Akademis. Penerbit Deepublish. Cv Budi Utama.
Harefa, D. (2021). Monograf Penggunaan Model Pembelajaran Meaningful Instructional design dalam pembelajaran fisika. CV. Insan Cendekia Mandiri. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=RTogEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&ots=gmZ8djJHZu&sig=JKoLHfClJJF6V29EtTToJCrvmnI&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Harefa, D., D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325–332.
Harefa. D., Dkk. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 1–14.
Harefa. D., Dkk. (2022). Aplikasi & Praktek Kewirausahaan.
Harefa, Darmawan., D. (2022). Aplikasi Pembelajaran Matematika. Penerbit Mitra Cendekia Media.
Haryanto, E. (2017). Peran Budaya Lokal dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. . Jurnal Pendidikan Dan Masyarakat, 10(1), 22–31.
Hasan, M. , & R. A. (2016). Tradisi dan Kearifan Lokal di Nias: Upaya Pelestarian Melalui Pendidikan. . Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(3), 111–124.
Laia, B. (2020a). MOTIVASI DAN BUDAYA BERBAHASA INGGRIS MASYARAKAT DAERAH TUJUAN WISATA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DI TINGKAT SLTA (STUDI KASUS: DESA LAGUNDRI-DESA SORAKE. Jurnal Education and Development, 8(4), 602.
Laia, B. (2020b). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602–608.
M., S., S. (2020). Afore, The Measuring Instrument in South Nias Culture. Journal of Physics: Conference Series, 1477(2020), 042001.
M., S., S. (2021). The Role of the Teacher to Construct Teaching and Learning Activities Creating a Freedom to Learn (Action Research Study). Journal of Physics: Conference Series, 1764(2021), 012098.
Ndruru, K. (2020). Makna Verba ‘Membersihkan’ Dalam Bahasa Nias: Pendekatan Metabahasa Semantik Alami. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(3), 918–922.
Rahmawati, R. (2022). Strategi Membangun Kesadaran Lingkungan di Sekolah. Penerbit Ilmu Pendidikan.
Sarumaha, M. (2019). Studi Etnobotani Tanaman Obat Keluarga Di Desa Bawolowalani Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. 7(4), 266–271. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v7i4.1412
Sarumaha, M., L. (2018). Increasing the Activities and Competencies of Learning Science through Problem Based Learning. International Journal of Progressive Sciences and Tecnology, 10(1), 49–49.
Sarumaha, M. S. (2016). Kompleksitas Pengelolaan Guru di wilayah 3T (Nias sebagai salah satu wilayah dalam ranah wilayah 3T. KONASPI VIII; http://seminars.unj.ac.id/konaspi/file/Prosiding KONASPI VIII 2016.pdf
Sarumaha, M. S. (2022). SEBAGAI SUMBER KREASI DAN INOVASI KERJA. Haga Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Sudarmaji, M. (2023). Kesehatan dan Kebersihan Lingkungan: Pendekatan Holistik untuk Sekolah. Jurnal Edukasi Dan Sosial, 5(1), 15–29.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. PT. Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Suhartono, D. (2020). Kearifan Lokal dalam Pendidikan: Teori dan Praktik di Indonesia. . Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.
Zagoto, S. (2018a). Variasi Bahasa Nias: Sebuah Kajian Dialektologi. Disertasi tidak diterbitkan. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Zagoto, S. (2018b). Variasi Bahasa Nias Sebuah kajian dialektologi. Disertasi tidak diterbitkan.Medan: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara.
Zainuddin, M. (2018). Membangun Kesadaran Budaya di Kalangan Generasi Muda. . Jurnal Kebudayaan Dan Pendidikan, 6(1), 33–40.