PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA (PBAS) MELALUI PROBLENSOLVING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DENGAN MATERI KETENAGAKERJAAN DI KLS XI SMA NEGERI 1 AMANDRAYA T.A 2024/2025

Main Article Content

Indah Permata Sari Lase

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di laksanakan dalam dua siklus pada siswa kelas XI  SMA Negeri 1 Amandraya yang berjumblah siswa sebanyak 14 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki, dan 6 orang perempuan dengan mata pelajaran ekonomi pada materi ketenaga kerjaan. PTK ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I presentasi ketuntasan 57,14% dengan rata-rata nilai 62,05%, sedangkan dalam siklus II rata-rata ketuntasan 92,85% dengan rata-rata nilai 72,85%. Penggunaan model Pembelajaran Berorientasi Aktifitas Siswa memberikan pengalaman nyata di mana dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan materi ketenaga kerjaan.

Article Details

How to Cite
[1]
I. P. Sari Lase, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA (PBAS) MELALUI PROBLENSOLVING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DENGAN MATERI KETENAGAKERJAAN DI KLS XI SMA NEGERI 1 AMANDRAYA T.A 2024/2025”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 669-671, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Ahmad, Susanto. 2014.Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana.
Arikunto, S. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Dewi, Santi. 2017. Strategi Pembelajaran Yang Berorientasi Pada Aktivitas Siswa. Prodising Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial.
Dwijayani, N. M. 2019. Development of Circle Learning Media to Improve Student Learning Outcomes. Journal of Physics: Conference Series 1321(2):171–87. doi: 10.1088/1742-6596/1321/2/022099. Fathoni, Adib. 2019. “Abdul Hafid Rahman,”.” Wawasan Pendiidikan 2:17. Festiawan, Rifqi. 2020. “Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran.” 2020 1–17.