ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS III SD PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Main Article Content

Sulis Indawati

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membuat analisis kemampuan literasi membaca peserta didik pada mata Pelajaran Bahasa indonesia yang akan membantu siswa kelas III SD dalam kemampuan literasinya. Dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi siswa SD, penelitian ini bertujuan untuk membuat film pendidikan lingkungan sebagai media mutakhir. Teknik penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini (Research and Development). Untuk mengumpulkan data dari orang atau kelompok yang berbeda, penelitian ini menggunakan instrumen angket yang terdiri dari sejumlah pertanyaan tertulis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika diukur dengan menggunakan indikator kemampuan literasi lingkungan, tingkat kemampuan literasi lingkungan siswa memiliki nilai rata-rata yang berbeda, dengan keterampilan kognitif sebesar 80% (kriteria baik), kesadaran lingkungan sebesar 70,67% (kriteria baik), dan perilaku bertanggung jawab terhadap lingkungan. sebesar 89,22% (kriteria sangat baik).

Article Details

How to Cite
[1]
S. Indawati, “ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS III SD PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 555-561, Jan. 2025.
Section
Artikel

References

Haryanto, F., &Indriyani, F (2021). Pengembangan video pembelajaran animasi Interaktif Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan literasi siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10 (1) , 100-110.
Mardiana, D., & Prabowo, S.A (2018). Pengembangan Media Video Animasi Interktif pada Materi Lingkungan Hidup Untuk meningkatkan Minat dan Pemahaman siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7(2), 207-216
Latip, A., & Permanasari, A. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Kemampuan literasi Sains Untuk Siswa Smp Pada Tema Teknologi. Edusains, 7(2), 160–171. https://doi.org/10.15408/es.v7i2.1761
Alfarobby, M. I., & Parmin, M. (2020). Pengembangan Media Video Menulis Berita Berbasis Kemampuan literasi Informasi Untuk Pembelajaran MenulisTeks Berita Bagi Siswa Kelas VIII SMP Mufti. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan,
Susanto, S., Jaenuddin, R., &Basir, M. D. (2022). Pengembangan Video PembelajaranIlmuPengetahuanSosialBerbasis Student Centered Learning. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi,9(1),38– 44.https://doi.org/10.36706/jp.v9i1.17177
Bawamenewi, A. (2021). Penerapan Strategi the Learning Cell Terhadap Kemampuan Membaca Artikel Dalam Media Cetak. Jurnal Review Pendidikandan Pengajaran, 4(1), 154–161.
Dwi Agustina, M., NurHudha, M., &Nur Kemala, F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran (Animasi) Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan literasi Lingkungan Siswa Tentang Topik Hemat Energi. Experiment: Journal of Science Education, 2(1), 2747–206.
Putri, F. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kemampuan literasi Lingkungan Pada Materi Ekosistem. Photosynthetica, 2(1), 1–13.
Fazila, N. (2020). Peran Guru Dalam Menumbuhkan Kemampuan Kemampuan literasi Siswa Kelas V MIN 7 Pidie Jaya. Diambil dari https://repository.ar- raniry.ac.id/id/eprint/13900/
Santoso, R., Roshayanti, F., &Siswanto, J. (2021).Analisis Kemampuan literasi Lingkungan Siswa Smp. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(2), 1976–1982. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n2.p1976-1982
Rahayu, R., &Ismawati, R. (2022).Jurnal Pendidikan MIPA. JurnalPendidikan MIPA, 12(September), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.951
, J. U. (2020). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Buku Pedoman Penulisan Skripsi, 1–6. Diambil dari https://ftik.iain- tulungagung.ac.id/fileberita/files/ jadwal_Ujian_Skripsi_20_Juli_2016.pdf
Pramuji, L., Permanasari, A., &Ardianto, D. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis STEM Pada Konsep Perencanaan Berfikir Kritis Siswa. Journal of Science Education and Practice, 2(1), 1–15. Diambil dari https://journal.unpak.ac.id/index.php