PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG PERAN PENGAWASANGURU AKIDAH AKHLAK DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KARAKTER KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI MAN 1 KOTA TANGERANG SELATAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis persepsi siswa mengenai peran pengawasan guru Akidah Akhlak dalam membimbing dan mengawasi perkembangan karakter keagamaan siswa secara positif. 2) Mengkaji bagaimana lingkungan sekolah berkontribusi dalam membentuk karakter keagamaan siswa yang baik. 3) Meneliti strategi yang efektif untuk meningkatkan pengawasan guru serta menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung pengembangan karakter keagamaan siswa. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Kota Tangerang Selatan, menggunakan metode pengumpulan data berupa angket (kuesioner), wawancara, dan dokumentasi. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas X1 tahun pelajaran 2023/2024. Sampel diambil dengan teknik random sampling, di mana peneliti memilih secara acak 33 siswa dari kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengawasan yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak berpengaruh positif terhadap peningkatan karakter keagamaan siswa, dengan koefisien korelasi positif sebesar 0,49. Ini berarti semakin baik pengawasan guru, semakin baik pula karakter keagamaan siswa. 2)Lingkungan sekolah juga berperan dalam membentuk karakter keagamaan siswa, terbukti dengan korelasi sebesar 0,30 antara variabel lingkungan sekolah (X2) dan karakter keagamaan (Y). Semakin baik lingkungan sekolah, semakin baik karakter keagamaan siswa. 3)Strategi yang tepat untuk meningkatkan pengawasan guru dan menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung pengembangan karakter keagamaan memiliki hubungan signifikan. Koefisien determinasi yang dihasilkan menunjukkan bahwa 53% variasi dalam karakter keagamaan (Y) dapat dijelaskan oleh pengawasan guru Akidah Akhlak (X1) dan lingkungan sekolah (X2) secara simultan. Dengan demikian, peran pengawasan guru dan lingkungan sekolah dalam meningkatkan karakter keagamaan adalah 53%.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ahmad, Nunu. Pendidikan Agama di Indonesia, Jakarta: Puslibat Pendidikan Agama dan Keagamaan, 2010.
Ahsanulkhaq, Moh, “Membentuk Kakarter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaaan”, Jurnal Prakarsa Paedagogia, Vol.2, No.1. 2019.
Anisah, Ayu, “Pembentukan Karakter Siswa Pada Generasi Z di SMAN 2 Bengkulu Utara Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu”, UIN Bengkulu, 2022.
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi, Bandung: Rineka Cipta, 1993.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Ayuningtyas, Novia,“ Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Multi Situs di SMA Negeri 2 Malang dan SMA Negeru 8 Malang)”, UIN Malang, 2020.
Aziz, Abdul Hamka, Pendidikan Karakter Berpusat dari Hati, Jakarta: Al Mawardi Prima, 2011
Azizy Qodri, A. Profesional Pengawas Pendais, Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia, 2003.
Bariyah, Khusnul, Siti, Peran Tripusat dalam Membentuk Kepribadian Anak, Jurnal Kependidikan, Vol 7. No 2, 2019
Dewi Ratna, Erni, Meode Pembelajaran dan Konvensional pada Sekolah Menengah Atas”, Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, Vol 2, No 1, 2018.
Doni, Koesoema A. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. 2007.
Drajat, Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1992.
____________, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
Erawandi, Sri Wahyuni, Zulkifli Tanjung. Peranan Pengawas dalam Peningkatan Kualitas Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kota Sibolga, Al-Fatih Jurnal Pendidikan dan Keislaman, Vol, IV.N o.2. 2021.
Ernawati, Darsinah, Nuraini Alkhasanah. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa SD” Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol 10, No 2, 2023.
Fenny Fatriany, AA Suryana, Pupuh Fathurrohman. Pengembangan Pendidikan Karakter, Bandung: PT Refika Aditama, 2007.
Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter, Konsep Dan Implementasi (Edisi Revisi), Bandung: Alpabeta, 2022.
H, Imam Faizin, Yuli Retno. “Manajemen Full Day School dalam Peningkatan Karakter Religius Peserta Didik”, Volume 3 Nomor 2 Edisi September 2022.
Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Harjanto. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rinekacipta, 2010.
Haryanto, Suyono. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
Hindama Ruhyanani & Muhammad Fathurrohman. Sukses Menjadi Pengawas Sekolah Ideal, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, Cet II, 2017.
Hoetomo, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya, Mitra pelajar, 2005.
Iman, Supardi Lingkungan Hidup dan Kelsestariannya, Bandung: PT Alumni, 2003.
Kurniawan, Alfi Mukhlis. “Analisis Penanaman Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah di Sekolah Dasar Berbasis Islam Di Kota Purwokerto”, UNS
Lihat SK Menpab No. 118 Tahun 1996. Lihat juga Engkoswara dan Aan Komariah, Administrasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2010.
M Nani, Syamsu yusuf. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: PT Raja grafindo Persada, 2014.
Majid, Abdul, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.
Marzuki, Ajmain,“Peran Guru dan Kepala Sekolah dalam Pendidikan Karakter Siswa di SMA Negeri 3 Yogyakarta”, Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, Vol 16, No 1, 2019.
Marjuki, Rina Palunga, “Peran Guru dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman “Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VII. No.1, 2017.
Misriadi, Pembentukan Karakter Disiplin dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Peserta Didik di SMA Muhammadiyah Batusangkar”, Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat, 2021.
Mulyasa E. Menjadi Guru Profesional. Menciptakan Pembelajaran Yang Aktif dan Menyenangkan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.
Mulyasa. Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Rosdakarya, 2013.
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005
Mustafa, Zainal. Mengurai Variabel hingga Instrumentasi, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.
Naila, Ghiska, Sahira , “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Nilai Agama”, Jurnal Multidisiplin West Science, Vol 3, N0 6, 2024.
Nana Suryana, Jonari Hanafi, Husnul Solehudin Azmi. “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Peserta didik”, Vol 06, No 1, 2023.
Nanang Fattah, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001.
Nani M, Syamsu Yusuf, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: PT Raja grafindo Persada, Ed.1, Cet.5. 2014
Nasution. Asas-Asas Kurikulum, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.
Nisa, Afifah Khoirun. “Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik Di SDIT Ulul Albab 01 Purworejo, Vol.8, No 2, 2019.
Peraturan Pemerintahan Pendidikan Nasional, Jakarta, 2005.
Pidarta, Made. Supervisi Pendidikan Kontekstual, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Popovska, Gorica. Filip Popovski: The Teacher’s Role In Developing Student’s Moral and Ethical Values, Pedagogika-Pedagogy, Volume 93, Number 1, 2021.
Prapti Octavia Ningsih, Darsinah, Ernawati, “Pembentukan Karakter Pada Lingkungan Sekolah Dasar”. Volume 10, Nomor 2 Tahun 2023.
Purwanto, M. Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017.
Ratnawati. “Peran Guru Sebagai Model Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2018.
Rosyada, Dede, “Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Pendidikan”, Jakarta: Prenadamedia Group, 2020
Sadulloh, Uyoh. Pendagogik (Ilmu Pendidikan), Bandung: Alfabeta, 2014.
Samsuddin. Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam, IAIN Padang sidimpuan press, 2016.
Sari Avita, Diajeng. “Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Kelas II MI Ma’arif Pagerwojo, Volume 04, Nomor 2, 2023.
Schudin. Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Full Day School Terhadap Akhlak siswa, Surabaya: Perpustakaan IAIN Sunan Gunung Djati, 2005.
Sigit Purnama, Irhamna, “Peran Lingkungan Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di PAUD Nurul Ikhlas, Jurnal Pendidikan Anak. Vol.1 Th.
Sudjana. Metoda Statistika, Bandung: PT. Tarsito Bandung, 2005.
Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2013.
Sujianto, Agus Eko. “Penerapan Full Day School Dalam Lembaga Pendidikan Islam: Jurnal Pendidikan, Ta’allim. Vol.28, No.2, 204.
Sukardi, Dewa ketut. Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah, Surabaya: Usaha Nasional, 1983.
Sulhan, Najib. Karakter Guru Masa Depan sukses dan bermartabat, Surabaya: PT Temprina Medika Grafika, 2011.
Sulistryorini & Muhammad Fathurrohman. Implementasi Manajemn Peningkatan Mutu Pendidikan Islam: Peningkatan Lembaga Pendidikan Islam Secara Holistik (Teoritik&Praktik), Yoguakarta: Teras, 2012.
Supardi, Kinerja Guru, Jakarta: Rajawali Pers, 2016.
Supriyadi. Strategi Belajar & Mengajar, Yogyakarta: Jaya Ilmu, 2013.
Syarifuddin. “Strategi Pembelajaran Guru Akidah Akhlak dalam Membina Karakter Siswa”, JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, Vol.7. No. 4 Desember 2022.
Tafsir, Ahmad, et.al., Cakrawala Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Mimbar Pustaka, 2004
Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 Guru dan Dosen, (Jakarta: Sinar Grafika), 200
Usman, Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
W. J. S Poerwadarminta. Kamus Umum Bahasa Indonesia Edisi Ketiga, Jakarta: PT Balai Pustaka, 2018.
Wulan Dari, Novika “Sikap dan Perilaku siswa di Lingkungan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya”, Jurnal Sociologique, Vol 2, No 4, 2014.
Wulandari, Yeni, “Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Profesionalisme Guru Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Kalianda Lampung Selatan”, IAIN Metro, 2018.
Yuwono Hendro, Tristiyo. Full Day School: Realisasi Pembentukan Karakter Anak, Jurnal Pigur, Volum 01, Nomor 01, Januari 2017.
Zuriah, Nurul. Metodologi penelitian Sosial dan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.