HUBUNGAN FILSAFAT, KEBUDAYAAN, DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNTUK SEKOLAH DASAR DI SUMBA BARAT DAYA, NTT
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara filsafat pendidikan, kebudayaan lokal, dan praktik pendidikan matematika di sekolah dasar Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Berbasis pada filsafat konstruktivisme sosial, penelitian ini menggarisbawahi bahwa pembelajaran matematika terjadi melalui interaksi sosial dan pengalaman nyata, menjadikan guru sebagai fasilitator yang mendukung proses konstruksi pengetahuan siswa. Integrasi elemen budaya lokal seperti tradisi dan nilai komunal ke dalam kurikulum membantu siswa menghubungkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari, memperkuat relevansi pendidikan dan mendorong partisipasi aktif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pendidikan yang berbasis budaya lokal dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa, serta memperkuat identitas budaya mereka. Studi literatur dan analisis empiris digunakan untuk menyusun model pembelajaran yang relevan dan kontekstual, menggabungkan filsafat pendidikan dengan kekayaan budaya lokal). Hasil penelitian diharapkan memberikan rekomendasi strategis bagi pendidik dan pembuat kebijakan dalam mengembangkan pendekatan pendidikan yang adaptif dan inklusif, yang meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan berpikir kritis siswa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Patton, M. Q. (2020). Qualitative research & evaluation methods. SAGE.
Pheeney, C. E. (2022). Emancipating sensemaking: Teachers' learning experiences within a Pancasila-inspired Indonesian interregional online collaborative inquiry course. Retrieved from ProQuest.
Pingge, H. D., Supriatna, N., & Wahap, A. A. (2021). Ethnographic study of the umma kalada values of the indigenous people of Loura and its application in elementary social studies learning. Retrieved from Atlantis Press.
Pratama, R., & Astuti, D. (2023). Pendidikan matematika berbasis budaya di Indonesia: Studi literatur sistematis. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 15(3), 90-110.
Pribadi, N. H. (2021). Makna dan fungsi simbolis upacara adat Kebo-Keboan masyarakat Alasmalang Kabupaten Banyuwangi sebagai bahan ajar bahasa Jawa di sekolah menengah atas. Retrieved from UNS Digital Library.
Qureshi, S. (2020). Mathematics education and philosophy: A critical overview. Journal of Educational Studies, 21(1), 45-63.
Rahmawati, A., & Setiawan, D. (2020). Eksplorasi budaya Sumba dalam konteks pendidikan matematika. Jurnal Sains dan Teknologi, 34(7), 45-60.
Rahmat, F., & Suryana, D. (2021). Pengaruh budaya lokal terhadap pembelajaran matematika di wilayah pedesaan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 13(2), 45-58.
Sari, N. M. (2022). Pengaruh budaya lokal terhadap pembelajaran matematika di sekolah dasar di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 28(4), 165-182.
Sari, T., & Harun, M. (2022). Integrasi nilai budaya dalam kurikulum pendidikan dasar di Indonesia: Fokus pada matematika. Jurnal Riset Pendidikan, 8(3), 160-178.
Sembiring, J., & Indrawati, R. (2022). Pendekatan etnomatematika sebagai strategi meningkatkan minat siswa terhadap matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1), 23-35.
Setiawi, A. P., Patty, E. N. S., & Making, S. R. M. (2024). Dampak artificial intelligence dalam pembelajaran sekolah menengah atas. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 680–684.
Setiawan, K. M. P., Jones, B. A. B., Diprose, R., & Savirani, A. (2021). Women's journeys in driving change. Retrieved from ResearchGate.
Smith, J. (2020). Philosophy and cultural implications in elementary education: A case study of regional applications. International Journal of Educational Research, 45(3), 200-215.
Smith, J., & Patel, N. (2022). Culturally-responsive mathematics teaching. Global Journal of Pedagogical Studies, 29(4), 400-420.
Spradley, J. P. (2016). Participant observation. Waveland Press.
Susilo, A., & Kamila, A. (2020). Matematika dalam perspektif filsafat dan kebudayaan. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(4), 212-227.
Sutarto, R., Hadi, I., & Suparta, D. (2021). Pendidikan matematika dan tantangannya di Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 14(3), 88-92.
Sutarto, T., Indriyani, R., & Lestari, M. (2021). Pendidikan matematika dan implikasinya dalam pengembangan karakter siswa. Pustaka Pendidikan.
Tahir, A. (2021). Pendidikan berbasis kearifan lokal di Sumba. Journal of Local Wisdom, 13(2), 45-55.
Tahir, M. (2021). Kebudayaan dan tradisi di Nusa Tenggara Timur. Penerbit Nusantara.
Tan, W. Y., & Nunez, P. (2021). Integrating mathematics and cultural practices: Theoretical insights for primary education. Journal of Mathematics Pedagogy, 12(1), 75-92.
UNESCO. (2020). The role of culture in education: Integrative approaches. UNESCO Education Reports, 45(3), 55-78.
Valencia, K. (2024). Teaching math through cultural lenses. International Review of Mathematical Education, 11(1), 50-64.
Wahid, N., & Aisyah, F. (2022). Pemanfaatan budaya lokal dalam pengajaran matematika di SD. Jurnal Matematika dan Pendidikan, 21(2), 78-89.
Widada, W., & Junaedi, J. (2021). Etnomatematika dalam pendidikan: Potensi dan tantangan. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 110-125.
Widodo, D. (2020). Filsafat pendidikan matematika dan pengaruhnya terhadap metode pengajaran di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(3), 230-245.
Williams, R. L. (2023). Philosophical foundations in teaching mathematics: Bridging tradition and modern pedagogy. Education Quarterly, 57(2), 103-120.
Wilson, P. (2020). Integrating cultural elements in elementary mathematics curriculum. Journal of Curriculum Studies, 38(2), 101-118.
Yamato, Y. (2023). Philosophical approaches to math teaching. Philosophy of Education Journal, 19(1), 75-88.
Yin, R. K. (2020). Case study research and applications: Design and methods. SAGE.
Zhang, Y., & Wang, L. (2020). Philosophical and cultural dimensions in mathematics education: A global review. International Journal of Mathematics and Science Education, 18(3), 567-585.
Zakaria, M., & Ali, H. (2021). Pengaruh pendekatan etnomatematika terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan, 14(1), 134-149.