RELEVANSI PENDIDIKAN SEBAGAI WADAH TRANSFORMASI SOSIAL DALAM PERSPEKTIF FILOSOFIS
Main Article Content
Abstract
Pada abad ini, banyaknya tantangan dalam kehidupan yang berdampak langsung dalam identitas diri seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami pemahaman mengenai relevansi pendidikan sebagai wadah transformasi sosial dalam perspektif filosofis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian ini mengatakan bahwa transformasi sosial merupakan perubahan dalam struktur, nilai-nilai, norma, dan pola kehidupan suatu masyarakat yang melibatkan pergeseran besar dalam cara hidup, kebiasaan, dan hubungan sosial.
Article Details
How to Cite
[1]
I. Hasanah, M. Rahmah, W. Puspitasari, F. Hasanah, and A. Ruslan, “RELEVANSI PENDIDIKAN SEBAGAI WADAH TRANSFORMASI SOSIAL DALAM PERSPEKTIF FILOSOFIS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 319-321, Jan. 2025.
Section
Artikel

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Hanif, M. (1970). DESAIN PEMBELAJARAN UNTUK TRANSFORMASI SOSIAL (Studi Perbandingan Pemikiran Paulo Freire dan Ivan Illich tentang Pendidikan Pembebasan). KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 8(2), 113–128. https://doi.org/10.24090/komunika.v8i2.752
Mulyana, D., Pratama Sudiar, G., & Farhani Ali, H. (2023). Analisis Perubahan Sosial dan Pembangunan di MTs YPAK Cigugur: Tinjauan Terhadap Peran Lembaga Pendidikan dalam Transformasi Sosial Masyarakat. J-STAF : Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah, 2(2), 214–229. https://doi.org/10.62515/staf.v2i2.250
Nanggalaupi, A., & Suryadi, K. (2021). Kampus Merdeka Dalam Perspektif Pemikiran Ki Hajar Dewantara Dan Paulo Freire Serta Perdebatan Pemikiran Aliran Filsafat Pendidikan John Dewey Vs Robert M. Hutchins. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(2). https://doi.org/10.58258/jisip.v5i2.1812
Kurniawan, F. A., & Matematika, P. (2023). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti BELAJAR SISWA. 10, 636–649.
Sagala, K., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Tantangan Pendidikan karakter di era digital. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 6(01), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1006
Deti, S., Firdaus, A. R., Oktari, D., & Prihantini, P. (2024). Perspektif Guru Sekolah Dasar terhadap Tantangan Penilaian Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1),1852–1859. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12661
Mulyana, D., Pratama Sudiar, G., & Farhani Ali, H. (2023). Analisis Perubahan Sosial dan Pembangunan di MTs YPAK Cigugur: Tinjauan Terhadap Peran Lembaga Pendidikan dalam Transformasi Sosial Masyarakat. J-STAF : Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah, 2(2), 214–229. https://doi.org/10.62515/staf.v2i2.250
Nanggalaupi, A., & Suryadi, K. (2021). Kampus Merdeka Dalam Perspektif Pemikiran Ki Hajar Dewantara Dan Paulo Freire Serta Perdebatan Pemikiran Aliran Filsafat Pendidikan John Dewey Vs Robert M. Hutchins. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(2). https://doi.org/10.58258/jisip.v5i2.1812
Kurniawan, F. A., & Matematika, P. (2023). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti BELAJAR SISWA. 10, 636–649.
Sagala, K., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Tantangan Pendidikan karakter di era digital. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 6(01), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1006
Deti, S., Firdaus, A. R., Oktari, D., & Prihantini, P. (2024). Perspektif Guru Sekolah Dasar terhadap Tantangan Penilaian Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1),1852–1859. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12661