ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA DOSEN MATRIKULASI PADA PROGRAM STUDI PGSD DI UNIVERSITAS TRIBUANA KALABAHI TAHUN 2022 DAN 2023

Main Article Content

Alboin Selly Eeunike Molebila Yessy Mata Halena Muna Bekata Yermia Semuel Wabang Jon Abraham Lalang Yame Lasarus Pelipus Malese Antonius Abetnego Saetban

Abstract

Peningkatan kompetensi dosen menjadi faktor penting dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan berkualitas, khususnya pada program matrikulasi di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Tribuana Kalabahi. Evaluasi ini dilakukan untuk menilai kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial dosen matrikulasi, serta mengidentifikasi peningkatan kinerja dari tahun sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa secara daring. Kuesioner terdiri dari empat variabel utama yang mengukur kompetensi dosen dalam aspek yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja dosen pada tahun 2023 berada pada kategori sangat tinggi dengan rerata persentase skor keseluruhan sebesar 85,70%, meningkat dari kategori cukup dengan skor 67% pada tahun 2022. Secara rinci, kompetensi pedagogik mencapai skor 80,78%, kompetensi profesional 82,23%, kompetensi kepribadian 85,78%, dan kompetensi sosial 85,38%. Kesimpulannya, terdapat peningkatan signifikan dalam kinerja dosen yang mencerminkan perbaikan kualitas pengajaran di kelas matrikulasi PGSD. Hasil ini mendukung pentingnya pengembangan kompetensi dosen secara berkelanjutan guna menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan universitas.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Selly, “ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA DOSEN MATRIKULASI PADA PROGRAM STUDI PGSD DI UNIVERSITAS TRIBUANA KALABAHI TAHUN 2022 DAN 2023”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 162-171, Jan. 2025.
Section
Artikel

References

Ginting, R. F., & Hamidah, N. (2024). EFEKTIVITAS MICRO TEACHING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR: TINJAUAN LITERATUR. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 6(10), 21-30.
Handayani, M. (2021). Evaluasi Kinerja Dosen Berbasis Kompetensi pada Program Matrikulasi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 29(1), 75-90.
Haryanto, D., & Susanti, R. (2021). Pengaruh Keterbukaan Dosen Terhadap Kritik Mahasiswa dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45(2), 123-134.
Indrawati, T. (2020). Pentingnya Penghargaan Terhadap Keberagaman dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Multikultural, 32(1), 89-98.
Jenita, J., Harefa, A. T., Pebriani, E., Hanafiah, H., Rukiyanto, B. A., & Sabur, F. (2023). Pemanfaatan Teknologi Dalam Menunjang Pembelajaran: Pelatihan Interaktif Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13121-13129.
Khairani, P., Khadavi, M., & Salsyabillah, M. (2023). Pembelajaran Berbasis Game: Manfaat, Tantangan, dan Strategi Implementasi dalam Konteks Pendidikan Tinggi Pada Akademi Keuangan Perbankan Nusantara (AKUBANK). Jurnal Pendidikan Penggerak, 1(1), 1-6.
Molebila, E., Selly, A., Bekata, H. M., Malese, L. P., & Kafelkay, S. (2024). Evaluasi Kompetensi Pengajar Matrikulasi Universitas Tribuana Kalabahi Tahun 2023. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 364-379.
Muhsin, H., Yahya, H., & Yurika, R. E. (2022). SELF-DIRECTED LEARNING UNTUK MENGURANGI HOMESICKS-NESS PADA SANTRI PP AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG.
Nuraini, L. (2020). Evaluasi Kompetensi Pedagogik dan Profesional Dosen dalam Pembelajaran Matrikulasi. Jurnal Pendidikan Tinggi, 18(3), 150-165.
Nurhadi. (2019). Strategi Peningkatan Kompetensi Dosen dalam Pengajaran di Pendidikan Tinggi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 32(1), 45-57.
Pratama, B., & Kurniawan, A. (2020). Membangun Hubungan Egaliter Antara Dosen dan Mahasiswa Melalui Penerimaan Kritik. Jurnal Interaksi Edukatif, 29(3), 213-227.
Purwanto, E. (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik terhadap Efektivitas Pembelajaran di Universitas: Studi Empiris di Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 30(1), 55-70.
Rahardjo, M. (2020). Evaluasi Kompetensi Profesional dan Pedagogik Dosen dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tinggi, 15(2), 78-90.
Rahman, A. (2019). Analisis Kompetensi Kepribadian Dosen dalam Mendukung Proses Pembelajaran Efektif. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 15(1), 75-88.
Rahman, A., & Fitriana, D. (2020). Peningkatan Kompetensi Dosen dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi: Pendekatan dan Metode Terbaru. Jurnal Pendidikan Tinggi, 15(2), 150-165.
Rahmawati, S. (2021). Peran Komunikasi Dosen dalam Meningkatkan Interaksi Belajar Mengajar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 38(4), 221-233.
Selly, A., Molebila, E., Kafelkay, S., & Malese, L. P. (2024). Evaluation of Student Assessment of the Quality of Matriculation Lecturers of the Theology and Agribusiness Education Study Program, Tribuana Kalabahi University. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 2019-2032. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.1152
Supriyadi, A. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dosen dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 28(3), 157-168.
Suryana, I. (2019). Kompetensi Kepribadian dan Profesional Dosen dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 27(4), 300-315.
Susanto, A. (2019). Kompetensi Kepribadian dan Sosial Dosen sebagai Pendukung Proses Pembelajaran Efektif. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 27(3), 102-113.
Widyastuti, N. (2019). Pembelajaran Inklusif: Penghargaan terhadap Keberagaman Mahasiswa di Lingkungan Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Sosial, 40(2), 150-162.
Wijayanti, L., & Kurniawan, T. (2018). Analisis Kompetensi Sosial Dosen dalam Membangun Hubungan dengan Mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 22(3), 234-250.
Yanharry, Y. (2024). Implementasi Mata Kuliah Microteaching dalam meningkatkan Kompetensi Pedagogis Mahasiswa Prodi PAI UII Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).