FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERAMPILAN GURU PAI DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DI SMAN 6 SELUMA

Main Article Content

Sherli Dian Syafitri Dedy Novriadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menghalangi efektivitas integrasi teknologi dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan wawancara dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua faktor penyebab hambatan yaitu faktor internal dan faktor eksternal seperti kurangnya pelatihan dan pemahaman teknologi oleh guru, keterbatasan fasilitas pendukung, serta koneksi jaringan internet yang tidak stabil. Selain itu, faktor dukungan manajemen sekolah juga turut mempengaruhi keterampilan guru dalam menerapkan teknologi. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan rekomendasi untuk meningkatkan kompetensi guru PAI dalam menghadapi era digital.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Syafitri and D. Novriadi, “FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERAMPILAN GURU PAI DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DI SMAN 6 SELUMA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 53-57, Jan. 2025.
Section
Artikel

References

Astuti, M., Herlina, H., Ibrahim, I., Rahma, M., Salsabilah, S., & Soleha, I. J. (2023). Mengoptimalkan Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan Islam. Journal Of Social Humanities an Education, 2(3).
Daulay, S. H., Fitriani, S. F., & Ningsih, E. W. (2022). Pengaruh Fasilitas Sekolah terhadap Kemampuan dan Motivasi Belajar Siswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2553
Heithaus, T. (2015). Emergency preparedness for power outages and Wi-Fi loss: Tips for students and educators of online courses. Journal of Continuing Education in Nursing, 46(1). https://doi.org/10.3928/00220124-20150109-14
Kumar, P. R., & Varghese, P. A. (2015). Media Availability and Utilization in Education Institution. International Journal of Social Sciences and Management, 2(3). https://doi.org/10.3126/ijssm.v2i3.12824
Lyanda, J. N., Koteng, G. A., & Ong’unya, R. O. (2023). School Administration Support Systems for Educational Technology Adoption and Students’ Academic Achievement in Secondary Schools in Kenya. African Journal of Empirical Research, 4(2). https://doi.org/10.51867/ajernet.4.2.36
Malahati, F., B, A. U., Jannati, P., Qathrunnada, Q., & Shaleh, S. (2023). KUALITATIF : MEMAHAMI KARAKTERISTIK PENELITIAN SEBAGAI METODOLOGI. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 11(2). https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.902
Nugroho, I. D. (2014). HAMBATAN DALAM PENGUASAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI GURU KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PONJONG. Journal Student UNY, 17(3).
Rizki, A., Ilmi, M., Junaidi, A., Yusnanto, T., Kase, E. B. S., Safar, M., & Sari, M. N. (2024). Belajar di Era Digital: Memahami Teknologi Pendidikan dan Sumber Belajar Online. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1).
Sitinjak, L., & Kadu, A. U. (2016). Faktor Internal dan Eksternal Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mahasiswa Semester IV Akper Husada Karya Jaya Tahun Akademik 2015/2016. Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya, 2(2).
Wicaksono, V., Syahrial, & Hidayat, M. (2020). Analisis Penguasaan Guru Terhadap Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tematik (DIKDAS), 5(1).
Yu, J., Sukumaran, S., Li, H., & Zeng, J. (2023). Examine Primary School Teachers’ Attitudes Towards Technology Integration in Primary Education. Environment-Behaviour Proceedings Journal, 8(26). https://doi.org/10.21834/e-bpj.v8i26.5193