STRATEGI PEMASARAN PRODUK JAMU TRADISIONAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETAHANA EKONOMI KELUARGA
Main Article Content
Abstract
Jamu tradisional merupakan minuman yang masih bertahan sampai saat ini. Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga (Asman Toga) merupakan upaya peningkatan kesehatan yang berbasis pada keluarga. Kelompok Asman Toga melakukan inovasi pemanfaatan hasil tanaman obat yaitu mengolah menjadi produk jamu tradisional. Tujuan penelitian adalah menentukan formulasi strategi pemasaran produk jamu agar meningkatan pendapatan kelompok dan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga. Metode yang dilakukan adalah analisis SWOT dan bauran pemasaran. Hasil penelitian ini adalah kuadran berada pada strategi agresif. Strategi SO yaitu memanfaatkan bahan baku untuk memaksimalkan pengembangan produk, dan memanfaatkan perkembangan teknologi dalam melakukan promosi. Strategi WO yaitu memanfaatkan perkembangan teknologi dalam melakukan promosi. Strategi ST yaitu menggunakan bahan baku yang sehat dan berkualitas dengan menawarkan produk dengan kualitas lebih unggul dibandingkan pesaingnya. Strategi WT yaitu melakukan analisis pasar melalui pemahaman pada harga yang dapat diterima oleh konsumen serta menyelaraskan harga jual produk dengan kompetitor sejenisnya. Formulasi strategi pemasaran yang dapat diterapkan untuk peningkatan usaha produk jamu tradisional adalah pemanfaatan perkembangan teknologi yang ada. Penggunaan media sosial menjadi alternatif untuk melakukan pemasaran seperti melalui Whatssapp Business, Instagram, Fecebook dan TikTok. Selain itu untuk mengakomodasi dunia marketplace dapat dilanjutkan untuk membuka toko di Shopee, Shopeefood, Gofood, dan Grabfood.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Al Hadi, F. N., Anggraini, T., & Syahriza, R. (2022). Analysis of Marketing Strategy to Attract Shopping Interest (Case Study of Online Alms Shop, Jalan Jawa, Pematangsiantar City). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Keuangan, 3(4), 1293-1304
Anggraini, A., Aulia, N., Nurjannah, & Zainarti. (2023). Strategi Bauran Pemasaran Usaha Kecil Keripik Singkong Di Desa Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(1)
Daud, R. F., & Novrimansyah, E. A. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Jamu Tradisional di Era Teknologi Digitalisasi 4.0. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(3), 233-248.
Isnawati, D. L. (2021). Minuman Jamu Tradisional Sebagai Kearifan Lokal Masyarakat Di Kerajaan Majapahit Pada Abad Ke-14 Masehi. Ejournal. Unesa. Ac. Id, 11(2), 1-10
Kotler & Armstrong. (2008). Prinsip- Prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta. Erlangga Kotler (2010). Mangement Pemasaran (terjemahan). Jakarta: Salemba Empat.
Maisah, M., Mahdayeni, M., Maryam, M., & Alhaddad, M. R. (2020). Penerapan 7p sebagai strategi pemasaran pendidikan tinggi. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(4), 325-333.
Mukhlisoh, S. N., & Hartono, B. (2022). Menjaga Kepercayaan Konsumen melalui Strategi Komunikasi Pemasaran pada Produk Jamu Tradisional. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (JEBI), 2(1), 37-46
Musfar, T. F. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok Dalam Manajemen Pemasaran. Medis Sains Indonesia
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Upaya Pengembangan Kesehatan Tradisional Melalui Asuhan Mandiri Pemanfaatan Taman Obat Keluarga Dan Keterampilan
Prabawa, H. W., & Fitriani, A. D. (2020). Mempertahankan eksistensi jamu tradisional melalui perubahan desain pengemasan dan pemasaran. DEDIKASI: Community Service Reports, 2(1)
Prabawani, B. (2017). Jamu brand Indonesia: consumer preferences and segmentation. Archives of Business Research, 5(3).
Prastiyo, A., Fathoni, A., & Malik, D. (2018). Strategi pemasaran produk jahe merah melalui analisis SWOT pada perusahaan UD. Barokah Ungaran. Journal of Management, 4(4)