MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SD BALI BILINGUAL SCHOOL

Main Article Content

Ni Made Ayu Purnami Ni Kadek Febriani

Abstract

Literasi adalah kemampuan membaca, menulis, dan memahami informasi. Namun, arti literasi telah berubah seiring waktu. Sekarang, literasi meliputi tidak hanya keterampilan membaca dan menulis teks, tetapi juga kemampuan untuk menjelaskan, menilai, dan memanfaatkan informasi dalam berbagai tata cara dan media. Pembelajaran berbasis proyek adalah bentuk penerapan pembelajaran aktif. Secara sederhana, pembelajaran berbasis proyek didefinisikan sebagai metode pengajaran yang menghubungkan teknologi dengan masalah-masalah sehari-hari yang sering dihadapi siswa, atau dengan proyek-proyek yang terkait dengan sekolah. Salah satu pembelajaran berbasis proyek dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu membuat bunga literasi yang dimana materi membuat kalimat tanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas siswa maupun meningkatkan literasi siswa kelas 2B di SD Bali Bilingual School. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi dan wawancara terhadap guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan membuat bunga literasi sangatlah menarik bagi siswa, selain itu proyek tersebut dapat meningkatkan rasa ingin tahu terhadap cara membuat kalimat tanya. Dengan demikian pembelajaran berbasis proyek ini sangat bisa dijadikan metode untuk mendukung kreativitas dan literasi siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
N. M. Purnami and N. K. Febriani, “MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SD BALI BILINGUAL SCHOOL”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 37-40, Jan. 2025.
Section
Artikel

References

Aswat, H., & Nurmaya G, A. L. (2019). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70–78. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.302
Gede Kamardana, I Wayan Lasmawan, & Ni Ketut Suarni. (2021). Efektivitas Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar Di Kelas V Sekolah Dasar Gugus Ii Tejakula Tahun Pelajaran 2019/2020. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 115–125. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.264
Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2
Kamaruddin, I., Suarni, E., Rambe, S., Sakti, B. P., Rachman, R. S., & Kurniadi, P. (2023). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam pendidikan: tinjauan literatur. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6, 2742–2747. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Latif Abdul. (2021). Di era perkembangan teknologi, komunikasi dan informasi yang semakin pesat, pembelajaran jarak jauh di masa pandemi ini dapat terlaksana dengan menggunakan berbagai platform, baik berupa learning management system maupun bentuk video conference. Learning. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 11–20.
Marselina, S. (2022). Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia pada Artikel Ilmiah Mahasiswa STIE Alam Kerinci. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 2(1), 101–106. https://doi.org/10.57251/sin.v2i1.272
Murniati, E. (2021). Penerapan Metode Project Based Learning Dalam Pemmbelajaran. Journal of Education, 3(1), 1–18.
Ridlo, M., Satriyadi, Y., Nasution, A. H., & Arandri, N. A. (2021). Analisis Pengaruh Bahasa Gaul Di Kalangan Mahasiswa Terhadap Bahasa Indonesia Di Zaman Sekarang. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 561–569. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1940
Rina Devianty. (2017). Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2), 226–245.
Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Sarah Robiatul Adawiyah, Dudang Abdul Karim, & Susi Fitria. (2024). Peran Dan Fungsi Bahasa Sebagai Komponen Utama Dalam Komunikasi Bisnis. Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Ekonomi, 2(1), 53–59. https://doi.org/10.62495/jpime.v2i1.15
Siahaan, L., Wiranata, V., Zai, K., & Nasution, J. (2023). Keterampilan Membaca Pada Pengajaran Bipa Menggunakan Media Digitalisasi. Journal of Science and Social Research, 6(1), 160. https://doi.org/10.54314/jssr.v6i1.1186
Subakti, H., Oktaviani, S., & Anggraini, K. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2489–2495. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1209
Syahputra, E., Gustiana, D., Lestari, T. D., Fadhilah, Q., & Hidayat, Y. (2022). Eksistensi Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baku di Kalangan Remaja. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 169–174. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3978
Tarbiyah, I., Rusyd, I., Grogot, T., Editor, M., Assya, R., Board, E., Setiawan, A., Subhan, S., Noor, I., Islam, U., Banjarmasin, N., Umar, F., & Rusydi, M. (2024). Al- Madrasah : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. 8.
Taurus Tamaji, S. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 80.
Vantika, S., Afifi, F. C., & Dewi, V. K. (2024). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Limit Fungsi Trigonometri. Mathema Journal E-Issn, 6(1), 2024.