PENGARUH SIMULASI PHET TERHADAP PEMAHAMAN SISWA MENGENAI KONSEP GELOMBANG BUNYI DI SEKOLAH MENENGAH
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil pemanfaatan simulasi PHET terhadap pemahaman siswa mengenai konsep gelombang bunyi di tingkat sekolah menengah. Metode yang dipakai adalah metode eksperimen semu dengan menggunakan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VIII yang dipilih secara purposif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada rata-rata nilai pretest (55) ke posttest (80), dengan skor gain ternormalisasi (N-Gain) sebesar 0,65 (kategori sedang). Uji statistik paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), yang mengindikasikan bahwa simulasi PHET secara efektif meningkatkan pemahaman siswa. Simulasi ini membantu siswa memvisualisasikan konsep abstrak seperti propagasi gelombang bunyi, hubungan frekuensi, amplitudo, dan kecepatan bunyi, sehingga meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar mereka. Hasil ini mendukung penelitian terdahulu yang megindikasikan bahwa media pembelajaran interaktif mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran fisika. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk memperluas cakupan populasi dan mengeksplorasi variabel pendukung lainnya.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Hasanudin, Nurlaila, Faradiba Faradiba, Ngia Masta, Manogari Sianturi, Ida Sri Handayani, and Yufran Meliando Olla. 2024. “Pengembangan Modul Praktikum Virtual Berbasis Multirepresentasi Untuk Meningkatkan Minat Siswa.” Jurnal Sains Dan Edukasi Sains 7 (1): 37–44. https://doi.org/10.24246/juses.v7i1p37-44.
Kristianto, Kornelius, Oktavianus Ama Ki`i, and Egidius Dewa. 2023. “Penerapan Simulasi PhET Sebagai Virtual Laboratorium Pada Materi Getaran, Gelombang Dan Bunyi Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Kupang.” MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika UNWIRA 1 (1): 37–44. https://doi.org/10.30822/magneton.v1i1.2046.
Kumala, Farida Nur, and Hartatik Hartatik. 2017. “Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Virtual Laboratory Simulation : Keterampilan Berpikir.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 1 (3): 200. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11878.
Marpaung, Rahel Rehuella, Nabeela Rahma Noor Aziz, Mia Dewi Purwanti, Putri Nabila Sasti, and Dandan Luhur Saraswati. 2021. “Penggunaan Laboratorium Virtual Phet Simulation Sebagai Solusi Praktikum Waktu Paruh.” Journal of Teaching and Learning Physics 6 (2): 110–18. https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i2.12213.
Saputra, Bemie Eka, Haerul Pathoni, and Dwi Agus Kurniawan. 2020. “Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Multirepresentasi Pada Materi Gerak Lurus.” EduFisika 5 (01): 39–44. https://doi.org/10.22437/edufisika.v5i01.8843.
Uwambajimana, S, and E Minani. 2023. “Impact of Using Physics Education Technology (PhET) Simulations on Improving Students’ Performance in Electrostatics.” Journal of Research Innovation and Implications in Education 7 (1): 22–30. www.jriiejournal.com.
Verdian, Fhemy, Muhammad Afta Jadid, and Maya Nurul Rahmani. 2021. “Studi Penggunaan Media Simulasi PhET Dalam Pembelajaran Fisika.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika 1 (2): 39. https://doi.org/10.52434/jpif.v1i2.1448.
Wieman, C. E., W. K. Adams, P. Loeblein, and K. K. Perkins. 2010. “Teaching Physics Using PhET Simulations.” The Physics Teacher 48 (4): 225–27. https://doi.org/10.1119/1.3361987.
Wisudojati, Bambang, Muhamad Khalid Iswadi, Andi Muhammad Aminullah, and Alfiatmi Laelatunnufus. 2024. “Peningkatan Keterampilan Literasi Berpikir Kritis Pada Pada Siswa Sekolah Menengah Melalui Integrasi Tekhnologi Pendidikan.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9 (3): 1815–21. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2629.