IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK
Main Article Content
Abstract
Pendidikan inklusif adalah pendekatan yang memastikan setiap anak, tanpa memandang perbedaan fisik, mental, sosial, atau emosional, memiliki kesempatan yang setara untuk belajar bersama di sekolah reguler. Konsep ini bertujuan menciptakan sistem pendidikan yang menghargai keragaman dan memberikan kesempatan yang setara bagi semua anak untuk berkembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) untuk mengkaji konsep pendidikan inklusif dan sekolah ramah anak serta hubungannya dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang adil dan mendukung perkembangan anak. Penelitian ini juga menemukan berbagai tantangan dalam implementasi pendidikan inklusif, seperti keterbatasan fasilitas, kurangnya pemahaman guru tentang kebutuhan ABK, dan resistensi dari masyarakat. Untuk mengatasi tantangan tersebut, penelitian ini menawarkan solusi melalui peningkatan pelatihan guru, pengembangan sarana prasarana yang mendukung, serta kebijakan yang mendorong kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan masyarakat. Pemerintah juga memiliki peran strategis dalam mendukung kebijakan pendidikan inklusif melalui regulasi yang progresif, pendanaan yang memadai, serta penyediaan fasilitas dan pelatihan yang diperlukan untuk mewujudkan sekolah inklusif yang ramah anak. Dengan pendekatan kolaboratif yang melibatkan semua pihak, pendidikan inklusif diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan mendukung perkembangan optimal setiap anak.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Booth, T., & Ainscow, M. (2002). Index for inclusion: Developing learning and participation in schools. Bristol: Centre for Studies on Inclusive Education.
Florian, L., & Black-Hawkins, K. (2011). Exploring inclusive pedagogy. British Educational Research Journal, 37(5), 813-828.
Gutek, G. L. (2014). Philosophical, Ideological, and Theoretical Perspectives on Education (2nd.ed.). Pearson.
Hanushek, E. A., & Woessmann, L. (2008). The role of cognitive skills in economic development. Journal of Economic Literature. 46(3), 607–668.
Iskandar, D., Hendrowati, T. Y., & Siswoyo, S. (2024). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak Dalam Mengembangkan Sekolah Berkarakter. Manajemen Pendidikan, 61-72.
Jalal, F., & Supriadi, D. (2001). Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Penerbit Adi Cita.
Jones, H., & Walker, G. (2011). Children’s rights in practice. Sage Publications.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Lindsay, G. (2007). Educational Psychology and the Effectiveness of Inclusive Education/Mainstreaming. British Journal of Educational Psychology, 77(1), 1-24.
Norwich, B. (2008). Dilemmas of difference, inclusion, and disability: International perspectives and future directions. Routledge International Companion to Inclusive Education, 135-146.
Odom, S. L., Hume, K., Boyd, B. A., & McBee, M. T. (2014). A review of research on inclusive practices and their impact on the social integration of students with disabilities. Journal of Special Education, 47(2), 109-120.
Save the Children. (2015). Creating safe and inclusive schools: A guide for school administrators and teachers. Save the Children.
Schunk, D. H. (2020). Learning Theories: An Educational Perspective (8th ed.). Pearson.
Sen, A. (1999). Development as Freedom. Oxford University Press.
Surtini, S., & Herawati, N. I. (2024). Upaya Mewujudkan Sekolah Inkusif: Sekolah Ramah Anak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa, 2(3), 82-94.
Wijaya, S., & Supena, A. (2023). Implementasi Program Pendidikan Inklusi Pada Sekolah Dasar di Kota Serang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 347-357.
Yulianto, M. J. (2014). Konsepsi Disabilitas Dan Pendidikan Inklusif. Inklusi, 1(1), 19-38.
Undang- Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.