IMPLEMENTASI KAMPUS MENGAJAR 7 DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERLITERASI SISWA SDN 060944 MEDAN
Main Article Content
Abstract
Lokakarya literasi program ini merupakan implementasi dari program Teaching Campus 7 yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa di SDN 060944 Medan. Literasi, yang meliputi kemampuan membaca, menulis, dan berpikir kritis, merupakan kemampuan dasar yang sangat penting dalam yang sangat penting dalam mendukung perkembangan akademik siswa. Program ini dirancang sebagai rendahnya kemampuan literasi siswa yang berdampak pada prestasi belajar mereka prestasi belajar mereka. Melalui pendekatan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, program ini melibatkan mahasiswa sebagai fasilitator yang mendampingi siswa dalam berbagai kegiatan literasi berbagai kegiatan literasi, seperti membaca bersama, diskusi kelompok, dan menulis kreatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada minat dan kemampuan literasi siswa setelah signifikan setelah mengikuti program tersebut. Program Lokakarya Literasi efektif sebagai strategi efektif sebagai strategi untuk mendukung program Kampus Mengajar 7 dan meningkatkan kualitas pendidikan dasar di sekolah.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Allen, J. dan Gonzalez, K. 1998.There's Room for Me Here: Literacy Workshop in the Middle School.Ontario: Stenhouse
B. I. (2019). Literasi Numerasi Di Sd Muhammadiyah. Else (Elementary School Education Journal)
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (2020) Buku Saku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Djati, G. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., dkk. (2021). “Efektivitas Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah Melalui Reading Challenge Di Sma Plus Al-Ghifari Bandung.” Jurnal Perpustakaan dan Ilmu Informasi, 2(2), 115–126. https://doi.org/10.24036/ib.v2i2.115
Fatonah, K., Alfian, A., & Lestari, S. (2021). Implementasi Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Swasta Nurani Jakarta. Js (Jurnal Sekolah), 5(4), 194. https://doi.org/10.24114/js.v5i4.313 26.
Fransyaigu, Ronald, Bunga Mulyahati, Asnawi (2013) Gerakan Bengkel Literasi Melalui Pendampingan Pembuatan EPOPUP Bagi Guru Sekolah Dasar. Dalam Jurnal Community Development Journal Universitas Pahlawan Vol 4 No 1
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Kampus Mengajar Pengabdian dan Harapan. Jakarta
Mahmud, M. R., Pratiwi, I. M., Islam, U., Sunan, N., Djati, G.(2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88
Sismulyati Sb , Nugrahiati (2018)Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Menggunakan Strategi Bengkel Literasi Pada Siswa SD. Dalam jurnal Primary Jurnal Pendidikan Guru Sekoalh Dasar , April 2018
Sri Wahyuningsih “Modul Literasi Digital Di Sekolah Dasar,” Kementeri. Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknol., pp. 1–22, 2021.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA