PENERAPAN PENDEKATAN NILAI DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MEMBENTUK MODERASI BERAGAMA PADA GENERASI Z

Main Article Content

Hidayati Suhaili Nana Sepriyanti Martin Kustati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pendekatan nilai dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai upaya membentuk moderasi beragama pada generasi Z. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam dan observasi partisipatif untuk menggali pemahaman siswa dan guru terkait nilai-nilai moderasi, seperti toleransi, inklusivitas, dan empati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan nilai dalam PAI efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap pentingnya sikap moderat dan inklusif dalam kehidupan beragama. Melalui diskusi terbuka, refleksi diri, dan studi kasus, siswa lebih terbuka dalam menerima perbedaan dan mampu menghindari sikap eksklusif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan nilai dalam pembelajaran PAI berpotensi kuat sebagai media untuk melawan radikalisme di kalangan generasi muda. Rekomendasi kajian mendatang mencakup pengembangan strategi pembelajaran yang lebih adaptif dengan beragam konteks sosial siswa, serta penggunaan metode yang lebih variatif untuk memperkuat nilai moderasi beragama pada generasi Z.

Article Details

How to Cite
[1]
H. Suhaili, N. Sepriyanti, and M. Kustati, “PENERAPAN PENDEKATAN NILAI DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MEMBENTUK MODERASI BERAGAMA PADA GENERASI Z”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 339-344, Jan. 2025.
Section
Artikel

References

Alfiani, I., & Ismaraidha, I. (2024). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Sikap Toleransi Beragama Pada Siswa SMA Gajah Mada Binjai. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(2), 1470–1488.
Anas, I., & Iswantir, M. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Kurikulum Berbasis STEM Di Sekolah Islam Terpadu. TADBIRUNA, 4(1), 1–14.
Arifin, S. (2018). Intelektualisme Profetik:(Respons terhadap Isu-isu Kontemporer di Seputar HAM, Radikalisme, Ekologi, dan Pendidikan). UMMPress.
Budiman, A., Al-afghani, M. T., & Sansayto, M. A. (2024). Menanggulangi Ekstremisme melalui Pendidikan Agama: Strategi untuk Mendorong Moderasi di Sekolah. Aksiologi: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(1).
Harmi, H. (2022). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 7(2), 228–234.
Juwan, D. P. A., Maharani, S. D., & Siswadi, G. A. (2024). Pendidikan Dan Kesetaraan: Implementasinya Pada Sekolah Inklusi Perspektif Filsafat Manusia. Widya Aksara: Jurnal Agama Hindu, 29(2), 94–106.
Langit, A. R. R. (2024). Peran Guru PAI dalam Membentuk Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. Journal on Education, 6(4), 20670–20681.
Mubarak, R., Mu’ammaroh, N. L. R., & Mubaraq, A. Z. (2024). Penanaman Nilai-nilai Moderasi Beragama pada Siswa Madrasah Aliyah Bilingual Kota Batu. PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 8(1), 56–66.
Mubarok, G. A., & Muslihah, E. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Membentuk Sikap Keberagaman dan Moderasi Beragama. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 115–130.
Munawar, M., Kosasih, A., & Fakhruddin, A. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Moderat. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3413–3428.
Nasri, U., & Tabibuddin, M. (2023). Paradigma Moderasi Beragama: Revitalisasi Fungsi Pendidikan Islam dalam Konteks Multikultural Perspektif Pemikiran Imam al-Ghazali. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1959–1966.
Ningsih, W., & Zalisman, Z. (2024). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Konteks Global. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Patih, A., Nurulah, A., Hamdani, F., & Abdurrahman, A. (2023). Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama melalui Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Kewarganegaraan Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(001).
Pratama, S. N., Rahayu, S. A., Lestari, S. N. F. S., Ni’mah, Z., Ma’rifah, N. L., & Kusumastuti, E. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Moderasi Beragama di Indonesia. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2(5), 232–245.
Rifky, S., Halik, H., Ramopoly, I. H., Karuru, P., Rodiah, I., Sukmawati, S., Wibowo, A. A. H., Pinatih, N. P. S., Bariah, S., & Harosid, H. (2024). Dasar-dasar Pendidikan: Panduan Untuk Menjadi Pengajar Profesional. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Syathori, A. (2023). Urgensi Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penerbit P4I.
Wibowo, M. A., Harahap, I., & Siregar, H. S. (2024). Pengaruh Moderasi Beragama Terhadap Prilaku Keagamaan Generasi Z:(Studi Kasus Di SMP Negeri 04 Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara). Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(4), 137–148.
Wiguno, S. (2022). Peran Sekolah Kristen Dalam Pembentukan Nasionalisme Siswa: Studi Kualitatif di Beberapa SMA Kristen di Bandung. LPPM STT Bandung.