ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF FISIKA MATERI LISTRIK ARUS SEARAH DI SMA NEGERI 3 TELUK KERAMAT

Main Article Content

Alan Alan Erwina Oktavianty Firdaus Firdaus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan kognitif fisika di SMA Negeri 3 Teluk Keramat pada materi Listrik Arus Searah. Metode yang digunakan adalah metode survei yang bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan konitif peserta didik. Sampel pada penelitian ini adalah eserta didik kelas XII MIPA  di SMA di SMA Negeri 3 Teluk Keramat yang berjumlah 29 orang. Instrumen penelitian yang dibuat dalam penelitian ini adalah soal tes dengan 5 pertanyaan esai. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis diperoleh persentasi kemampuan kognitif peserta didik pada indikator mengaplikasikan sebesar 57% dan menganlisis sebesar 34%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan kognitif di SMA Negeri 3 Teluk Keramat pada materi Listrik Arus Searah masih tergolong rendah dan perlu ditingkatkan lagi. Hal ini karena kemampuan kognitif berperan penting dalam membantu peserta didik untuk mengetahui pengetahuan belajar dan hasil belajar fisika pada materi Listrik Arus Searah.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Alan, E. Oktavianty, and F. Firdaus, “ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF FISIKA MATERI LISTRIK ARUS SEARAH DI SMA NEGERI 3 TELUK KERAMAT”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 229-233, Jan. 2025.
Section
Artikel

References

Aida, N, Kusaeri, K., & Hamdani, AS (2017). Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif Yang Dikembangkan Mengacu Pada Model PISA. Suska Journal of Mathematics. 3(2), 130 – 139
Alam, S. 3 April 2023. Hasil PISA 2022, Refleksi Mutu Pendidikan Nasional 2023. https://mediaindonesia.com/opini/638003/hasil-pisa-2022-refleksi-mutupendidikan nasional-2023
Anderson., & Krathwohl. (2002). Revisi Taksonomi Bloom. Rineka Cipta, Jakarta
Asiska, ADW, Mahardika, IK, & Bektiarso, S. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Gambar dan Matematis untuk Materi Gerak Rectilinear pada Siswa SMA di Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(3), 90. https://doi.org/10.19184/jpf.v10i3.25324
Husairi, A., Djudin, T., & Oktavianty, E. (2024). Identifikasi Kemampuan Komunikasi Ilmiah Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Fisika Pada Materi Listrik Arus Searah. Seroja: Jurnal Pendidikan, jurnal.anfa.co.id. 3(2) 14-24.http://jurnal.anfa.co.id/index.php/seroja/article/view/1884
Hardianti, T (2018). Analisis kemampuan peserta didik pada ranah kognitif dalam pembelajaran fisika SMA. Seminar Nasional Quantum, academia.edu,https://www.academia.edu/download/77527040/263.pdf
Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Junaedi, D. 2019. Desain pembelajaran model ADDIE. STAI Syamsul Ulum, Sukabumi
Kusdianti, I, Sitompul, SS, & Mahmuda, D. (2019). Analisis kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS kelas XI SMAN 2 Sungai Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK). 8(6).

Muizuddin. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Majalah Fisika Terintegrasi Keislaman dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Surya untuk SMP/MTS Kelas VII
Nabilah, M, Sitompul, SS, & Hamdani, H (2020). Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Momentum Dan Impuls. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pembelajaran Fisika. 1(1). jurnal.untan.ac.id. Pontianak.https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jippf/article/view/41876
Permatasari, A., (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik SMA. https://core.ac.uk/download/pdf/267023964.pdf
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan (Jenis, Metode, dan Prosedur). Prenada Media, Jakarta
Sugiyono, & Puspandhani, ME. (2020). Metode Penelitian Kesehatan. Alfabet, Bandung.
Vidayanti, Nurul., Sugiarti, Titik., & Kurniati, Dian. (2017). Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Jember Ditinjau Dari Gaya Belajar Dalam Menyelesaikan Soal Pokok Bahasan Lingkaran. Kadikma. 8,(1)
Yanti, N., Putri, A., & Febriana. (2024). Analisis Kemampuan Kognitif Siswa dan Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMA Al-Fatah Jambi. Journal Of Pedagogi. 1(2). nawalaeducation.com.https://nawalaeducation.com/index.php/JOP/article/view/213