STRATEGI PEMASARAN PULAU SEMUT SEBAGAI DESTINASI PARIWISATA INTERNASIONAL KOTA PEKANBARU BERDASARKAN TOURISM AREA LIFE CYCLE (TALC)

Main Article Content

Fatmawati Fatmawati Roza Andriani

Abstract

Ekowisata Pulau Semut merupakan satu-satunya wisata berbentuk pulau yang ada di Kota Pekanbaru. Perkembangan Pulau Semut berbasis pendidikan lingkungan dan konservasi alam ini seharusnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat jika dikelola dengan baik. Pengelolaan wisata yang baik membutuhkan berbagai strategi, termasuk strategi pemasaran untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal, domestik maupun mancanegara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis posisi Ekowisata Pulau Semut berdasarkan teori Tourism Area Life Cycle (TALC) serta merancang strategi pemasaran yang tepat berdasarkan fase TALC. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang secara khusus berfokus pada penyelidikan siklus hidup Pulau Semut. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ekowisata Pulau Semut sedang berada pada fase development yang ditandai dengan meningkatnya keterlibatan aktor, baik masyarakat, akademisi, pemerintah, maupun investor yang didukung dengan peningkatan sarana dan prasarana. Berdasarkan posisi Ekowisata Pulau Semut pada TALC, strategi pemasaran yang dilakukan ialah menawarkan harga yang kompetitif , menjual produk wisata yang berbeda, dan fokus pada segmen tertentu.

Article Details

How to Cite
[1]
F. Fatmawati and R. Andriani, “STRATEGI PEMASARAN PULAU SEMUT SEBAGAI DESTINASI PARIWISATA INTERNASIONAL KOTA PEKANBARU BERDASARKAN TOURISM AREA LIFE CYCLE (TALC)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 353-360, Jan. 2025.
Section
Artikel

References

Alin Indra Jaya. (2023, October 30). Mari Nikmati Pesona Ekowisata Pulau Semut Binaan Pertamina. Https://Nadariau.Com/2023/10/30/Mari-Nikmati-Pesona-Ekowisata-Pulau-Semut-Binaan-Pertamina/.
Andriotis, K. (2001). Strategies on resort areas and their lifecycle stages. Tourism Review, 56(1/2), 40–43.
Bolaky, B. (2008). Tourism life cycle, tourism competitiveness and upgrading strategies in the Caribbean. Tourism Competitiveness and Upgrading Strategies in the Caribbean.
Butler R.W. (1980). Tourist Development. Douglas Pearce, (Second Edition). Scientific and Technical, John Wiley and Sons, Inc,.
Dinas Pariwisata. (2023). Riau Rain 5 Penghargaan Pariwisata Nasional. https://pariwisata.riau.go.id/detail/riau-raih-5-penghargaan-pariwisata-nasional
John W. Crasswell. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
Kurniawati, E. (2024). Pengembangan Ekowisata Pulau Semut; Paket Lengkap TJSL Pertamina Patra Niaga. https://www.suratkabargenta.id/prov-riau/1413206444/pengembangan-ekowisata-pulau-semut-paket-lengkap-tjsl-pertamina-patra-niaga?page=5
Mouhamadou. (2018). An application of Butler’s (1980) Tourist Area Life Cycle to Saly (Senegal). International Journal for Innovation Education and Research, 6(1).
Pertamina. (2021). Pertamina Salurkan 350 Bibit Ketapang Kencana di Pulau Semut. https://www.pertamina.com/id/news-room/csr-news/pertamina-salurkan-350-bibit-ketapang-kencana-di-pulau-semut
Raden Heru. (2024). Di Tahun 2023 Tiga Ratus Ribu Lebih Wisatawan Mancanegara Berkunjung ke Riau. https://mediacenter.riau.go.id/read/83203/di-tahun-2023-tiga-ratus-ribu-lebih-wisatawan.html
Rusvitasari, E. dan S. A. (2014). Strategi Pengembangan Wisata Alam Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Obyek Wisata Umbul Sidomukti Bandungan Semarang. Jurnal Pariwisata Indonesia, 10(1).
Undang-Undang No. 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan.
Vera Lusiana. (2023). Pertamina gelar lomba pacu sampan di Pulau Semut di Pekanbaru. https://riau.antaranews.com/berita/342246/pertamina-gelar-lomba-pacu-sampan-di-pulau-semut-di-pekanbaru
Wang, Y. & P. A. (2011). Destination marketing and management: theories and applications. CABI International.
Yoeti, Oka. A. (1997). Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung. Angkasa.