PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGATERHADAP IMAGE, KEPUASAN DAN LOYALITAS PADA BISNIS RITEL
Main Article Content
Abstract
Keberadaan bisnis ritel modern untuk memfasilitasi adanya perubahan pola berbelanja konsumen yang menginginkan tempat berbelanja yang rapi, bersih, dan nyaman, dimana tidak ditemui pada pasar tradisional yang biasanya becek dan tidak tertata rapi (Soliha, 2018). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan, image, dan loyalitas pada bisnis ritel di Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatory. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dengan menggunakan pengukuran skala Likert. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah berbelanja di supermarke yaitu Hokky, Bonnet, Superindo, dan Hypermart Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dan jumlah sampel sebanyak 350 responden. Hasil penelitian menyatakan kualitas pelayanan dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan image. Kualitas pelayanan, kepuasan dan image berpengaruh signifikan terhadap loyalitas, sedangkan harga tidak berpengaruh terhadap loyalitas.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Darmawan, D; Rahayu M., dan Surjo H. (2017). The Effect of Service Quality, Customer Satisfaction and Corporate Image on Customer Loyalty in the banking sector in Indonesia, IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM) e-ISSN: 2278-487X, p-ISSN: 2319-7668. Volume 19, Issue 11. Ver. VI, PP 46-51
Dewi, L. K. C., Widagdo, S., Martini, L. K. B., dan Suardana, I. B. R. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Customer Rela tionship Marketing terhadap Keputusan Wisatawan Dengan Brand Image se bagai Variabel Mediasi, EKUITAS Jur nal Ekonomi dan Keuangan, Vol. 6 No. 2, PP. 243–270.
Hanifa, O., Kurniawati, T., dan Rahmidani, R. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Go-Jek Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang, Jurnal Ecogen, Vol. 1 No. 4. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i4.5658
Hasan, S dan Aditya, H. P. K. P. (2018). Loyalitas Pasien Rumah Sakit Pemerintah: Ditinjau Dari Perspektif Kualitas Layanan, Citra, Nilai Dan Kepuasan, Jurnal Manajemen Indonesia, Vol. 18 No. 3, PP. 184-196.
Kotler, P dan Keller, K. L. (2009). Marketing Management (Second Ed). New Jersey: Pearson Education Inc.
Leksono, R. B dan Herwin. (2017). Pengaruh Harga dan Promosi Grab Terhadap Brand Image yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Transportasi Berbasis Online, Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, Vol.2, No.3, PP. 381 - 390
Nalendra, A., Winarno, S., dan Priadi, A., 2022. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Intervening. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, Vol. 10 No. 1 PP. 1–12.
Qismatuldiyah, P., dan Deni R., 2022, Pengaruh Harga, Kepuasan, Penilaian Pelanggan, Dan Iklan Terhadap Loyalitas Pelanggan Aplikasi SHOPEE, Jurnal VALUE : Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Vol. 17 No. 2, PP. 118-131.
Rahayu, S dan Lela, N. W., 2018, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanaggan,
Jurnal EKOBIS: Ekonomi, Bisnis & Manajemen, Vol. 8 No. 2, PP. 117-122.
Rahayu, S dan Darman, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan, Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, Vol. 5 No. 2, PP. 2192-2207.
Rachmawati, D. (2023). Kinerja Ritel Modern 2023 Diproyeksikan Tumbuh 4,2%. Binis.com https://ekonomi.bisnis.com/read/20231116/12/1714800/kinerja-ritel-modern-2023-diproyeksikan-tumbuh-42
Saladin, H. D. (2006). Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.
Sanggarwati, A. J., dan Nur L., 2023. Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Melalui Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening, JIMBis : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, Vol. 2 No. 4, PP 368 – 382
Saputri, A. N. J., Apriani V., dan Sudrajat, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan yang Dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan (J & T Express), Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Vol. 16 No. 1, PP. 95-103.
Septyarani, T. A dan Nurhadi. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan, Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, Vol. 7 No. 2, PP.218-227.
Solimun, A. A. R., Fernandes., dan Nurjannah. (2017). Metode Statistika Multivariat, Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS, Cetakan ke-2. UB Press, Malang.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D .Bandung:Alfabeta. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung:Alfabeta
Thungasal, C., dan Siagian, H., 2019. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Kasuari. Agora, Vol. 7 No.
Wijayanti, A. (2008). Strategi Meningkatkan Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus: Produk Kartu Seluler PraBayar Mentari Indosat Wilayah Semarang). Universitas Diponegoro. Retrieved from Wiennata, A. A dan Hidayat, W. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 8 No. 3, PP. 83–88.