PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEBIJAKAN HUTANG DAN PROFITABILITY TERHADAP DIVIDEND POLICY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Main Article Content

Ros Nida Siregar

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial, kebijakan hutang dan profitability terhadap dividend policy pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini dilakukan di perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan diperoleh 50 sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).


Hasil penelitian menunjukkan kepemilikan manajerial, kebijakan hutang dan profitability secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap dividend policy. Sedangkan secara parsial hanya variabel kepemilikan manajerial dan kebijakaan hutang yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap dividend policy. Dan untuk variabel profitability tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap dividend policy.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Siregar, “PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEBIJAKAN HUTANG DAN PROFITABILITY TERHADAP DIVIDEND POLICY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 6, no. 1, p. 97, Oct. 2018.
Section
Artikel