ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN MELALUI PENERAPAN E-LEARNING Indonesia

Main Article Content

Tince Dormalin Koroh Maryanto Chrisman Honin

Abstract

Dalam pelaksanaan perkuliahan saat ini, e-learning memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran karena saat ini hampir semua konten pembelajaran berhubungan dengan teknologi digital sehingga diperlukan literasi digital sebagai pemeran utama dalam memberikan berbagai informasi dalam kegiatan pembelajaran.  Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi literasi digital mahasiswa melalui penerapan e-learning sebagai masukan kepada institusi pendidikan dalam mengembangkan strategi e-learning yang efektif dalam meningkatkann literasi digital mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan analisis data menggunakan persentase. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Kristen semester V tahun akademik 2023/2024. Nilai persentase literasi digital masing-masing indikator sebagai berikut : indikator keterampilan dalam menggunakan komputer dan internet sebesar 81,2% dengan kategori tinggi, indikator kolaborasi peserta didik dan dosen sebesar 76,4% dengan kategori sedang, indikator komunikasi sebesar 79,2 % dengan katergori sedang, indikator kemampuan menyeleksi informasi yaitu 74,5% dengan kategori sedang, indikator berpikir kritis dan evaluasi sebesar 76% dengan kategori sedang, indikator berpikir kritis dan evaluasi terlihat persentase sebesar 76% dengan kategori sedang, Pada indikator keamanan elektronik menunjukan bahwa mahasiswa masuk dalam kategori sedang dengan persentase 79,6%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah mahasiswa memiliki kemampuan literasi digital yang cukup baik dengan rata-rata nilai literasi digital sebesar 71,90 % dengan kategori sedang. Oleh sebab itu diperlukan pelatihan peningkatan keterampilan literasi digital bagi mahasiswa yang dapat dimasukan dalam kurikulum dan kegiatan pengembangan mahasiswa.

Article Details

How to Cite
[1]
T. Koroh and M. C. Honin, “ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN MELALUI PENERAPAN E-LEARNING”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 191-196, Jan. 2025.
Section
Artikel

References

Ariastika, D. (2022). Penerapan Literasi Digital pada Pembelajaran IPA dalam Menghadapi Kesiapan Pendidikan di Era Society 5.0. FORDETAK: Seminar Nasional Pendidikan: Inovasi Pendidikan Di Era Society 5.0.
Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital : pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7.
Dewi, L., Kharisma, A. S., & Asy’ari, A. N. (2020). EVALUASI TINGKAT PENERIMAAN E-LEARNING PADA MAHASISWA BIDANG KEILMUAN SOSIAL DAN TEKNIK DENGAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL(TAM). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v18i1.27336
Dinata, K. B. (2021a). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL MAHASISWA. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1). https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2499
Dinata, K. B. (2021b). Literasi Digital Dalam Pembelajaran Daring. Eksponen, 11(1), 20–27. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i1.368
Fitriani, Y., Pakpahan, R., Junadi, B., & Widyastuti, H. (2022). ANALISA PENERAPAN LITERASI DIGITAL DALAM AKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 6(2), 439–448. https://doi.org/10.52362/jisamar.v6i2.784
Hague, S., & Payton, S. (2011). Digital literacy across the curriculum. Curriculum & Leadership Journal, 9(10), 1-10. Curriculum & Leadership Journal, 10(1).
Hendaryan, R., Hidayat, T., & Herliani, S. (2022). PELAKSANAAN LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA. Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 6(1). https://doi.org/10.25157/literasi.v6i1.7218
Manubey, J., Koroh, T. D., Dethan, Y. D., & Banamtuan, M. F. (2022). Pengaruh Literasi Digital terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2590
Muliani, A., Karimah, F. M., Liana, M. A., Pramudita, S. A. E., Riza, M. K., & Indramayu, A. (2021). Pentingnya Peran Literasi Digital bagi Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0 untuk Kemajuan Indonesia. Journal of Education and Technology, 1(2), 87–92.
Muliastrini, N. K. E., & Handayani, N. N. L. (2021). Gerakan Literasi Digital Bermuatan Karakter Dalam Menyongsong Pendidikan Abad 21 Era Society 5.0. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 3, 79–85. http://prosiding.iahntp.ac.id/index.php/seminar-nasional/article/view/91
Nasionalita, K., & Nugroho, C. (2020). Indeks Literasi Digital Generasi Milenial di Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(1). https://doi.org/10.31315/jik.v18i1.3075
Nasrullah, R., Aditya, W., Satya, T. I., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Pusporini, W., Septiani, D., & Lestari, T. (2022). Analisis Penguasaan Literasi Digital Mahasiswa. Wacana Akademika …, 6.
Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). MODEL PENGUATAN LITERASI DIGITAL MELALUI PEMANFAATAN E-LEARNING. Jurnal ASPIKOM, 3(6). https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333
Sunara Akbar, R., Iskandar, T., Prasetyo, M. A., Damayanti, T. O., Khomaidi, M. I., Abadi, M. D., Bachtiar C.R, S., & Renhard, R. (2024). Memperkuat Ketahanan Nasional: Aktualisasi Bela Negara Melalui Literasi Digital. Journal on Education, 6(4), 18838–18849. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5867
Syahfira, I. (2022). Hubungan Literasi Digital Dengan Penggunaan Media Sosial Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam “UISU” …. 15(1), 92–102. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16523%0Ahttp://repository.uinsu.ac.id/16523/7/DAFTAR PUSTAKA.pdf
Yuniarto, B., & Yudha, R. P. (2021). LITERASI DIGITAL SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MENUJU ERA SOCIETY 5.0. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2). https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.8096