IMPLEMENTASI TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN

Main Article Content

Arisman Lase Firman Zendrato Raymundus Raisman Bali Epilius Harefa Riana Riana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di SMK NEGERI 2 BOTOMUZOI. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi, seperti video pembelajaran dan aplikasi interaktif, secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar. Siswa melaporkan bahwa akses ke sumber belajar melalui internet memperluas wawasan mereka dan meningkatkan pemahaman materi. Meskipun terdapat banyak manfaat, tantangan seperti kurangnya pelatihan bagi guru dan infrastruktur yang belum memadai masih perlu diatasi. Penelitian ini merekomendasikan perlunya dukungan yang lebih besar dari pihak sekolah dan pembuat kebijakan untuk mengintegrasikan teknologi secara efektif dalam kurikulum. Dengan demikian, pemanfaatan teknologi dapat berkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Lase, F. Zendrato, R. Raisman Bali, E. Harefa, and R. Riana, “IMPLEMENTASI TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 624-626, Jan. 2025.
Section
Artikel

References

Afiyanti, Y. (2008). Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terfokus) sebagai Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(1), 58–62. https://doi.org/10.7454/jki.v12i1.201
Anwar, A. S., dkk. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Abad 21 Melalui Media Sosial. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 30443052. https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V5i8.795
Aprilizdihar, M., dkk. (2022). Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Sarana Pembelajaran Di Era Digital. Journal Of Digital Education, Communication, And Arts (Deca), 5(01), 40–49. https://doi.org/10.30871/deca.v5i01.3717
Bawamenewi, A., & Waruwu, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa melalui Transformasi Digital Berbasis E-Learning. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11739
Budiman, B. (2022). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(2), 149. https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i2.2098
Febrianti, N., dkk. (2023). Inovasi Pendidikan: Pemanfaatan Media Sosial Dalam Konteks Pembelajaran Inovatif. 2.
Rusman. (2011). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Selwyn, Neil. (2011). Education and Technology Key Issues and Debates. India: Replika Press Pvt Ltd
Setiawan, A. (2020). Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Sudiman, A., dkk. (2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Rajagrafindo Persada.
Supriyanto. (2019). Tantangan Implementasi Teknologi dalam Pendidikan di Daerah Terpencil. Jurnal Penelitian Pendidikan.
Zulhafizh, Z. (2021). Peran dan Mutu Pelaksanaan Pembelajaran oleh Guru di Satuan Pendidikan Tingkat Atas. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 328-339.