EFEKTIVITAS PEMANFAATAN TEKNOLOGI BERBASIS CANVA SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN VISUAL DI ERA DIGITAL

Main Article Content

Calvin Gulo Hendiman Harapan Maruao Feberius Tafonao Pembaharuan Faomasi GuloPembaharuan Faom Riana Riana

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi penggunaan Canva sebagai alat bantu pembelajaran visual di kalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia semester 5. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan sampel 8 mahasiswa. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa merasa Canva mempermudah mereka dalam memahami materi, meskipun terdapat kendala dalam penggunaan fitur yang lebih kompleks. Penelitian ini merekomendasikan integrasi Canva dalam pembelajaran visual di perguruan tinggi untuk meningkatkan kreativitas dan pemahaman mahasiswa.

Article Details

How to Cite
[1]
C. Gulo, H. H. Maruao, F. Tafonao, P. F. G. Faom, and R. Riana, “EFEKTIVITAS PEMANFAATAN TEKNOLOGI BERBASIS CANVA SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN VISUAL DI ERA DIGITAL”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 500-504, Jan. 2025.
Section
Artikel

References

Bawamenewi, A., & Waruwu, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa melalui Transformasi Digital Berbasis E-Learning. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11739
Bates, T. (2015). Teaching in a Digital Age. Open Textbook.
Clark, R.C., & Lyons, C. (2011). Graphics for Learning: Proven Guidelines for Planning, Designing, and Evaluating Visuals in Training Materials. John Wiley & Sons.
Mayer, R. E. (2001). Multimedia Learning. Cambridge University Press.
Garrison, D. R., & Vaughan, N. D. (2008). Blended Learning in Higher Education: Framework, Principles, and Guidelines. Jossey-Bass.
Knight, S. L., & Glaser, C. (2012). The Role of Data Visualization in Data Analysis. In Proceedings of the 13th International Conference on Information Visualization (IV) (pp. 233-238). IEEE.
Sadler-Smith, E. (2016). Learning Styles: A Guide for Educators. In L. A. P. M. De Vries, R. H. M. Schenk, & E. Sadler-Smith (Eds.), Handbook of Research on Learning Styles (pp. 64-76). IGI Global.