EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) dalam mengembangkan kreativitas siswa. Kreativitas merupakan salah satu kompetensi esensial abad ke-21 yang perlu dikembangkan melalui pendekatan pembelajaran yang inovatif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes kreativitas yang melibatkan siswa sekolah menengah sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kreatif, meliputi aspek fluensi, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi. Selain itu, siswa menunjukkan antusiasme dan partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Temuan ini mengindikasikan bahwa model PjBL dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif untuk mendorong pengembangan kreativitas siswa. Penelitian ini merekomendasikan integrasi PjBL secara lebih luas dalam kurikulum pendidikan untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang relevan dengan tuntutan zaman.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235-266.
Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2006). Project-Based Learning. The Cambridge Handbook of the Learning Sciences, 317-333.
Blumenfeld, P. C., Soloway, E., Marx, R. W., Krajcik, J. S., Guzdial, M., & Palincsar, A. (1991). Motivating Project-Based Learning: Sustaining the Doing, Supporting the Learning. Educational Psychologist, 26(3-4), 369-398.
Buck Institute for Education. (2003). Project-Based Learning Handbook. Novato, CA: Buck Institute for Education.
Condliffe, B. (2017). Project-Based Learning: A Literature Review. Working Paper, MDRC.
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235-266.
Larmer, J., Mergendoller, J. R., & Boss, S. (2015). Setting the Standard for Project-Based Learning. Alexandria, VA: ASCD.
Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2006). Project-Based Learning. The Cambridge Handbook of the Learning Sciences, 317-333.
Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. San Rafael, CA: Autodesk Foundation.
Harmer, N. & Stokes, A. (2016). The Benefits and Challenges of Project-Based Learning: A Review of the Literature. Pedagogic Research Institute and Observatory (PedRIO), University of Plymouth.
Strobel, J., & van Barneveld, A. (2009). When Is PBL More Effective? A Meta-Synthesis of Meta-Analyses Comparing PBL to Conventional Classrooms. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 3(1), 44-58.