STRATEGI INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi Coaching Model Tirta sebagai Pendekatan inovatif dalam supervisi akademik bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan sekolah.. Melalui kajian literatur yang mendalam,. Studi ini juga menguraikan dampak positif Coaching Model Tirta terhadap pengembangan keterampilan guru, motivasi siswa, dan hasil belajar. Dengan mempertimbangkan berbagai aspek. Penelitian ini, memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya penerapan Coaching Model Tirta sebagai pendekatan inovatif untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. Metode penelitian ini melibatkan pendekatan kualitatif dengan desain menggunakan studi pustaka (library research) dengan menggunakan pengkajian terkait berbagai tulisan, baik berupa buku, jurnal, artikel, dan sumber lain yang sesuai, serta analisis dokumen terkait supervisi akademik. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan model coaching yang berfokus pada konteks supervisi akademik di sekolah. Temuan ini dapat memberikan panduan praktis bagi praktisi pendidikan, kepala sekolah, dan pengembang kebijakan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah melalui pendekatan supervisi yang inovatif.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Bawamenewi, A., & Waruwu, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa melalui Transformasi Digital Berbasis E-Learning. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11739
Hendriawati, R. (2019). Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/48532
Illahi, N. (2020). PERANAN GURU PROFESIONAL DALAM PENINGKATAN PRESTASI SISWA DAN MUTU PENDIDIKAN DI ERA MILENIAL. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1–20. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94
Pattah, S. H. (2014). LITERASI INFORMASI: PENINGKATAN KOMPETENSI INFORMASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN. 2(2).
Rafliyanto, M., & Mukhlis, F. (2023). PENGEMBANGAN INOVASI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LEMBAGA PENDIDIKAN FORMAL. Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam, 7(1), 121. https://doi.org/10.69552/tarbiyatuna.v7i1.1853
Rahmawati, S., & Nurachadija, K. (n.d.). Inovasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Strategi Mutu Pendidikan.
Rohmah, N. (2016). Inovasi Strategi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan PAI. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 24. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3313
Saiful Rizal, A. (2023). Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Era Digital. Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 14(1), 11–28. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i1.329
Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto, H. (2012a). STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH. Jurnal Sosial Humaniora, 5(2). https://doi.org/10.12962/j24433527.v5i2.619
Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto, H. (2012b). STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH. Jurnal Sosial Humaniora, 5(2). https://doi.org/10.12962/j24433527.v5i2.619
Silahuddin, S. (2015). Penerapan E-Learning dalam Inovasi Pendidikan. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1). https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.310
Solichin, A., Masdarto, M., Khasanah, M., Abbas, M., Ma’aruf, S., & Kusmawati, H. (2023). Inovasi Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan PAI. Journal on Education, 5(2), 3990–3998. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1104
Supriadi, D. (2017). Implementasi Manajemen Inovasi dan Kreatifitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. 1(2).
Tanggulungan, L., & Sihotang, H. (2023). Coaching Model Tirta dalam Supervisi Akademik: Strategi Inovatif untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. 7.
Trihariyanto, S., Supriyanto, E., Muthoifin, M., & ’Uyun, Z. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MEDIA POWERPOINT DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SDIT MUHAMMADIYAH SINAR FAJAR CAWAS DAN SD MUHAMMADIYAH PK BAYAT. Profetika: Jurnal Studi Islam, 21(1), 109–120. https://doi.org/10.23917/profetika.v21i1.11653
Warsah, I., & Nuzuar, N. (2018). ANALISIS INOVASI ADMINISTRASI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN (STUDI MAN REJANG LEBONG). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 16(3). https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i3.488.