DAMPAK ARTIFICIAL INTELLIGENCE ( AI ) DALAM PENDIDIKAN: PELUANG DAN TANTANGAN DI ERA DIGITAL
Main Article Content
Abstract
Kecerdasan buatan (AI) telah menjadi inovasi yang signifikan dalam dunia pendidikan, menawarkan berbagai peluang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan AI dalam pendidikan, dengan fokus pada pengalaman dan persepsi dosen serta mahasiswa di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Nias. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melibatkan observasi, wawancara mendalam, dan pengumpulan dokumentasi terkait penggunaan AI dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI berfungsi sebagai mitra dalam pembelajaran, meningkatkan kreativitas dan keterlibatan siswa, serta membantu dosen dalam menyusun materi ajar yang lebih adaptif. Meskipun demikian, tantangan seperti keandalan algoritma, isu etika dan privasi data, serta kesiapan pengajar dalam mengintegrasikan teknologi baru juga diidentifikasi. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa dengan pendekatan yang tepat dan dukungan yang memadai, institusi pendidikan dapat memanfaatkan AI untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan siswa menghadapi tantangan di masa depan. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan responsif terhadap kebutuhan siswa di era digital.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Biringkanae, P., & Bunahri, R. R. (2023). Literature Review Penggunaan Teknologi Kecerdasan Buatan dalam Penerbangan: Analisis Perkembangan Teknologi, Potensi Keamanan, dan Tantangan. 4(5).
Khodijah, I. S., Khodijah, A., Adawiyah, N., & Tabroni, I. (2021). Tantangan pendidikan karakter di era digital. 15(1).
Mahesa, F. (2023). KECERDASAN BUATAN DALAM PENDIDIKAN: PELUANG DAN TANTANGAN PEMANFAATANNYA UNTUK PERSONALISASI PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1.
Pongtambing, Y. S., Appa, F. E., Siddik, A. Muh. A., Sampetoding, E. A. M., Admawati, H., Purba, A. A., Sau, A., & Manapa, E. S. (2023). Peluang dan Tantangan Kecerdasan Buatan Bagi Generasi Muda. Bakti Sekawan : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 23–28. https://doi.org/10.35746/bakwan.v3i1.362
Regina Dwi Aulia, Shine Quinn Firdaus, Zaizafun Naura, & Nur Aini Rakhmawati. (2024). Analisis Pengaruh Penggunaan AI ChatGPT Terhadap Minat Baca Mahasiswa Sistem Informasi ITS. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(3), 01–11. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i3.3196
Ririh, K. R., Laili, N., Wicaksono, A., & Tsurayya, S. (2020). STUDI KOMPARASI DAN ANALISIS SWOT PADA IMPLEMENTASI KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) DI INDONESIA. Jurnal Teknik Industri, 15(2).
Rochmah, T. S. (2023). ANALISIS MEMBANGUN KETERLIBATAN DAN KOMUNIKASI GEN Z DENGAN KECERDASAN BUATAN DI PENDIDIKAN TINGGI. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 694–699. https://doi.org/10.55681/nusra.v4i3.1422
Saerang, H. M., Lembong, J. M., Sumual, S. D. M., & Tuerah, R. M. S. (2023). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru di Era Digital: Tantangan dan Peluang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 65–75. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i1.16555
Saragih, J. F. L., Faradilla, A. J., Nasution, R. A., Adelina, D. F., Pitaloka, D., Amelia, B., & Dongoran, D. (2024). Menutup Kesenjangan Digital: Studi tentang Meningkatkan Kehidupan UMKM Melalui Literasi Digital. 7(5).
Siti Masrichah. (2023). Ancaman Dan Peluang Artificial Intelligence (AI). Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 3(3), 83–101. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i3.1860
Susanto, E. (2023). ANALISIS IMPLEMENTASI KECERDASAN BUATAN DALAM PEMBELAJARAN.
Tangkearung, S. S., Palimbong, D. R., & Maramba’, S. (2024). Peran Kecerdasan Buatan dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Masa Depan. 7(1).