PENTINGNYA INOVASI TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI ERA DIGITAL
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi pendidikan berbasis teknologi terhadap motivasi dan keterampilan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia, mengkaji peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran berbasis teknologi dan bagaimana mereka dapat memanfaatkan inovasi untuk meningkatkan interaksi dengan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif dengan kajian kepustakaan (library research) dimana penelitian ini berusaha menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung saat ini atau saat yang lampau. Teknologi dalam pembelajaran menjadi solusi yang terbaik untuk membantu meningkatkan kualitas dalam pembelajaran. Penggunaan teknologi yang digunakan sebagai media, alat evaluasi, dan sumber dalam pembelajaran bahasa Indonesia menjadi hal yang bagus karena menjadi salah satu inovasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ambarwati, D. Udik, B.W. & Sri, S. Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 8(2).
Apriliana, D. (2022). Adaptasi Metode Pengajaran Dengan Integrasi Teknologi Di Era Digital. Yogyakarta:Edukasi.
Bawamenewi, A., & Waruwu, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa melalui Transformasi Digital Berbasis E-Learning. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11739
Elihami, E., & Saharuddin, S. (2018). Inovasi dalam Pendidikan Nonformal: Menuju Pendidikan Seumur Hidup yang Berkualitas. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 179-190.
Januszewski, A. (2008). Educational Technology: The Development of a Concept.
Educational Technology, 48(3), 24-30.
Kardika, S. (2023). Analisis Implementasi Teknologi Informasi Di Sektor Kesehatan Indonesia, 8(2), 123-135.
Kardika, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Teknologi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 15(1). 42-55.
Kurniawan, dkk. (2018). Penggunaan Teknologi Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Retensi Keterampilan Berbahasa. Yogyakarta:Pustaka Edukasi.
Mukarromah, E. (2017). Inovasi Pendidikan dalam Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikandan Kebudayaan, 23(4), 505-516.
Nisa, R. (2023). Penerapan Teknlologi Informasi Dalam Peningkatan Efesiensi Bisnis. Jakarta:IT Nasional.
Rusdiana. (2014). Konsep inovasi pendidikan. Konsep Inovasi Pendidikan, 43.
Susanti, E. (2013). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 123-128.
Oktaviani, R. (2019). Inovasi Teknologi Dalam Perencanaan Pemblajaran Kreatif. Jakarta:Pendidikan Maju.
Purba A, Alkausar S. (2023). Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan Bahasa Indonesia di Era Digital. Jurnal Penelitian. 3, 43- 52.
Purba, G. (2023). Inovasi Teknologi Dalam Era Digitalisas. Jakarta: Teknologi Indonesia.