INOVASI PEMBELAJARAN: MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN

Main Article Content

Ricardo Sondrara Lase Julman Happy Kurniawan Zega Eunike Noniterima Laowo Vebriang Hati Telaumbanua Yaredi Waruwu

Abstract

Integrasi teknologi dalam pendidikan sebenarnya sudah mulai diterapkan, terutama dengan meningkatnya penggunaan e-learning dan alat bantu digital lainnya namun pemanfaatannya masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis cara-cara integrasi teknologi dalam pembelajaran, mengidentifikasi jenis teknologi yang mendukung keterlibatan emosional, perilaku, dan kognitif siswa, serta mengkaji tantangan yang muncul dan merumuskan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Melalui pendekatan kualitatif dengan studi pustaka, ditemukan bahwa infrastruktur teknologi yang memadai, pelatihan guru yang berkelanjutan, dan metode pembelajaran yang variatif sangat berpengaruh terhadap keberhasilan integrasi teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan siswa dapat ditingkatkan melalui kolaborasi antara sekolah dan orang tua, serta evaluasi yang rutin terhadap penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Rekomendasi yang dihasilkan mencakup peningkatan akses dan ketersediaan teknologi, pengembangan program pelatihan guru dan penerapan metode pembelajaran yang beragam. Penting untuk menjalin komunikasi yang lebih baik antara sekolah dan orang tua, serta membangun jaringan dukungan di antara guru dan profesional di bidang teknologi pendidikan.

Article Details

How to Cite
[1]
R. S. Lase, J. H. Kurniawan Zega, E. N. Laowo, V. H. Telaumbanua, and Y. Waruwu, “INOVASI PEMBELAJARAN: MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 505-512, Jan. 2025.
Section
Artikel

References

Adelina, Y.S., & Lestari, N.S. (2023). Pemberdayaan Guru-guru Muda di SMP Mulia Hamparan Perak dalam Penerapan Teknologi Pendidikan di Era Digital. JURNALPENGABDIANKEPADAMASYARAKAT(JPKM), 60-66.
Adlini, M. D. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. EDUMASPUL Jurnal Pendidikan, 974-980.
Aisyah, N., & Faelasuf, F. (2024). Implementasi Kurikulum MerdekaDalam Proses Belajar Mengajar di SMP Negeri 1 Kaliorang. Al Amiyah: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 163-174.
Amelia, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era society 5.0 dalam Perspektid Manajemen Pendidikan. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan, 68-82.
Ananda, E.R., Irawan, W.H., & Abdussakir. (2024). Strategi Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Berhitung Matematika Melalui Penggunaan Game Edukasi Kartu Pintar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1238-1252.
Ardiansyah., Risnita., & Jailani, M.S (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1-9.
Azmi, M. M. (2024). Potensi Pemanfaatan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Di Era Digital. JDPP: Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 211–226.
Bawamenewi, A., & Waruwu, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa melalui Transformasi Digital Berbasis E-Learning. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11739
Bastian, A. M. (2023). Seminar Nasional Pendidikan TentangDigitalisasi Pendidikan dan Tantangan Bagi Guru Riau dan Kepri . HARMONI MASYARAKAT , 31-42.
Gusteti, M. (2024). Era Digital dalam Kelas Matematika: Menggabungkan Teknologi dengan Alat Peraga Tradisional. Indonesia: Mega Press Nusantara,.
Ibrahim, M. R. (2024). Evaluasi Keterlibatan Siswa dalam Lingkungan Pembelajaran Daring: Tinjauan Sistematis Literatur. Ulul Albab Majalah Universitas Muhammadiyah Mataram, 112-125.
Kase, E. (2024). Implementasi Teknologi Pendidikan dalam Peningkatan Kualitas Pengajaran Guru Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 8378-8385.
Lasaiba, I. (2023). Menggugah Kesadaran Ekologis: Pendekatan Biologi Untuk Pendidikan Berkelanjutan. Jendela Pengetahuan, 143-163.
Patodingan, L. J. (2024). Kepemimpinan Berkelanjutan dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan di Era Digital. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 447-462.
Prabowo, A.B., Sutiarso, S., & Yumiati. (2023). Penerapan Pembelajaran Example-Non Example Dengan Media Alat Peraga Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Habits of Mind Siswa. Journal on Education, 9573-9582.
Rafliyanto, M. & & Mukhlis, F. (2023). Pengembangan Inovasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Lembaga Pendidikan Formal. Jurnal Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam, 121-142.
Redhana, I. (2024). LITERASI DIGITAL: PEDOMAN MENGHADAPI SOCIETY 5.0. Indonesia: Samudra Biru.
Rohani, R. (2024). Penggunaan Teknologi Digital dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 28-39.
Sanulita, H. S. (2024). Strategi Pembelajaran : Teori & Metode Pembelajaran Efektif. Indonesia: PT. Sonpedia Publishing.
Setiawan, Z. P. (2023). PENDIDIKAN MULTIMEDIA : Konsep dan Aplikasi pada era revolusi industri 4.0 menuju society 5.0. Indonesia: PT. Sonpedia Publishing.
Srimulyani. (2023). Menggunakan Teknik Gamifikasi untuk Meningkatkan Pembelajaran dan Keterlibatan Siswa di Kelas. EDUCARE: Jurnal Pendidikan dan Kesehatan, 29-35.
Sundari, E. (2024). Transformasi Pembelajaran di Era Digital: Mengintegrasikan Teknologi Dalam Pendidikan Modern. Cendekia Pendidikan, 50-54.
Wibowo, H. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran : Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Indonesia: Tiram Media.
Yasin, M. J. (2024). Model Pembelajaran Berbasis Teknologi : Teori dan Implementasi. Indonesia: PT. Green Pustaka.