INOVASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN WORDWALL MEMBANGUN KOLABORASI YANG KREATIF ANTARA GURU DAN SISWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana penggunaan aplikasi Wordwall dapat meningkatkan kolaborasi dan interaksi dalam proses pembelajaran di sekolah menengah pertama. Dengan pendekatan kualitatif dan metode saintifik, penelitian ini melibatkan guru dan siswa sebagai subjek untuk memahami pengalaman mereka dalam menggunakan Wordwall. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara semi-terstruktur, observasi langsung, dan dokumentasi rencana pelajaran serta hasil kerja siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 80% siswa merasa lebih terlibat dan termotivasi dalam pembelajaran saat menggunakan Wordwall. Selain itu, guru melaporkan peningkatan kemudahan dalam menyampaikan materi, serta adanya interaksi positif di antara siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Wordwall tidak hanya memperkaya pengalaman belajar, tetapi juga memfasilitasi kolaborasi yang kreatif di dalam kelas. Temuan ini memberikan rekomendasi penting bagi praktik pendidikan, mendorong integrasi teknologi dalam pembelajaran untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih inovatif dan kolaboratif.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ary, D., t al. 2022. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Cengage Learning.
Creswell, J. W. 2020. Desain Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Los Angeles: SAGE Publications.
Bawamenewi, A., & Waruwu, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa melalui Transformasi Digital Berbasis E-Learning. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11739
Davis, L. 2024. Membangun Keterlibatan Siswa dengan Teknologi. Surabaya: Penerbit Mandiri.
Dinda Oktavua Pratiwi. 2022. Inovasi dalam Pembelajaran Digital. Jakarta: Penerbit Edukasi.
Garrison, D. R., & Anderson, T. 2020. E-Learning di Abad 21 Kerangka Komunitas Penyelidikan untuk Pembelajaran Daring. New York: Routledge.
Hancock, D. R., et al. 2020. Buku Panduan Penelitian tentang Kepemimpinan Pendidikan untuk Kesetaraan dan Keragaman. Hershey, PA: IGI Global.
Hapsari, D., & Pamungkas, A. 2019. Desain Media Pembelajaran yang Efektif. Yogyakarta: Penerbit Pendidikan.
Johnson, A., Smith, B., & Brown, C. 2023. Inovasi Pembelajaran di Era Digital. Jakarta: Penerbit Edukasi.
Mayer, R. E. 2020. Pembelajaran dan Instruksi. New York: Pearson.
Schwab, Klaus. 2016. Revolusi Industri Keempat. New York: Crown Business.
Smith, J. 2023. Strategi Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: Penerbit Ilmu.
Aulia, R., & Sari, D. (2021). Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa di Kelas. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(2), 123-130.
Budi, S., & Rahmawati, N. (2020). Inovasi Pembelajaran dengan Wordwall: Membangun Kolaborasi Antara Guru dan Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 3(1), 45-58.
Cahyani, R., & Setiawan, A. (2022). Efektivitas Wordwall dalam Pembelajaran Interaktif di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(3), 201-210.
Dewi, L., & Prasetyo, E. (2019). Wordwall sebagai Alat Pembelajaran Kreatif: Studi Kasus di Kelas Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Kreatif, 4(4), 89-97.
Fitria, Y., & Hidayati, S. (2023). Meningkatkan Kolaborasi Siswa Melalui Penggunaan Wordwall dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 75-82.