PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA: SEBUAH STUDI INTEGRASI NILAI

Main Article Content

Yarman Zega Otiani Gea Nenni Elsandayani Gulo Netaneli Gulo Yanida Bu’ulolo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran daring dan dampaknya terhadap perkembangan karakter siswa. Dengan semakin meningkatnya penggunaan teknologi dalam pendidikan, penting untuk memastikan bahwa nilai-nilai karakter tetap menjadi bagian integral dari proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan meliputi survei, wawancara, dan observasi, yang melibatkan pendidik dan siswa di berbagai institusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun kurikulum daring telah mencakup nilai-nilai karakter, implementasinya bervariasi. Metode pengajaran kolaboratif terbukti efektif dalam membangun karakter, sementara interaksi sosial yang aktif antara siswa mendukung pengembangan karakter positif. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan akses teknologi, hasil menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai karakter dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan sistem penilaian yang lebih holistik dan dukungan bagi pendidik untuk meningkatkan efektivitas integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran daring. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan pentingnya membangun karakter siswa melalui pendekatan yang terintegrasi dalam konteks pendidikan daring.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Zega, O. Gea, N. E. Gulo, N. Gulo, and Y. Bu’ulolo, “PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA: SEBUAH STUDI INTEGRASI NILAI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 579-582, Jan. 2025.
Section
Artikel

References

Eisner, E. W. (2019). The educational imagination: On the design and evaluation of school programs.
Pritchard, A. (2019). Teaching character: A framework for educators. Routledge.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2019). Joining together: Group theory and group skills.
Fatimah, I. (2023). Pengembangan budaya literasi digital di SMP. Jurnal Basicedu, 7(6), 1234-1245.
Maruki. (2024). Integrasi nilai-nilai Islam dalam pendidikan karakter di era digital. KAIPI: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.62070/kaipi.v2i1.28
Santoso, B. (2022). Integrasi budaya lokal dalam pembelajaran daring: Membangun identitas dan karakter siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 15(2), 75-85.
Eryandi, A. (2023). Integrasi nilai-nilai keislaman dalam pendidikan karakter di era digital. KAIPI: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 1(1), 12-16. https://doi.org/10.62070/kaipi.v1i1.27
Hollandsworth, R., Dowdy, L., & Donovan, A. (2017). Pentingnya kewarganegaraan digital dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 50-56.
Al-Farisi, F. (2022). Media sosial dan pendidikan karakter: Pemanfaatan teknologi untuk membangun karakter siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 30-40.
Mardiana, L. (2023). Membangun karakter melalui penilaian: Pendekatan komprehensif dalam pendidikan daring. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(3), 45-56. https://doi.org/10.62070/jp.v9i3.45