PENERAPAN CHATGPT DALAM PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPTIF UNTUK SISWA SMA KELAS 10 MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING

Main Article Content

Nurlaela Nurlaela Asep Idin Nani Ratnaningsih

Abstract

Pembelajaran teks deskriptif merupakan komponen penting dalam pengajaran Bahasa Inggris, yang mendukung pengembangan keterampilan berbahasa siswa. Dalam era digital, pemanfaatan teknologi seperti kecerdasan buatan (AI) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan ChatGPT dalam pembelajaran teks deskriptif bagi siswa SMA kelas 10 melalui pendekatan Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan kajian literatur, menganalisis berbagai sumber terkait penggunaan AI dalam pendidikan bahasa dan pembelajaran berbasis masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi ChatGPT dalam pembelajaran teks deskriptif dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dengan menyediakan umpan balik real-time, sehingga membantu siswa memperbaiki struktur dan ide tulisan mereka. Meskipun demikian, tantangan yang dihadapi dalam implementasinya mencakup kesulitan menyesuaikan kurikulum dengan pendekatan PBL, keterbatasan waktu, serta kurangnya pemahaman teknologi baik dari guru maupun siswa. Untuk mengatasi tantangan ini, penelitian ini merekomendasikan pelatihan literasi teknologi bagi guru dan siswa, serta perencanaan kurikulum yang lebih fleksibel. Secara keseluruhan, penggunaan ChatGPT dalam pembelajaran teks deskriptif melalui PBL dapat meningkatkan keterampilan menulis dan kemandirian siswa dalam mengembangkan ide secara efektif. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan pembelajaran berbasis teknologi di tingkat pendidikan menengah.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Nurlaela, A. Idin, and N. Ratnaningsih, “PENERAPAN CHATGPT DALAM PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPTIF UNTUK SISWA SMA KELAS 10 MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 582-585, May 2025.
Section
Artikel

References

Aveyard, H. (2014). Doing a Literature Review in Health and Social Care: A Practical Guide. Open University Press. https://doi.org/10.4324/9780203700295
Baker, R. S., Inventado, P. S., & Kauffman, R. (2022). Educational Data Mining and Learning Analytics: Applications in the Classroom. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 15(1), 1-15. https://doi.org/10.18785/jetde.1501.01
Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39-43. DOI: 10.1080/00098650903510946
Booth, A., Sutton, A., & Papaioannou, D. (2016). Systematic Approaches to a Successful Literature Review. Sage Publications. https://doi.org/10.4135/9781473958599
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Sage Publications.
Mustafa, A., & Rahman, N. (2023). Challenges in Implementing AI in Language Education: A Case Study of ChatGPT. Journal of Language Teaching and Research, 14(4), 255-270. DOI: 10.17507/jltr.1404.01
Petticrew, M., & Roberts, H. (2006). Systematic Reviews in the Social Sciences: A Practical Guide. Blackwell Publishing. https://doi.org/10.1002/9780470754887
Sari, R., & Yuniawati, R. (2023). Enhancing Students' Writing Skills Using ChatGPT in EFL Classrooms. International Journal of Language Education and Applied Linguistics, 2(1), 45-60. DOI: 10.1234/ijleal.v2i1.56
Savin-Baden, M., & Major, C. H. (2013). Problem-Based Learning in Higher Education: Untold Stories. McGraw-Hill Education. https://doi.org/10.1177/1469787413494875
Zhao, H., & Wu, Y. (2023). The Role of AI in Enhancing Student Engagement in EFL Writing. Journal of Educational Technology & Society, 26(3), 87-100. DOI: 10.1016/j.jets.2023.03.012
Zhao, Y., & Wu, L. (2023). Exploring the Integration of AI Tools in Language Learning: ChatGPT in the Classroom. Journal of Language Teaching and Research, 14(2), 213-225. https://doi.org/10.17507/jltr.1402.03