PENGARUH DIMENSI TEMPERAMEN PADA MOTIVASI BELAJAR ANAK YANG BELAJAR DARI RUMAH

Main Article Content

Sri Mulati Abdullah Narastri Insan Utami Malida Fatimah

Abstract

Pandemi Covid-19 telah membuat banyak perubahan di berbagai sektor, termasuk sektor pendidikan. Anak-anak harus belajar di rumah dengan didampingi oleh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh temperamen anak terhadap motivasi belajar anak di masa pandemi. Metode penelitian ini adalah kuantitatif, dimana responden diminta untuk mengisi dua skala, yaitu skala tipe temperamen dan skala motivasi belajar. Responden berjumlah 91 orang ibu yang memiliki anak usia sekolah dasar. Analisis data menggunakan uji regresi linier. Hasil penelitian ini menyatakan (1) Terdapat pengaruh temperamen terhadap motivasi belajar pada anak sekolah dasar di masa pandemi dengan kontribusi sebesar 51,8%, (2) Terdapat pengaruh dimensi temperamen activity terhadap motivasi belajar pada anak sekolah dasar di masa pandemi dengan kontribusi sebesar 34,4%, (3) Terdapat pengaruh dimensi temperamen negative reactivity terhadap motivasi belajar pada anak sekolah dasar di masa pandemi dengan kontribusi sebesar 5%, (4) Terdapat pengaruh dimensi temperamen task persistence terhadap motivasi belajar pada anak sekolah dasar di masa pandemi, dengan kontribusi sebesar 54%, (5) Tidak terdapat pengaruh dimensi temperamen approach terhadap motivasi belajar pada anak sekolah dasar di masa pandemi, dengan kontribusi sebesar 0,1%.

Article Details

How to Cite
[1]
S. M. Abdullah, N. Utami, and M. Fatimah, “PENGARUH DIMENSI TEMPERAMEN PADA MOTIVASI BELAJAR ANAK YANG BELAJAR DARI RUMAH”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 588-592, Jan. 2025.
Section
Artikel

References

Adityawan, P. (2013). Hubungan Tipe Kepribadian Berdasarkan Temperamen Dengan Tingkat Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 02(01), 3543.
Ann Sealy, M., Moritz Rudasill, K., S. Barrett, J., Eum, J., Adams, N., Hinrichs, A., & McClowry, S. (2021). Temperament in the Early Elementary Classroom: Implications for Practice. IntechOpen. doi: 10.5772/intechopen.96270
Asril, C. M., Suburan, M. H., Renaldy, R., & Wulandari, W. (2021). Dampak Covid-19 Pada Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 1 Anggeraja. Journal Lepa-Lepa Open, 1(2), 312–319. https://ojs.unm.ac.id/JLLO/article/view/17492
Badan Pusat Statistik. (2020). Hasil Survei Sosial Demografi Dampak Covid-19. In bps.go.id.
McClowry, S. G., Halverson, C. F., & Sanson, A. (2003). A Re-Examination of the Validity and Reliability of the School-Age Temperament Inventory. Nursing Research, 52(3), 176-182.
McClowry, S. G., Rodriguez, E. T., & Koslowitz, R. (2008). Temperament-Based Intervention: Re-examining Goodness of Fit. Eur J Dev Sci, 2, 120-135.
Nurnafisa, S. (n.d.). Toddler&PraSekolah. Retrieved from theAsianparentindonesia: http://id.asianparent.com
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Rizal, M. N., & Candra, N. P. (2020, September 22). Inspirasi GSM. Retrieved from Gerakan Sekolah Menyenangkan: http:/sekolahmenyenangkan.org
Santrock, J. W. (2012). Life-Span Development. Perkembangan Masa Hidup Edisi ke-13 Jilid I. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265