PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran picture and picture terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMK Negeri 4 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK Negeri 4 Padangsidimpuan dengan jumlah 129 siswa dan sampel diambil dengan menggunakan teknik sampel ordinal dengan jumlah 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes unjuk kerja. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) nilai rata-rata penerapan model pembelajaran picture and picture 3,59 (kategori sangat baik), 2) nilai rata-rata tes unjuk kerja sebelum penerapan model pembelajaran picture and picture adalah 66,21 (kategori cukup), dan rata-rata tes unjuk kerja sesudah penerapan model pembelajaran picture and picture adalah 76,25 (kategori baik), dan 3) hasil paired sampel t-test menunjukkan sig. (2 tailed) lebih kecil dari 0,005 (0,000<0,05). Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran picture and picture terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMK Negeri 4 Padangsidimpuan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Bungin, Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Ramawangun.
Endriani, Ani., dkk. 2020. Pengaruh Bimbingan Sosial Terhadap Kemandirian. Journal Visionari. Volume 9 Nomor 1; 10-19.
Kuraedah, St., & Saliadin, La. 2016. Penerapan Metode Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V B di MIN Konawe Selatan Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal Al-Ta’dib. Volume 9 Nomor 1; 144-161.
Liando, Mayske, Rinny., dkk. 2022. Penerapan Model Picture and Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Gambar Bercerita Peserta Didik Kelas V SDN 1 Srirande. Jurnal Pendidikan Mandala. Volume 7 Nomor 3; 615-622.
Priyatni, Endah, Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta; Bumi Aksara.
Rahanra, Roy, Marthen. 2020. Pengaruh Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Dengan Media Gambar Pada Pokok Bahasa Sistim Pencernaan Di Kelas X SMA PGRI SERUI Propinsi Papua. Biolearning Journal. Volume 7 Nomor 2; 56-60.
Sari, Ade, Novita, Nuraidah. 2020. Cara Mudah Memahami Teks Prosedur. Guepedia.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta CV; Bandung.
Suryani., & Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif. Jakarta; Prenamedia Group.
Susanti, Putu, Ari., & Nyoman, Kusmariyani, Ni. 2017. Penerapan Model Picture And Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA. Volume 1 Nomor 2; 99-106