PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MARANCAR

Main Article Content

Saulina Harahap Ilham Sahdi Lubis Anni Rahimah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran concept sentence terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Marancar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan metode eksperimen, dimana metode eksperimen merupakan metode yang digunakan oleh peneliti untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap dampaknya. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) nilai rata-rata model pembelajaran concept Sentence 3,6 (kategori sangat baik), 2) nilai rata-rata keterampilan menulis puisi pada siswa sebelum menggunakan model pembelajaran concept sentence adalah 63,8 (kategori cukup), dan rata-rata keterampilan menulis puisi pada siswa sesudah mrnggunakan model pembelajaran concept sentence adalah 80 (kategori sangat baik), dan 3) menenntukan nilai T-tabel, dk = N – 1 = 18 – 1 = 17. T-tabel = 1.73961, maka diperoleh nilai T-hitung > T-tabel yaitu 18,651731964169 (1.73961 >18,651731964169).  Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran concept sentence terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Marancar.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Harahap, I. S. Lubis, and A. Rahimah, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MARANCAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 299-305, Jan. 2025.
Section
Artikel

References

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jl. Matram raya No. 148 jakarta 13150. PT RINEKA CIPTA.
Cahyono, Y. D. (2015). E-learning (EDMODO)
Priadana, S. & Sunarsi, D., (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Jl. Garuda B 30 Rt 1 Rw 12 Cipayung, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan. Pascal Books.
Sawaluddin, S., & Muhammad, S. (2020). Langkah-Langkah Dan Teknik Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal PTK dan pendidikan, 6(1).
Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods). Jl. Gegerkalong hilir No. 84 bandung. ALFABETA.
Syahrum dan Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jl. Cisitu Lama III No. 24 A Bandung 20135. Citapustaka Media.