MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DALAM IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
Main Article Content
Abstract
Menumbuhkan jiwa kewirausahaan melalui kegiatan kokurikuler bagi pelajar SMP Negeri 1 Sukamulia sangat dibutuhkan sebagai modal dan bekal dalam hidup bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan pelajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data yang dikumpulkan menggunakan wawancara, dokumentasi dan literasi jurnal terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan penguatan proyek profil pelajar pancasila mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan pelajar SMP Negeri 1 Sukamulia.
Article Details
How to Cite
[1]
H. Khotimah and E. Emawati, “MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DALAM IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 88-92, May 2025.
Section
Artikel

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
B. Hikmah Widiawati, Wawancara Kepala Sekolah, 12 Oktober 2024
Cheung, C. K. (2008). Entrepreneurship education in Hong Kong’s secondary curriculum: Possibilities and limitations. Education and Training, 50(6), 500–515. https://doi.org/10.1108/004009 10810901827
Hendrawan, J. S., & Sirine, H. “Pengaruh sikap mandiri, motivasi, pengetahuan kewirausahaan terhdap minat berwirausaha”, dalam Asian Jurnal of Innovation and Entrepreneurship, 2. 3,2017.
https://guru.kemdikbud.go.id/.Pengertian profil siswa pancasila, diakses tanggal 2 Januari 2023
Iwu, C. G.,dkk. (2019). Entrepreneurship education, curriculum and lecturer-competency as antecedents of student entrepreneurial intention. International Journal of Management Education, 19(1), 100295. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2 019.03.007
Kebudayaan, K. P. D., DINI, D. J. P. A. U., & Pendidikan Dasar, D. P. M. (2021). SK Dirjen Penetapan Program Sekolah Penggerak.https://penggeraksimpkb.s3.apsoutheast1.amazonaws.com/portalprogramsekolahpenggerak/wpcontent/uploads/2021/08/04102822/SKDirjen-Penetapan-Prog-SP.pdf.
Kemendikbudristek. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2021)
Kemendikbudristek, Buku Panduan Buku Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil siswa Pancasila-Jenjang pendidikan Dasar dan menengah, (Jakarta: Badan Penelitian dan Pengenbangan, Perbukuan, 2021)
Lilis Lismaya, Berpikir Kritis dan Problem Based Learning, (Jakarta: Media Sahbat Cendekia, 2019)
Nanda, Wawancara siswi SMPN 1 Sukamulia 27 Oktober 2024
Pablo, Kreatif Adalah Koenci: Panduan Hidup Asyik Ala Manusia Kekinian, (Jakarta: Trans Idea Publishing, 2018)
Permendikbud No. 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024
Sadewa, M. A. (2022). Meninjau kurikulum prototipe melalui pendekatan integrasi interkoneksi Prof M Amin Abdullah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1) 266-280. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/3560
Sumarni, Wawancara Waka Kurikulum, 26 Oktober 2024
Sutinah, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Yogyakarta: Suka press, 2020)
Syihab, Alwi, Islam dan Khebinekaan. (Jakarta: Gramedia Pustaka Media, 2019)
Ummdatul Hanni,Wawancara Fasilitator P5, 26 Oktober 2024
Vina Serevina, Fundamentals Of Education-Pentingnya Memahami Landasan Ilmu Pendidikan, (Jakarta: PT. Elex Media, 2021)
Wahyu Widayati dkk, Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa, (Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan, 2020).
Wibowo, W. (2020). Kewirausahaan Pancasila: Suatu Tinjauan Kebijakan Ekonomi Pemerintah, Ekonomi Kerakyatan Yang Mandiri, Dan Orientasi Pendidikan Kewirausahaan Pancasila.
Cheung, C. K. (2008). Entrepreneurship education in Hong Kong’s secondary curriculum: Possibilities and limitations. Education and Training, 50(6), 500–515. https://doi.org/10.1108/004009 10810901827
Hendrawan, J. S., & Sirine, H. “Pengaruh sikap mandiri, motivasi, pengetahuan kewirausahaan terhdap minat berwirausaha”, dalam Asian Jurnal of Innovation and Entrepreneurship, 2. 3,2017.
https://guru.kemdikbud.go.id/.Pengertian profil siswa pancasila, diakses tanggal 2 Januari 2023
Iwu, C. G.,dkk. (2019). Entrepreneurship education, curriculum and lecturer-competency as antecedents of student entrepreneurial intention. International Journal of Management Education, 19(1), 100295. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2 019.03.007
Kebudayaan, K. P. D., DINI, D. J. P. A. U., & Pendidikan Dasar, D. P. M. (2021). SK Dirjen Penetapan Program Sekolah Penggerak.https://penggeraksimpkb.s3.apsoutheast1.amazonaws.com/portalprogramsekolahpenggerak/wpcontent/uploads/2021/08/04102822/SKDirjen-Penetapan-Prog-SP.pdf.
Kemendikbudristek. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2021)
Kemendikbudristek, Buku Panduan Buku Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil siswa Pancasila-Jenjang pendidikan Dasar dan menengah, (Jakarta: Badan Penelitian dan Pengenbangan, Perbukuan, 2021)
Lilis Lismaya, Berpikir Kritis dan Problem Based Learning, (Jakarta: Media Sahbat Cendekia, 2019)
Nanda, Wawancara siswi SMPN 1 Sukamulia 27 Oktober 2024
Pablo, Kreatif Adalah Koenci: Panduan Hidup Asyik Ala Manusia Kekinian, (Jakarta: Trans Idea Publishing, 2018)
Permendikbud No. 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024
Sadewa, M. A. (2022). Meninjau kurikulum prototipe melalui pendekatan integrasi interkoneksi Prof M Amin Abdullah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1) 266-280. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/3560
Sumarni, Wawancara Waka Kurikulum, 26 Oktober 2024
Sutinah, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Yogyakarta: Suka press, 2020)
Syihab, Alwi, Islam dan Khebinekaan. (Jakarta: Gramedia Pustaka Media, 2019)
Ummdatul Hanni,Wawancara Fasilitator P5, 26 Oktober 2024
Vina Serevina, Fundamentals Of Education-Pentingnya Memahami Landasan Ilmu Pendidikan, (Jakarta: PT. Elex Media, 2021)
Wahyu Widayati dkk, Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa, (Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan, 2020).
Wibowo, W. (2020). Kewirausahaan Pancasila: Suatu Tinjauan Kebijakan Ekonomi Pemerintah, Ekonomi Kerakyatan Yang Mandiri, Dan Orientasi Pendidikan Kewirausahaan Pancasila.