ANALISIS HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL HOTS MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU PEKANBARU
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan High Order Thinking Skills (HOTS) siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika berbasis HOTS di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Pekanbaru. HOTS mencakup keterampilan analisis, evaluasi, dan kreasi yang esensial dalam pembelajaran matematika dan merupakan bagian dari kompetensi abad ke-21 yang perlu dikuasai siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, di mana data diperoleh melalui tes berbasis HOTS, wawancara semi-terstruktur, dan observasi proses pembelajaran. Populasi penelitian adalah siswa kelas V di beberapa SDIT Pekanbaru, dengan sampel yang dipilih secara purposif. Instrumen penelitian meliputi soal-soal matematika berbasis HOTS yang dirancang untuk mengukur kemampuan siswa dalam berpikir kritis dan kreatif, serta pedoman wawancara untuk menggali faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan mereka. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kemampuan analisis yang cukup baik, namun mengalami kesulitan dalam evaluasi dan kreasi solusi yang inovatif. Hambatan utama yang ditemukan adalah kurangnya pemahaman mendalam terhadap konsep matematika dan minimnya pengalaman dalam menghadapi soal non-rutin. Faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan HOTS siswa meliputi kualitas pembelajaran di kelas, keterlibatan guru dalam memberikan latihan soal berbasis HOTS, serta dukungan dari lingkungan keluarga dan sekolah. Berdasarkan temuan ini, penelitian merekomendasikan pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif, seperti penggunaan pendekatan berbasis proyek dan integrasi teknologi, untuk meningkatkan kemampuan HOTS siswa secara menyeluruh. Selain itu, penting bagi guru untuk mendapatkan pelatihan terkait penyusunan dan implementasi soal-soal berbasis HOTS dalam pembelajaran.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Azhary, L., & Ratmanida. (2021). The Implementation of 21st Century Skills (Communication, Collaboration, Creativity and Critical Thinking) in English Lesson Plan at MTsN 6 Agam. Journal of English Language Teaching, 10(4), 608–623. https://doi.org/10.24036/jelt.v9i4.114944
Barr, R. B., & Tagg, J. (1995). From Teaching to Learning — A New Paradigm For Undergraduate Education . Change: The Magazine of Higher Learning, 27(6), 12–26. https://doi.org/10.1080/00091383.1995.10544672
Damaianti, V. S., Abidin, Y., & Rahma, R. (2020). Higher order thinking skills-based reading literacy assessment instrument: An Indonesian context. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 10(2), 513–525. https://doi.org/10.17509/ijal.v10i2.28600
Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). (2012). Strategi dan model pembelajaran: Mengajarkan konten dan keterampilan berfikir. Indeks.
Feriyanto, F., & Putri, R. O. E. (2020). Developing Mathematics Module Based on Literacy and Higher Order Thinking Skills (HOTS) Questions to Train Critical Thinking Ability of High School Students in Mojokerto. Journal of Physics: Conference Series, 1594(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1594/1/012014
Goodson, L., & Rohani, F. (1998). Higher Order Thinking Skills • Definition • Teaching Strategies • Assessment. Thinking, 18, 458.
Harmin, M., & Toth, M. (2012). pembelajaran aktif yang menginspirasi : Buku pegangan lengkap untuk guru masa kini. Indeks.
Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP di Kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA. In Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (Vol. 20, Issue 2, pp. 142–155). https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.8058
Kwangmuang, P., Jarutkamolpong, S., Sangboonraung, W., & Daungtod, S. (2021). The development of learning innovation to enhance higher order thinking skills for students in Thailand junior high schools. Heliyon, 7(6). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07309
Mitani, H. (2021). Test Score Gaps in Higher Order Thinking Skills: Exploring Instructional Practices to Improve the Skills and Narrow the Gaps. AERA Open, 7(1). https://doi.org/10.1177/23328584211016470
Miterianifa, M., Ashadi, A., Saputro, S., & Suciati, S. (2021). Higher Order Thinking Skills in the 21st Century: Critical Thinking. https://doi.org/10.4108/eai.30-11-2020.2303766
Sa’adah Jamaluddin, N., Abdul Kadir, S., Abdullah, A., & Noormi Alias, S. (2020). Learning strategy and higher order thinking skills of students in accounting studies: Correlation and regression analysis. Universal Journal of Educational Research, 8(3 3C), 85–90. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081610
Saputra, H. (2016). Pengembangan mutu pendidikan menuju era global : penguatan mutu pembelajaran dengan penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Smile`s Publishing.
Widiatsih, A., Wardani, D. A. R., Royhana, U., Djamali, F., & Septory, B. J. (2020). The development of mathematical problem based on Higher Order Thinking Skill (HOTS) on comparative material by implementing PBL and its effect on the teacher’s creative thinking skill. Journal of Physics: Conference Series, 1538(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1538/1/012110
Widodo, T., & Kadarwati, S. (2013). Higher order thinking berbasis pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar berorientasi pembentukan karakter siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1), 161–171.
Wilson, L. O. (2016). Blooms Taxonomy Revised - Understanding the New Version of Bloom’s Taxonomy. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives, 1(1), 1–8.
Yurniwati, & Soleh, D. A. (2020). The effectiveness of computer-based problem solving to improve higher order thinking skills on prospective teachers. International Journal of Instruction, 13(2), 393–406. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13227a