IMPLEMENTASI MEDIA WAYANG KERTAS DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS BERBAHASA JAWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan guna menganalisis tantangan dan dampak dari implementasi media wayang kertas dalam pembelajaran membaca teks berbahasa Jawa. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan datanya menerapkan teknik observasi dan wawancara. Subyek penelitian yaitu mahasiswa Pendidikan Bahasa Jawa, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasi sumber data dan metode. Pendekatan analisis interaktif Miles, Huberman, dan Saldana ialah metode yang diterapkan guna analisis data; termasuk aktivitas kondensasi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media wayang kertas dalam pembelajaran membaca teks berbahasa memberikan dampak yang positif, yaitu memudahkan mahasiswa dalam memahami cerita dan tokoh wayang melalui unsur audio, visual, dan kinestetik, meningkatkan kreativitas, membangun kerjasama tim, dan melatih kepercayaan diri melalui kegiatan public speaking.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aly, M. (2021). PETA PIKIRAN SEBAGAI APERSEPSI DARI ABSTRAK KE KONKRET MENUJU KEBERMAKNAAN BELAJAR. BASA, 1(1).
Daherman, Y., & Moekahar, F. (2021). Pengaruh Metode Storytelling terhadap Kemampuan Public Speaking Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi di Kota Pekanbaru. Jurnal Riset Komunikasi, 4(2), 313–328.
Farroh, K., Nugraha, E., & Farhurohman, O. (2022). PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KARTUN MELALUI MODEL PAIRED STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN. Primary, Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 14(1).
Glesne, C. (2016). Becoming Qualitative Researchers : An Introduction (Fifth edition). Pearson.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.
Lailiyah, M., & Wathon, A. (2019). Pembelajaran Berbasis Pengalaman Nyata Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Sistem Informasi Manajemen, 2(2).
Latif, Y. A., Pahrun, R., & Monoarfa, F. (2024). PENERAPAN MEDIA KARTU CERITA (KARI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PESERTA DIDIK. Damhil Education Journal, 4(2).
Mardhina, A. (2022). Komik Online Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Wayang Di Era Digital. Jisabda Jurnal Ilmiah Sastra Dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya, 4(1), 2715–6281.
Marshall, C., & Rossman, G. B. (2016). Designing Qualitative Research, Sixth Edition. SAGE Publications.
Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2016). Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation (Fourth edition). Jossey-Bass.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (Edition 3). SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi revisi). PT Remaja Rosdakarya.
Novitasari, S. A. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek di Luar Kelas: Memperkuat Keterlibatan Siswa Melalui Pembelajaran di Komunitas Lokal. Jurnal Pendidikan West Science, 1(4).
Nurrahmah, A., Rochmad, & Isnarto. (2021). Kemampuan Berpikir Abstraksi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Matematika ditinjau dari Gaya Belajar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 67–74.
Pamungkas, A. S., Rukhmana, T., Zahlimar, Z., Kadirun, K., Zaini Dahlan, M., & Wardany, K. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Journal on Education, 6(4), 19647–19656. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5991
Pattipeilohy, V., & Wijaya, F. (2020). Implementasi Model Collaborative Learning: Sebagai Landasan Untuk Membangun Ketrampilan Sosial Dan Keaktifan Mahasiswa. JURNAL MANEKSI, 9(1).
Purwadi, A. J., Yulistio, D., & Kurniawan, R. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa melalui Praktik Berpidato dan Praktik Bercerita Menggunakan Video Pembelajaran Praktik Berbicara. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(2). https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i2.1480
Purwita, D. G. (2019, February). NGEDUM KARANG, JAJAR WAYANG, CERAKI: Membedah Kerja Desain Pada Seni Lukis Wayang Kamasan.
Putri, N., Butarbutar, M. I., Sinulingga, S. A., Marpaung, J. R., & Harahap, R. M. (2023). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1).
Ridwan, I. M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Journal of Teaching and Learning, 4(1).
Rosyidah, W. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Youtube Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Daya Ingat Mahasiswa Pada Mata Kuliah Istima’ Program Studi Pendidikan Bahasa Arab [Skripsi]. Universitas Jambi.
Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879–1887. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1068
Subhan, Y. A., Sunardi, & Azis, K. (2023). Membangun Percaya Diri dalam Public Speaking Melalui Story Telling. Madaniya, 4(1).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan ke-19). Alfabeta.