PENGARUH EVALUSI PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI TAHFIDZ CENDEKIA PEKANBARU

Main Article Content

Citramastika Citramastika Risnawati Risnawati M. Fikri Hamdani Miftahir Rizqa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh evaluasi pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di MI Tahfidz Cendekia, Jalan Budidaya, Pekanbaru. Evaluasi pembelajaran berperan penting dalam menilai efektivitas proses pembelajaran dan memberikan umpan balik yang konstruktif bagi siswa. Artikel ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa.  Data yang diperoleh adalah Pengaruh Pendekatan Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa melalui nilai pretest dan posttest. Uji hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan SPPS 21 dengan metode independents sample test. Hasil pengujian nilai sig. = 0.002. Jika nilai sig < 0.05 maka terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa pada tema 2 dengan menggunakan pendekatan kognitif. Rata-rata nilai posttest pada siswa yaitu 78.20 dengan kategori baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa evaluasi pembelajaran yang terencana dan berkelanjutan merupakan salah satu faktor kunci dalam meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Article Details

How to Cite
[1]
C. Citramastika, R. Risnawati, M. F. Hamdani, and M. Rizqa, “PENGARUH EVALUSI PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI TAHFIDZ CENDEKIA PEKANBARU”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 9-12, May 2025.
Section
Artikel

References

Al-faruq, Z. (2023). Peran Penggunaan Desain Evaluasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Ilma Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 158–171. https://doi.org/10.58569/ilma.v1i2.587
Beddu, S. (2019). Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 71–84.
Desy, F., Kisardi, D., 1✉, P., & Agustini, F. (2024). Implementasi Wordwall: Inovasi Menyenangkan untuk Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 SD. Innovative: Journal Of Social Science …, 4, 5238–5250. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Fenti Hikmawati. (n.d.). Metode Penelitian. Raja Grapindo Persada.
Hasanah, U. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204–222. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2291
Inanna, Rahmatullah, & Hasan, M. (2021). EVALUASI PEMBELAJARAN: Teori dan Praktek.
Komarudin, & Sarkadi. (2017). Evaluasi Pembelajaran.
Latip, A. E. (2018). Evaluasi Pembelajaran di SD dan MI.
Luthfi Indrayani , Djuniadi, S. R. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Peminatan Peserta Didik SMA Negeri 1 Semarang. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 39–45.
Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian.
Maryati, T., Syekh Nur Jati Cirebon, I., Perjuangan, J., Kesambi, K., Cirebon, K., & Barat, J. (2024). Guru Profesional dalam Revolusi Indutri 4.0 di SMKS Manbaul Ulum Cirebon: Tantangan dan Peluang. Journal on Education, 06(02), 12449–12465.
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.
Sari, T. D. P. (2024). Peranan Fonologi Dalam Pengajaran Bahasa Indonesia di Tingkat SD. 10(September), 790–798.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D,. Alfabeta.
Tarsono, D. (2022). DINAMIKA INTERAKSI SOSIAL DI KELAS IMPLIKASI TERHADAP PRESTASI SISWA DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN. 7(4), 17–39.
Tibahary, A. R. (2018). Model-Model Pembelajaran Inovatif Muliana. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(03), 54–64.
Yuniarti, A., Titin, T., Safarini, F., Rahmadia, I., & Putri, S. (2023). Media Konvensional Dan Media Digital Dalam Pembelajaran. JUTECH : Journal Education and Technology, 4(2), 84–95. https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.2920
Yusron Abda’u Ansya, D. (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. 6(2), 173–184.