OBJEK WISATA BERKELANJUTAN : PERILAKU PRO-LINGKUNGAN YANG DIPENGARUHI DESTINASI PRO-SOSIAL DAN ATRIBUTNYA

Main Article Content

Ajis Purnomo Agust Lubisk Maria Ariesta Utha

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kepuasan wisatawan dengan perilaku pro-lingkungan yang dengan variable mediasi rasa memiliki, disamping itu keterlibatan media sosial dan aktivitas di lokasi menjadi variabel moderasi kepuasan dan rasa memiliki, lalu atribut destinasi dan destinasi pro-sosial menjadi variabel yang memoderasi rasa memiliki dan perilaku pro-lingkungan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data primer melalui kuesioner dengan metode survei. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling. Sebanyak 200 orang yang pernah mengunjungi wisata berkelanjutan di Indonesia (Labuan Bajo, Candi Borobudur dan Danau Toba). Kaidah analisis yang diterapkan adalah Structural Equation Model (SEM). Berdasarkan hasil penelitian, kepuasan mempengaruhi perilaku pro-lingkungan yang dimediasi oleh rasa memiliki. Keterlibatan media sosial dan keterlibatan aktivitas di lokasi terbukti memoderasi kepuasan dengan rasa memiliki. Di sisi lain, kebaruan penelitian ini menunjukkan bahwa atribut destinasi dan destinasi pro-sosial memoderasi rasa memiliki dan perilaku pro-lingkungan. Implikasi manajerial diusulkan perlunya menyiapkan arsitektur yang unik dan memberikan manfaat kepada masyarakat lokal termasuk sistem wisata yang pro-sosial dan pro-lingkungan untuk komitmen destinasi berlanjutan.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Purnomo, A. Lubisk, and M. A. Utha, “OBJEK WISATA BERKELANJUTAN : PERILAKU PRO-LINGKUNGAN YANG DIPENGARUHI DESTINASI PRO-SOSIAL DAN ATRIBUTNYA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 547-554, Jan. 2025.
Section
Artikel

References

Akasse, C. S., & Ramansyah, R. (2023). Strategi Promosi Pariwisata melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Pengunjung di Desa Wisata. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 10(1), 52–60. https://doi.org/10.24036/scs.v10i1.457
Alvianna, Stella, Syarif Hidayatullah, Irany Windhyastiti, & Umu Khouroh. (2022). The Role of Green Tourism Perception, Environmental Concern and Intention of Participation in Green Tourism on Environmentally Responsible Tourism Behavior. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 10(1), 79-87. https://doi.org/10.26905/jmdk.v10i1.8022
Anzela, A. I. (2023). Diplomasi Komersial 5 Destinasi Super Prioritas Promosi dan Kerja Sama.
Asmoro, A. Y., Linawarti, A., & Saputra, R. I. (2022). Sejarah, Paradoks, dan Paradigma Pariwisata Berkelanjutan di Indonesia.
Asmoro, A. Yoga (2022). Pariwisata Berkelanjutan: Analisis terhadap Metode, Topik, dan Aplikasinya pada Jurnal Pariwisata Indonesia Hery Sigit Cahyadi Bandung Institute of Tourism. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.20191.74408
Biswas, C., Deb, S. K., Hasan, A. A. T., & Khandakar, M. S. A. (2020). Mediating effect of tourists’ emotional involvement on the relationship between destination attributes and tourist satisfaction. Journal of Hospitality and Tourism Insights, 4(4), 490–510. https://doi.org/10.1108/JHTI-05-2020-0075
Dini, M., Curina, I., Francioni, B., Hegner, S., & Cioppi, M. (2023). Tourists’ satisfaction and sense of belonging in adopting responsible behaviors: the role of on-site and social media involvement in cultural tourism. TQM Journal, 35(9), 388–410. https://doi.org/10.1108/TQM-03-2023-0085
Hafifi, M. K. (2024). Pengelolaan Sampah Dalam Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Di Destinasi Super Prioritas - KEK Mandalika. Tourism, Hospitality And Culture Insights Journal, 4(1), 27–39. https://doi.org/10.36983/thcij.v4i1.545
Hermawan, H. (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Keselamatan, dan Sarana Wisata Terhadap Kepuasan serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan: Studi Community Based Tourism di Gunung Api Purba Nglanggeran. In Jurnal Media Wisata (Vol. 15, Issue 1).
Jayanti, E., & Prawiro, J. (2024). Analisis Peran Media Sosial Terhadap Wisata Di Agrowisata Gunung Mas Bogor. Jurnal Pariwisata Dan Perhotelan, 2(1), 15. https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i1.3319
Juwono, S., Solo, A., Ali, A., Aryanti, D., Andayani, K., & Adistira, G. (2024). Sense of Place dan Kepuasan Berwisata pada Arsitektur Kampung Budaya Sindang Barang Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Singa Podium (JPMSIPO), 2(1), 29–38. https://doi.org/10.58965/jpmsipo.v2i1.28
Khan, M. R., Khan, H. U. R., Lim, C. K., Tan, K. L., & Ahmed, M. F. (2021). Sustainable tourism policy, destination management and sustainable tourism development: A moderated-mediation model. Sustainability (Switzerland), 13(21). https://doi.org/10.3390/su132112156
Lestari, Fitri Puji, & Ananti, Deni Dwi. (2023). Analisis Akomodasi Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Pantai Widodaren Yogyakarta. In Jayapangus Press Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin (Vol. 3, Issue 4). https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/metta417
Ni Luh Henny Andayani, Nyoman Yuliantini, & Gd. Putra Nugraha. (2022). Paket Wisata Pro Lingkungan sebagai Diversifikasi Produk Wisata di Desa Tihinga.
Prathama, A., Nuraini, R. E., & Firdausi, Y. (2020). Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan dalam Prespektif Lingkungan (Studi Kasus Wisata Alam Waduk Gondang di Kabupaten Lamongan) Development of Sustainable Tourism in Environmental Perspective (Case Study of Gondang Natural Tourism in Lamongan Regency). http://www.jsep.org/index.php/jsep/index
Putri, Ida Kurnia. (2023). Peranan Atribut Destinasi Wisata dalam Meningkatkan Revisit Intention yang Dimediasi oleh Kepuasan Pengunjung pada Wisata Geopark Merangin, Jambi.
Razak, S., & Hidayati Darwis, R. (2023). Adopsi Ekonomi Sirkular: Peran Mediasi Sikap dalam Model TPB (Theory of Planned Behavior). In Iltizam Journal of Shariah Economic Research (Vol. 8, Issue 1).
Rochmah, W. Y., & Lentera, C. (2023). Analisis eWOM terhadap Destinasi Wisata Super Prioritas Menggunakan Text Mining. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(3), 270–276. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i3.227
Rusli, M., Kurniawati, & Utha, M. A. (2023). Tantangan dan Strategi Koperasi dalam Menerapkan ISO 26000 untuk Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan. https://doi.org/10.30587/manajerial.v10i1.4868
Sinaga, A. Haris, Situmorang, S. Helmi, & Sembiring, Karina Fawzeea (2024). Memorable Tourism Experiences in Tourism: A Literature Review (Vol. 4, Issue 2).
Situmeang, D. E., Hawa, M. M., & Ismail, K. (2021). Pembangunan Berkelanjutan SDGs 2030 Goals 4 “Memastikan Kualitas Pendidikan yang Inklusif dan Adil dan Mempromosikan Kesempatan Belajar Seumur Hidup untuk Semua.” https://doi.org/10.13140/RG.2.2.11219.96809
Sunarta. (2019). Pentingnya Kepuasan Kerja.
Swimbawa, Made Krisnantha, & Lemy, Diena M. (2023). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand Awareness, Brand Image dan Brand Loyalty Pesona Indonesia. https://attractivejournal.com/index.php/bce//index
Wilantara, M., & Misnan. (2023). Green Marketing sebagai Manajemen Komunikasi Public Relations Industri Pariwisata Bali.