ANALISIS KOMPETENSI SISWA ERA KURIKULUM MERDEKA: TANTANGAN DAN PELUANG DALAM PENDIDIKAN INDONESIA

Main Article Content

Adhara Jasid Andoyo Sastromiharjo

Abstract

Kurikulum Merdeka menekankan pengembangan kompetensi kognitif, afektif, dan sosial siswa untuk mempersiapkan mereka menghadapi tantangan dunia yang semakin kompleks. Artikel ini menganalisis pengaruh penerapan Kurikulum Merdeka berdasarkan data kuesioner yang diisi oleh 8 guru bahasa Indonesia di tingkat SMP dan SMA. Pembelajaran berbasis proyek terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi kognitif siswa, terutama dalam berpikir kritis, kreativitas, dan pemecahan masalah. Di sisi afektif, meskipun ada tantangan dalam motivasi siswa, 55% guru melaporkan peningkatan dalam kemandirian, karakter, dan empati siswa. Pada aspek sosial, 65% guru mencatat peningkatan keterampilan kolaborasi, komunikasi, dan penyelesaian konflik antar siswa. Namun, tantangan muncul dengan siswa yang kurang percaya diri dalam berpartisipasi dalam diskusi kelompok. Pembelajaran yang lebih inklusif dan pengelolaan dinamika kelompok dapat mengatasi hal ini, memastikan pengembangan kompetensi sosial yang merata.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Jasid and A. Sastromiharjo, “ANALISIS KOMPETENSI SISWA ERA KURIKULUM MERDEKA: TANTANGAN DAN PELUANG DALAM PENDIDIKAN INDONESIA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 1-8, May 2025.
Section
Artikel

References

Aji, K., Suherman, A., Kurniawan, F., & Achmad, I. Z. (2023). Literature Review: The Relationship between Merdeka Curriculum and Student Learning Achievement. Jurnal Pendidikan Jasmani (JPJ), 4(1), 17-30.
Al Fajri, T. A., & Andarwulan, T. (2023). Implementation of the Merdeka Curriculum In Indonesia: Challenges And Opportunities. Erudio Journal of Educational Innovation, 10(2), 204-212.
Aziz, F. Z., Setiawan, F., Hariadi, D., & Setianingsih, F. N. (2022). Transformasi kebijakan kurikulum pendidikan di Indonesia sebagai landasan pengelolaan pendidikan. Attractive: Innovative Education Journal, 4(2), 217-228.
Budiono, S., Sanusi, M., Ghafur, O. A., & Ardianto, R. A. (2024). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Proyek. TSAQOFAH, 4(3), 1534-1544.
Dewi, I., Siregar, H., Agustia, A., & Dewantara, K. H. (2024). Implementasi Case Method Berbasis Pembelajaran Proyek Kolaboratif terhadap Kemampuan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 9(2), 261-276.
Fauzi, M. N. (2023). Problematika Guru Mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1661-1674.
Firmansyah, C., Ubaidillah, U., & Busriyanti, B. (2023). Design of the “Merdeka Belajar” Program for Students of High School Education. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 38-48.
Gagne, R. M. (2005). The Conditions of Learning. 5th Edition. New York: Holt, Rinehart, and Winston.
Hanipah, S. (2023). Analisis kurikulum merdeka belajar dalam memfasilitasi pembelajaran abad ke-21 pada siswa menengah atas. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), 264-275.
Iskandar, I., & Riantoni, C. (2024). Kemandirian Belajar Siswa Dalam Mengikuti Alur Problem Based Learing Dalam Pembelajaran. Jurnal Education and Development, 12(1), 131-136.
Isma, A., Isma, A., Isma, A., & Isma, A. (2023). Peta Permasalahan Pendidikan Abad 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terapan, 11-28.
Istianah, A., Maftuh, B., & Malihah, E. (2023). Konsep Sekolah Damai: Harmonisasi Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Education and Development, 11(3), 333-342.
Kurniawan, A. T., Anzelina, D., Maq, M. M., Wahyuni, L., Rukhmana, T., & Ikhlas, A. (2024). Pengembangan Pendidikan Anak SD dalam Kurikulum Merdeka. Journal Of Human and Education (JAHE), 4(4), 836-843.
Lase, I. P. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Daerah 3T dan Kendala Guru dalam Penerapannya. Jurnal Education and Development, 12(3), 601-603.
Mayer & Greenwood. (1983). Rancangan Penelitian Kebijakan Sosial. Jakarta: Rajawali.
Mulyani, A. S., Nurishlah, L., & Tarigan, L. F. B. (2021). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Karakter Kerja Sama. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 561-568.
Mustapa, K., Suciati, I., Nursupiamin, N., Mailili, W. H., & Hajerina, H. (2024). Impact of implementing the competency-based Merdeka Curriculum in secondary education on enhancing 21st century skills and meeting the demands of the competitive job market. International Journal of Teaching and Learning, 2(1), 165-178.
Permana, Y. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika: Peran Guru dalam Menerapkan Pendekatan Berbasis Masalah. Jurnal Dunia Ilmu, 3(2).
Pingga, Y. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(2), 201-222.
Priska, P., & Sapri, S. (2024). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Fikih di MAN 2 Model Medan. Ta dib Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 429-438.
Rahayuningsih, E., & Hanif, M. (2024). Persepsi Guru dan Siswa terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Perspektif Social Learning Theory (SLT). Journal of Education Research, 5(3), 2828-2839.
Ramadhan, E. H., & Hindun, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(2), 43-54.
Rizki, R. A., & Fahkrunisa, L. (2022). Evaluation of implementation of independent curriculum (kurikulum merdeka). Journal of Curriculum and Pedagogic Studies (JCPS), 1(1), 32-41.
Rokhman, M. T., & Luthfitasari, D. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kolaborasi Siswa Dalam Mata Pelajaran PJOK di SMPN 1 Dagangan, Madiun. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 5038-5045.
Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608-2617.
Santoso, G., Al Muchtar, S., & Abdulkarim, A. (2015). Analysis SWOT Civic Education curriculum for senior high school year 1975-2013. JURNAL CIVICUS, 15(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta.
Zubaidah, S. (2019, October). Memberdayakan keterampilan abad ke-21 melalui pembelajaran berbasis proyek. In Seminar Nasional Nasional Pendidikan Biologi (Vol. 1, No. 2, pp. 1-19).