IMPLEMENTASI GEOGEBRA UNTUK PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran matematika berbasis GeoGebra membantu siswa berpikir matematis. Siswa mendapatkan pengalaman langsung dalam belajar matematika dengan bantuan GeoGebra, yang memungkinkan mereka memahami konsep matematika melalui visualisasi dan representasi. Penelitian ini menggunakan metode ini untuk merancang pembelajaran matematika berbasis GeoGebra pada luas dan keliling persegi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pengalaman belajar yang bervariasi dan menarik, mendukung kemampuan siswa untuk berpikir matematis terhadap konsep-konsep matematika, dan memberikan mereka kesempatan untuk memecahkan masalah matematika dengan benar dan lancar. Uji coba dilakukan kepada empat siswa kelas 6 sekolah dasar, dalam kegiatan pembelajaran yang menggunakan bantuan GeoGebra untuk mempelajari area dan keliling persegi ini. Hasil menunjukkan bahwa siswa mulai memahami konsep luas dan keliling persegi secara logis, meskipun beberapa masih ragu saat menjawab pertanyaan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arnawa, I. M. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA. 1(2), 275–289.
Bernard, M., & Sunaryo, A. (2020). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA MTs DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SEGITIGA DENGAN BERBANTUAN MEDIA JAVASCRIPT GEOGEBRA. 04(01), 134–143.
Chandra, A., Suhaili, N., & Irdamurni, I. (2021). Penggunaan pendekatan open-ended untuk mengembangkan intelektual siswa dalam pembelajaran matematika. 4(2), 248–253.
Dikovic, L. (2009). Implementing dynamic mathematics resources with geogebra at the college level. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 4(3), 51–54. https://doi.org/10.3991/ijet.v4i3.784
Hohenwarter, M., & Jones, K. (2007). Ways of linking geometry and algebra: the case of GeoGebra. Proceedings of the British Society for Research into Learning Mathematics, 27(3), 126–131. http://eprints.soton.ac.uk/50742/
Klemer, A., & Rapoport, S. (2020). Origami and GeoGebra activities contribute to geometric thinking in second graders. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(11). https://doi.org/10.29333/EJMSTE/8537
Kusumah, Y. S., Kustiawati, D., & Herman, T. (2020). The effect of geogebra in three-dimensional geometry learning on students’ mathematical communication ability. International Journal of Instruction, 13(2), 895–908. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13260a
Pagau, D. A., & Mytra, P. (2023). The Effect of Technology In Mathematics Learning. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 287–296. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2302
Palobo, M., Dwi, K., & Natsir, I. (2020). Implementation triangles of software geogebra on. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1569/4/042068
Putra, Z. H., Panjaitan, I. O. D., Putri, N. A., Wulandari, T. R., Hermita, N., & Dahnilsyah. (2021). Design and implementation of GeoGebra learning activities of area and perimeter of rectangles for primary school students. Journal of Physics: Conference Series, 2049(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2049/1/012032
Rahmat, Fahinu, Alfat, S., & Maryanti, E. (2019). The Effect of STAD cooperative model by GeoGebra assisted on increasing students’ geometry reasoning ability based on levels of mathematics learning motivation. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012028
Rahmawati, N. K., Kusuma, A. P., & Nurrahmah, A. (2023). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA PADA APLIKASI TURUNAN ( MAKSIMUM DAN MINIMUM ) mengakibatkan hasil belajar yang diperoleh masih rendah . Hal tersebut juga dapat dilihat STKIP Kusuma Negara Jakarta pada tahun ajaran 2018 / 2019 dan 2019 / 2020 dimana. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 13–28. https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/article/view/2541
Taylor, bogdan and. (2011). No Title.
Wulandari, G. A., & Ambara, D. P. (2021). Media Kartu Uno Berbasis Multimedia Interaktif pada Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dalam Mengenal dan Berhitung Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 211. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35500
Zulnaidi, H., & Zakaria, E. (2012). The effect of using GeoGebra on conceptual and procedural knowledge of high school mathematics students. Asian Social Science, 8(11), 102–106. https://doi.org/10.5539/ass.v8n11p102