MULTIKULTURALISME DAN RELEVANSI PENDIDIKAN ISLAM DI SDN. 200508 SIHITANG

Main Article Content

Ananda Yukhairiza Simatupang Lidia Kusmira Rhama Lenasari Raufan Syiddik Harahap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis multikulturalisme dan relevansi pendidikan Islam di SDN 200508 Sihitang, dengan menyoroti tantangan utama dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam konteks keberagaman budaya di sekolah dasar. Di sekolah ini, pendidikan Islam menghadapi tantangan akibat keragaman suku, agama, dan budaya di antara siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memahami penerapan pendidikan Islam yang berfokus pada pengembangan sikap toleransi, saling menghormati, dan pembentukan karakter di tengah keberagaman tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari guru, siswa, dan pihak terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam di sekolah ini berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai moral yang mendukung keberagaman, dengan mengajarkan toleransi, rasa saling menghormati, dan pemahaman terhadap perbedaan. Namun, masih terdapat beberapa tantangan dalam meningkatkan pendekatan pendidikan Islam yang lebih inklusif dan responsif terhadap perbedaan budaya. Secara keseluruhan, pendidikan Islam di SDN 200508 Sihitang memiliki relevansi yang signifikan dalam membentuk karakter siswa berdasarkan nilai-nilai agama yang mendukung keragaman budaya, meskipun masih perlu penyempurnaan dalam metode dan penerapannya untuk lebih mendukung multikulturalisme di sekolah.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Y. Simatupang, L. Kusmira, R. Lenasari, and R. S. Harahap, “MULTIKULTURALISME DAN RELEVANSI PENDIDIKAN ISLAM DI SDN. 200508 SIHITANG”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 629-634, May 2025.
Section
Artikel

References

ASLI, P. (2022). Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. Etd.Iain-Padangsidimpuan.Ac.Id, 0634, 24022. http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/id/eprint/2062
Batalemba, I. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Teks Prosedur Terintegrasi Konservasi Budaya Pada Siswa Kelas XI MAN 1 Kota Gorontalo.
Dongoran, S. R. D., Zulhimma, Z., Yuda, R. D., & Yolanda, G. (2024). Implementasi Metode Cart Sort Turnament dalam Memotivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits di MAN 2 Padangsidimpuan. Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.61292/cognoscere.161
Harahap, A. M., Harahap, R., & ... (2024). Sosialisasi Literasi Digital Bagi Siswa Asrama Man 2 Kota Padangsidimpuan Di Era Teknologi Informasi. Journal of Community …, 4(1). https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jcdd/article/view/1887
Hasibuan, M. S. T. (2020). Tranformasi pendidikan agama Islam dalam Deradikalisme di MAN 2 Model Padangsidimpuan. 184. http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6134/
Indra, H. (2023). Upaya meningkatkan kemampuan lari sprint siswa kelas v dengan menggunakan metode bermain di min 3 padangsidimpuan.
JASMINE, K. (2014). 済無No Title No Title No Title. In Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu.
Meilia, A. T., & Erlangga, G. (2022). Aktualisasi Program Kampus Mengajar. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 17(2), 120–128.
Nuraini. (2018). “Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SDM 014 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar.” In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 3, Issue 1). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Partahian, P. (2015). Nilai-nilai Pendidikan Multikultural fase Nabi Muhammad Saw. 49–74. http://etd.uinsyahada.ac.id/1730/%0Ahttp://etd.uinsyahada.ac.id/1730/1/1323100032.pdf
Purba, P. (2021). Institut Agama Islam Negeri. In Excutive Summary (Issue 23).
Rahmawati, I., Anwar, M. S., Saputra, A. A., & Fauza, M. R. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Matematika Kelas X MA Ma’arif Roudlotut Tholibin Kota Metro. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 91–105. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.160
Sarianti, B., Asnaini, & Qohar, A. (2023). Strategi Implementasi Penguatan Moderasi Beragama: Studi Pada Kementerian Agama Kota Bengkulu. Jurnal El-Afkar, 12(2), 497–510. http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/kuttab/ar
Siregar, R. S. (2023). Penerapan Pendidikan Agama Islam Melalui Budaya Religius (Application of Islamic Relegios Education Through Religios Cultural). Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 192–216. https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i2.166
Smpn, D. I., & Aceh, B. (2024). DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY DARUSSALAM , BANDA ACEH 2024 M / 1446 H.
Sugiarto. (2016). Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Pasca Masa Pandemi Covid-19 Di Man 1 Tanggamus. 4(1), 1–23.
Suriyadi, S., Siregar, N. L., Harahap, M. R., & Mesiono, M. (2022). Ability Leadership in Islamic Educational Institutions. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 6727–6738. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2284