SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: TANTANGAN DAN URGENSI LITERASI DIGITAL DALAM KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Main Article Content

Maufidah Nazilatul Habibah Sayyidah Nafi'atul Izzah Nadlir Nadlir

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tantangan dan urgensi literasi digital dalam kurikulum merdeka bagi guru di madarsah ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) yang diterapkan dalam proses penyusunan jurnal ini dilakukan melalui membaca, menulis, dan mencari data dari basis data akademis, jurnal ilmiah, dan sumber-sumber terpercaya lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam artikel ini menganalisis jurnal dan artikel literatur lain yang relevan dengan masalah penelitian. Dalam teknik pengumpulan data ini, kata kunci yang digunakan adalah “Tantangan, urgensi, Literasi digital, Kurikulum merdeka, madrasah ibtidaiyah” Artikel yang dipilih adalah artikel yang memenuhi kriteria penelitian: batas waktu penerbitan jurnal tahun 2024, menggunakan bahasa Indonesia, artikel original (artikel penelitian), serta penelusuran pada artikel penelitian ini melalui Google Scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan dalam kurikulum merdeka termasuk kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam beradaptasi dengan teknologi serta rendahnya tingkat literasi digital. Guru perlu berupaya untuk memahami, menguasai, dan menyesuaikan diri dengan teknologi agar dapat memenuhi kompetensi dalam literasi data dan teknologi yang diharapkan oleh siswa. Temuan penelitian ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi pembuat kebijakan untuk menyediakan pelatihan bagi pengajar agar mereka.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Habibah, S. Izzah, and N. Nadlir, “SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: TANTANGAN DAN URGENSI LITERASI DIGITAL DALAM KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 460-467, May 2025.
Section
Artikel

References

Anggini, V., Mustofa, N. A., & Pahrudin, A. (2024). Teacher Professionalism: Opportunities and Challenges in The Education Delivery System. 10.
Asrina, N. J., & Sabarudin, M. (2023). Urgensi Literasi Digital Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Konteks Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. 1(1).
Dian Nastiti, Indah Ayu Permana P,2023.pdf. (n.d.).
Handayani, U. F. (n.d.). Penguatan Literasi Siswa Madrasah melalui AKMI: Strategi dan Inovasi Pembelajaran Guru.
Hidayati, S., & Fauziah, N. (2023). Analisis Literasi Digital Guru Kelas. 7(2).
Judijanto, L., Salahuddin, A., Yantiningsih, E., Handayani, L., & Kusumastuty, M. I. (2024). Indonesian Language Learning Approach in the Merdeka Curriculum: A Literature Study on Implementation and Effectivenes. 3.
Madrah, M., Muflihin, A., & Irfan, A. (2022). Urgensi Literasi Digital bagi Pendidik dalam Meningkatkan Keterampilan Mengelola Pembelajaran. 22.
Madrah, M. Y., & Muflihin, A. (2017). Phenomenology Of Digital Culture In The Educational Area. 11.
Mufaridah, F., Yono, T., Aziza, S. N., & Aabid, M. F. (n.d.). Penguatan Literasi Digital Guru Untuk Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi.
Mustofiyah, L., Rahmawati, F. P., & Ghufron, A. (2024). Pengembangan Kurikulum Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Di Era Digital: Tinjauan Systematic Literature Review. 09.
Pane, E. P., Siahaan, T. M., Situmorang, E., Simarmata, G., Saragih, V. R., Siahaan, R. D. R., Simamora, B. A., Pasaribu, S., & Saragih, R. S. (2024). Penguatan Literasi Digital Dalam Mewujudkan Profesionalisme Guru Sesuai Implementasi Kurikulum Merdeka. 7(1).
Peran Guru Dalam Pengembangan Literasi Digital.pdf. (n.d.).
Purnomo, H., & Siswono, T. Y. E. (2024). Effectiveness of Using Building Spaces Media to Improve Mathematical Problem-Solving: Literature Review. 2(2).
Riady, Y. (2021). Gerakan Literasi Digital: Pelatihan Akses Internet Dan Komputer Bagi Guru Di Kabupaten Karawang. . . November, 1(3).
Rohmah, N., Sumo, M., & Budiyanto, R. (2024). Konsistensi Teori Belajar dan Pembelajaran dalam Pendidikan. 2(3).
Shibbriyah, S., & Nuroh, E. Z. (2023). Digital Literacy Skills of Elementary School Teachers on the North Coast of East Java. 15.
Suryaningsih, H. A., & Purnomo, H. (n.d.). Kesiapan Guru Terhadap Literasi Digital Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sd Negeri Sembungan.
Ubihatun, R., Aliyya, A. I., Wira, F., Ardhelia, V. I., & Radianto, D. O. (n.d.). Tantangan dan Prospek Pendidikan Vokasi di Era Digital: Tinjauan Literatur.
Ulfa, A., & Gunansyah, G. (2024). Literature Review: Media E-Modul IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar.
Untu, Z., & Faradisa, I. (2023). Analisis Literasi Digital Guru Matematika Mtsn 1 Kutai Kartanegara. 5.
Urbania, M., & Alfiyah, H. Y. (n.d.). Hubungan Antara Literasi Digital Dengan Kreativitas Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah At Taqwa Kebonagung Dan Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Geluran Sidorjo Jawa Timur.