PENGEMBANGAN KOMPETENSI MENGAPRESIASI PUISI DENGAN METODE SIMULASI PADA PELAJAR KELAS XI SMK HARAPAN KECAMATAN STABAT KABUPATEN LANGKAT

Main Article Content

Yanti Yanti Rahmat Kartolo Yulianti Arfanti Sri Ulina Beru Ginting Erlinda Nofasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindak lanjut penerapan metode simulasi dalam mengembangkan kreativitas dan kemampuan mengapresiasi puisi pada siswa kelas XI SMK Harapan Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat. Tujuan utama dari penelitian ini adalah memberikan gambaran konkret terhadap efektivitas metode simulasi dalam meningkatkan apresiasi siswa terhadap puisi. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 30 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan data dikumpulkan melalui instrumen pertanyaan untuk mengukur kemampuan apresiasi puisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, rata-rata nilai siswa mencapai 72,73 dengan total skor 2.182 dan berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II, nilai meningkat menjadi rata-rata 79,62 dengan skor total 2.388, yang menunjukkan bahwa siswa telah mencapai kategori ketuntasan belajar yang baik. Berdasarkan hasil ini, hipotesis diterima dan dapat disimpulkan bahwa metode simulasi efektif dalam meningkatkan kemampuan mengapresiasi puisi. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam mendorong guru untuk menerapkan metode pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif dalam pengembangan kompetensi siswa, khususnya dalam bidang apresiasi sastra.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Yanti, R. Kartolo, Y. Arfanti, S. Beru Ginting, and E. Nofasari, “PENGEMBANGAN KOMPETENSI MENGAPRESIASI PUISI DENGAN METODE SIMULASI PADA PELAJAR KELAS XI SMK HARAPAN KECAMATAN STABAT KABUPATEN LANGKAT”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 571-581, May 2025.
Section
Artikel
Author Biographies

Rahmat Kartolo, UMN Al-Washliyah Medan

Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia

Yulianti Arfanti, UMN Al-Washliyah Medan

Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Ayumi, S., Ginting, S. U. B. G., & Lubis, F. W. L. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Dengan Menggunakan Modeling The Waypada Siswa Kelas X Smk Swasta Yayasan Pendidikan Masyarakat Jasa Makmur Pangkalan Brandan. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 20(2).
Ginting, S. U. B. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Media € Œelegi Esok Pagi € Karya Ebid G. Ade Siswa Kelas Xi Sma Swasta Nasional Namotrasi Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 16(2).
Sari, D. N., Kartolo, R., & Ginting, S. U. B. (2024). Peningkatan Kompetensi Menulis Cerita Pendek Melalui Pengalaman Diri Sendiri Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 101901 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2024-2025. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 259-268.
Wahana, Rilla. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan High Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kompetensi Teks Deskripsi Kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) 2019 https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba ISBN: 978-623-707438-0 298 Halaman 298-305. Diakses pada tanggal 08 April 2024.https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/download/10374/5191
Paratiwi, Tara dan Zaka Hadikusuma Ramadhan. 2023. Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research Volume 7, Number 4, Tahun Terbit 2023, pp. 603-610. Diakses pada tanggal 08 April 2024. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/download/69971/28128/205101
Srimuliati. 2019. Analisis Variabel Pembelajaran Berdasarkan Teori Reigeluth (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Matematika FTIK IAIN Langsa). Institut Agama Islam Negeri Langsa. Jurnal Vol. 3, No. 2, Desember 2019: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Diakses pada tanggal 08 April 2024. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/alkhawarizmi/article/download/7354/4340.
Mumtahanah;Yulianti; dan Muhammad Warif. 2022. Peranan Metode Simulasi dalam Memotivasi Belajar Siswa Bidang Studi Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Al-Wasi Bontoa Kabupaten Maros. STAI DDI Maros. Diakses pada tanggal 08 April 2024. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/iqra/article/viewFile/8044/4858
Setiani, Tita. 2019. Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Penerapan Metode Simulasi Pada Pembelajaran IPS kelas V SD Negeri Pakem 2 Sleman. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.
Lutfiani, Leni; Asis Saefuddin; dan Dede Rohaniawati. 2021. Penerapan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Psikomotor Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan p-ISSN 2722-5194 Vol 2 No 1 Januari 2021. Diakses pada tanggal 08 April 2024. https://edunesia.org/index.php/edu/article/download/78/29
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 2024.KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Kamus versi online/daring (Dalam Jaringan). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/puisi diakses pada tanggal 08 April 2024.
Andristyawan, Boki. 2016. Keefektifan Model Investigasi Kelompok Cyber (IKC) dan Model Instruksi Partisipatori dalam Pembelajaran Menulis Puisi Tentang Keindahan Alam Pada Kelas VII SMP Negeri 30 Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Universitas Negeri Semarang.
Waluyo, Herman. 2005. Apresiasi Puisi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Kadir, I. saluwa. 2022. Analisis Gaya Bahasa Pada Novel Jadikan Aku Malaikat Kecil-Mu Tuhan Karya Edelweis Almira. Skripsi, 91. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/14885%0Ahttps://repository.uir.ac.id/14885/1/166210941.pdf diakses pada tanggal 08 April 2024.
Fauziah, Andi Neneng Nur. 2020. Menyuarakan Pergolakan Pemikiran Analisis Puisi Dalam Antologi Melipat Jarak Karya Sapardi Djoko Damono (Kajian Semiotik C.S. Peirce). https://repository.unibos.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/27/Naskah%20Menyuarakan%20Pergolakan%20Pemikiran.pdf?sequence=1&isAllowed=y diakses pada tanggal 08 April 2024.