VALIDITAS PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KIMIA SMA BERBASIS INKUIRI MELALUI KOLABORASI KEGIATAN LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN SISWA PADA RANAH PSIKOMOTORIK

Main Article Content

Rabiyatul Adawiyah Siregar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum mengoptimalkan peran aktif siswa dalam pembelajaran kimia dan siswa masih kesulitan memahami materi kimia. Hal itu menjadi masalah bagi siswa dan diasumsikan menjadi penyebab tidak tercapainya kompetensi siswa pada ranah psikomotorik. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran kimia berbasis inkuiri melalui kolaborasi laboratorium yang valid untuk meningkatan capaian pembelajaran kimia siswa pada ranah psikomotorik, Desain penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yaitu: 1) menganalisis (analysis) meliputi: Kurikulum, karakteristik peserta didik SMA dan proses pembelajaran kimia; 2) mendesain (design) model pembelajaran dan menguji validitas dengan pakar ahli. Penelitian ini hanya sampai tahap design. Hasil penelitian menunjukkan validitas model pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari sintak, prinsip reaksi, sistem sosial, sistem pendukung (buku model, buku guru dan buku siswa) kategori sangat valid serta dampak instruksional dan pengiring kategori valid  menurut ahli layak digunakan.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Siregar, “VALIDITAS PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KIMIA SMA BERBASIS INKUIRI MELALUI KOLABORASI KEGIATAN LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN SISWA PADA RANAH PSIKOMOTORIK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 6, no. 2, p. 18, Oct. 2018.
Section
Artikel