PERAN KOMBEL DALAM MEMBANGUN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR DI ERA DIGITAL
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Komunitas Belajar (Kombel) dalam meningkatkan profesionalisme guru di era digital serta menelaah pengaruhnya terhadap mutu pembelajaran di SD Negeri Klampok II. Menggunakan metode kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi langsung di kelas, wawancara semi-terstruktur dengan guru, kepala sekolah, siswa, dan orang tua, serta penyebaran kuesioner. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa Kombel merupakan platform kolaboratif yang efektif bagi guru dalam berbagi pengalaman dan mengembangkan keterampilan teknologi, seperti penggunaan media digital dan permainan edukatif, termasuk Ular Tangga untuk pembelajaran matematika. Implementasi teknologi ini terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar, partisipasi aktif, serta pemahaman siswa terhadap materi ajar. Kendati demikian, penelitian ini juga mengungkap beberapa kendala, di antaranya keterbatasan perangkat teknologi, masalah konektivitas internet, serta rendahnya keterlibatan orang tua. Untuk memaksimalkan hasil, diperlukan dukungan berupa infrastruktur yang memadai, pelatihan berkesinambungan bagi guru, serta kolaborasi yang erat antara pihak sekolah, guru, dan orang tua. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Kombel memiliki peran strategis dalam mendorong transformasi pendidikan di era digital.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Annisa Alfath, Fara Nur Azizah, & Dede Indra Setiabudi. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1 (2), 42–50. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73
Ashari, A., Buntu, A., Windarsih, Y., & Trianto, M. (2024). Pendampingan Penggunaan Platform Gamifikasi untuk Pembuatan Media Evaluasi Pembelajaran Online. Jurnal Abdidas, 5 (1), 26–32. https://doi.org/10.31004/abdidas.v5i1.891
Bintaratih, S., & El-yunusi, M. Y. M. (2024). Strategi Pembelajaran Melalui Kuis Dan Game Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SDN Ganting Gedangan Sidoarjo. 5(6), 7336–7345.
Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah Bersama di Era Digital : Pentingnya Literasi Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 31712–31723.
Effendi, D., & Wahidy, D. A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 125–129.
Gajda, R., & Koliba, C. (2007). Evaluating the imperative of intraorganizational collaboration: A school improvement perspective. American Journal of Evaluation, 28(1), 26–44. https://doi.org/10.1177/1098214006296198
Harlita, I., & Ramadan, Z. H. (2024). Peran Komunitas Belajar di Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Kompetensi Guru. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2907–2920. https://jurnaldidaktika.org
Hattie, J., & Timperley, H. (2007). The power of feedback. Review of Educational Research, 77(1), 81–112. https://doi.org/10.3102/003465430298487
Jhurree, V. (2005). Technology integration in education in developing countries: Guidelines to policy makers. International Education Journal, 6(4), 467–483.
Lara Sati, Wahdini Rohmah Jaelani, Y. T. H. (2023). View of Transformasi Digital Dalam Pendidikan Sebuah Tinjauan Dalam Perspektif Filosofis.pdf. Sindoro Cendekia Pendidikan.
N.P.D. Apriyantini,I.W.S. Warpala,I. G. W. S. (2024). Game Edukasi Berbasis Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 14(1), 40–54.
Nanang Gesang Wahyudi, J. (2024). View of Integrasi Teknologi dalam Pendidikan Tantangan dan Peluang Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar.pdf (pp. 444–451). Indonesian Research Journal on Education-ISSN: 2775 –8672, p-ISSN: 2775 –9482 Volume 4, Nomor 4 Tahun 2024 Halaman: 444-451 Research Article Web: https://irje.org/index.php/irje444Integrasi Teknologi dalam Pendidikan: Tantangan dan Peluang Pembelajaran Digital. https:/irje.org/index.php/irje
Nawafilah, N. Q., & Masruroh, M. (2020). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelas III SDN Guminingrejo Tikung Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(01), 37. https://doi.org/10.30736/jab.v3i01.42
Plass, J. L., Homer, B. D., & Kinzer, C. K. (2015). Foundations of Game-Based Learning. Educational Psychologist, 50(4), 258–283. https://doi.org/10.1080/00461520.2015.1122533
Prokopenko, O. (2021). Technological Challenges of Our Time in the Digitalization of the Education of the Future. Futurity Education, 1–9. https://doi.org/10.57125/fed/2022.10.11.3
Sitompul, B. (2022). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13953–13960. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4823
Sucipto. (2024). Analisis Tantangan dan Peluang Implementasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digital Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(3), 902–916. http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil
Vescio, V., Ross, D., & Adams, A. (2008). A review of research on the impact of professional learning communities on teaching practice and student learning. Teaching and Teacher Education, 24(1), 80–91. https://doi.org/10.1016/j.tate.2007.01.004