EFEKTIVITAS MODEL MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI BIDANG PROFESI GURU BIMBINGAN KONSELING TERHADAP KOMPETENSI GURU BK DI SMP KABUPATENNIAS SELATAN TAHUN 2024

Main Article Content

Nurhayati Telaumbanua

Abstract

Peran guru BK tidak hanya sebatas membantu siswa dalam memecahkan permasalahan yang sedang dihadapinya, tetapi juga membantu mengembangkan kualitas pribadi siswa agar mampu berkembang secara optimal. Kemampuan guru dalam layanan khusus masih tergolong rendah, Salah satu cara yang dapat mengasah dan mengembangkan kompetensi guru bimbingan konseling adalah melalui pelatihan yang sistematik. Studi ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas model manajemen palatihan pengembangan SDM terhadap kompetensi guru bimbingan konseling. Studi intervensional cross-sectional prospektif dengan survei dasar dan survei ulang telah dilakukan untuk mengevaluasi pengaruh model manajemen pelatihan pengembangan DM guru bimbingan konseling. Peserta pelatihan berjumlah 84 orang yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok intervensi (n=42) dan kontrol (n=42). Peserta pelatihan berasal dari seluruh SMP di Kabupaten Nias Selatan yang dipilih secara purposive. Dari uji statistic independent t-test menunjukkan bahwa model manajemen pelatihan pengembangan SDM profesi guru BKefektif dalam meningkatkan kompetensi guru bimbingan konseling (p value = 0,001). Konsep pengembangan SDM guru BK yaitu specific, measurable, achieveable, realistic, and time-based mampu untuk merumuskan tujuan pelatihan secara efektif sehingga manajemen pelatihan lebih terarah dan terukur. Model manajemen pelatihan pengembangan SDM profesi guru BKdapat digunakan sebagai alternatif pelatihan untuk menigkatkan kompetensi guru bimbingan konseling.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Telaumbanua, “EFEKTIVITAS MODEL MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI BIDANG PROFESI GURU BIMBINGAN KONSELING TERHADAP KOMPETENSI GURU BK DI SMP KABUPATENNIAS SELATAN TAHUN 2024”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. .692-699, Jan. 2025.
Section
Artikel

References

Anyi, E. M. E. (2017). The role of guidance and counselling in effective teaching and learning in schools: The Cameroonian perspective. International Journal of Educational Technology and Learning, 1(1), 11–15.
Cimailing, N., Fitria, H., & Missriani, M. (2021). The Important Role of the School Committees in Implementing School Based Management. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5187–5194.
Desjardins, C. (2021). Don’t be too SMART but SAVE your goals–proposal for a renewed goal-setting formula for Generation Y. Journal of Applied Leadership and Management, 9, 73–87.
Dovhopolyk, K., & Smyrnova, I. (2021). Smart-Complex in the Vocational Training of a Modern Teacher. Professional Pedagogics, 1(22), 58–68. https://doi.org/10.32835/2707-3092.2021.22.58- 68
Farozin, M., Kurniawan, L., & Irani, L. C. (2020). The Role of Guidance and Counseling in Character Education. 462(Isgc 2019), 112–116. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200814.025
Gerich, M., Trittel, M., & Schmitz, B. (2017). Improving Prospective Teachers’ Counseling Competence in Parent-Teacher Talks: Effects of Training and Feedback. Journal of Educational and Psychological Consultation, 27(2), 203–238. https://doi.org/10.1080/10474412.2016.1220862
Hambali, M., & Luthfi, M. (2017). Manajemen kompetensi guru dalam meningkatkan daya saing. Journal of Management in Education, 2(1), 10– 19.
Irawan, M. A., Madhakomala, R., & Matin, M. (2018). The evaluation of the school principals candidates training program in LPMP of West Nusa Tenggara Province. Proceeding of International Conference on Educational Management and Administration (PICEMA 2018), Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 337, 89–96.
Kamaruzzaman, K. (2017). Analisis faktor penghambat kinerja guru bimbingan dan konseling sekolah menengah atas. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(2), 229–242.
Knettel, B. A., Luke, M. M., Kiweewa, J. M., Nsubuga, H., Darkis, J. T., Afriyie, O., & Ojiambo, D. (2020). Stakeholder Perspectives on School- Based Guidance and Counseling in Uganda: Emerging Priorities for Student Support and Teacher Training. International Journal for the Advancement of Counselling, 42(1), 81–96. https://doi.org/10.1007/s10447-019-09390-w
Merlin, C., & Brendel, J. M. (2017). A supervision training program for school counseling site supervisors. Clinical Supervisor, 36(2), 304–323.https://doi.org/10.1080/07325223.2017.1328629
Mousa, M., Abdelwahed, S., & Kluss, J. (2019). Review of fault types, impacts, and management solutions in smart grid systems. Smart Grid and Renewable Energy, 10(04), 98.
Norberg, K. (2019). The Swedish national principal training programme: a programme in constant change. Journal of Educational Administration and History, 51(1), 5–14.
Noto, M. S., Harisman, Y., Maarif, S., & Amam, A. (2018). Developing Smart-Based Teaching And Learning Sets On Geometry At Senior High School In Central Java. March 2021. https://doi.org/10.2991/ice-17.2018.76
Nurrhmi, H. (2015). Kompetensi profesional guru bimbingan dan konseling. Jurnal Dakwah Alhikmah, 9(1), 45–55.
Özçelİk, G., & Uyargİl, C. B. (2019). Performance Management Systems: Task-Contextual Dilemma Owing to the Involvement of the Psychological Contract and Organizational Citizenship Behavior. European Management Review, 16(2), 347–362. https://doi.org/10.1111/emre.12167
Popov, N., & Spasenovic, V. (2014). School Counseling: A Comparative Study in 12 Countries. Industrija, 42(4), 55–77.
Putri, A. A. F., Putri, A. F., Andriningrum, H., Rofiah,
S. K., & Gunawan, I. (2019). Teacher function in class: A literature review. 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019). Atlantis Press.
Ramadani, D., & Herdi, H. (2021). STUDI KEPUSTAKAAN MENGENAI KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PERENCANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 42–52.
Rezeki, S. R. S., AR, M. A. R. M., & Harun, C. Z. H. C.Z. (2012). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Dan Pelatihan Prajabatan Pada Bkpp Aceh. JURNAL SERAMBI ILMU, 13(2), 81–90.
Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.
Selvik, J. T., Stanley, I., & Abrahamsen, E. B. (2020). SMART Criteria for Quality Assessment of Key Performance Indicators Used in the Oil and Gas Industry. International Journal of Performability Engineering, 16(7).
Simanjuntak, J. M. (2019). Manajemen Pengembangan Profesional Dosen Berkelanjutan Untuk Memperbaiki Mutu Perguruan Tinggi: Kerangka Pengembangan Model Pelatihan Penelitian Dan Publikasi Karya Ilmiah Dosen Berbasis Produk Di STT Kharisma Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.
Siregar, E. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pendidikan dan pelatihan (Diklat) dalam upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM). Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(2), 153–166.
Supriyanto, A., Hartini, S., Syamsudin, S., & Sutoyo, A. (2019). Indicators of professional competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 53–64.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta
Susanto, N. H. (2018). Mengurai problematika pendidikan nasional berbasis teori motivasi abraham maslow dan david mcclelland. Lembaran Ilmu Kependidikan, 47(1), 30–39.
Testa, F., Todaro, N., Gusmerotti, N. M., & Frey, M. (2020). Embedding corporate sustainability: An empirical analysis of the antecedents of organization citizenship behavior. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 27(3), 1198–1212. https://doi.org/10.1002/csr.1875
Vicera, C. R., & Maico, E. G. (2019). Impact of school heads management styles on the teacher’s instructional competence and school performance. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 45(1), 64–74.
Wahyuni, S. (2020). Assessment dalam Bimbingan dan Konseling. Hikmah, 10(2).
Windasari, W., & Yahya, M. Z. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompensasi Guru Terhadap Kinerja Guru SMK Swasta Se-Kecamatan Bangil. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 188–192