EVALUASI NILAI LITERASI DAN NUMERASI RAPOR PENDIDIKAN SMAN 1 SIRAH PULAU PADANG TAHUN 2023 DAN 2024

Main Article Content

Ravita Sari Halim Sri Sri Warhdani Marlina Ummas Genisa Meli Meli Astriani

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengevaluasi capaian nilai literasi dan numerasi siswa di SMAN 1 Sirah Pulau Padang melalui evaluasi komparatif rapor pendidikan tahun 2023 dan 2024. Penelitian menggunakan metode kualitatif-deskriptif, pengambilan data dengan observasi dokumen dan evaluasi hasil rapor pendidikan yang dikaitkan dengan kata kerja operasional pada taksonomi bloom, yaitu memeriksa dan menilai data serta wawancara dengan Wakil Kepala Sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor literasi meningkat dari 15,56% pada tahun 2023 menjadi 73,33% pada tahun 2024, sedangkan skor numerasi meningkat dari 13,33% menjadi 75,56%. Peningkatan ini berhubungan dengan implementasi program perbaikan yang melibatkan pelatihan guru, pembelajaran diferensiasi, dan penguatan kegiatan literasi, numerasi. Namun, masih terdapat tantangan seperti kurangnya minat baca siswa dan metode pengajaran yang kurang inovatif. Rekomendasi dari penelitian ini mencakup peningkatan kualitas pengajaran dan strategi pembelajaran yang lebih adaptif untuk memenuhi kebutuhan siswa. Hasil dari evaluasi ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk perbaikan proses pengajaran di sekolah, agar dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi pada siswa secara berkelanjutan.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Halim, S. Warhdani, M. Genisa, and M. Astriani, “EVALUASI NILAI LITERASI DAN NUMERASI RAPOR PENDIDIKAN SMAN 1 SIRAH PULAU PADANG TAHUN 2023 DAN 2024”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 649-654, May 2025.
Section
Artikel

References

mbarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2857–2868. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.829
Amin, A., & Zaenab, U. (2023). Evaluasi Program Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Nilai Rapot Pendidikan Tahun 2022 Di SMPN 4 Kebumen. Jurnal Psikologi, 19(1), 57–62.
Anugrah, A. arian, & Sarnawiah. (2023). ©JP-3 Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran ©Akhsan Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Melalui Penerapan Model Problem-Based Learning di Kelas X MIPA 6 SMAN 2 Soppeng. Rian Anugrah, 5(2), 673–679.
Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi (Analysis of Class VIII Students’ Ability in Solving Numeracy Literacy Questions). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 427–483.
Awami, F., Yuhana, Y., & Nindiasari, H. (2022). Meningkatkkan Kemampuan Literasi Numerasi Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Self Confidence Siswa SMK. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 231–243. https://doi.org/10.30653/003.202282.236
Azra, N., Hazlin, A., Simanjuntak, A., & Nurbidayah, D. (2024). INTERAKSI MEDIA SOSIAL DAN MINAT BACA. 5, 6241–6248.
Belvar, A. N., Raihana, V. A. L., Diba, F. F., & Fitriyah Z.A., M. (2024). Problematika Keterampilan Membaca pada Generasi Z. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(3), 195–204. https://doi.org/10.62017/arima
Fatonah, K., Alfian, & Lestari, S. (2021). IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR SWASTA NURANI JAKARTA Dosen Universitas Esa Unggul Jakarta Surel : khusnul.fatonah@esaunggul.ac.id Kampus Mengajar merupakan salah satu bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ) yan. 5(September), 194–205.
Fauzi, F. G., Khoirunnisa, Melyana, F., Rahmawati, D., Yasmin, S., & Nurrahmah, A. (2021). Analisis Literasi Numerasi Siswa Kelas VIII Di SMP Petri Jaya Jakarta Timur Pada Konten Aljabar. Original Research, 1, 83–91.
Fiantika, Wasil M, Jumiyati, Honesti, Wahyuni, Jonata, E. a. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Firdaus, F., Yudhanegara, M. R., & Roesdiana, L. (2024). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Lingkaran. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 12(1), 13–24. https://doi.org/10.35706/judika.v12i1.10019
Litnum, D., Berdiferensiasi, P., Pendidikan, I., & Litnum, D. (2024). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Melalui Dentum Litnum. 4, 7622–7631.
Maulidia, A., Saputro, M., & Desy Susiaty, U. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Spltv Berorientasi Pisa Dengan Konten Change And Relationship. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(6), 1877–1883. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.412
Menulis, K. (2025). Analisis Faktor Penghambat dan Pendukung Penerapan Model CIRC dalam Pembelajaran Literasi Membaca Menulis di Sekolah Dasar. 5, 225–236.
Muthofin, G., & Budiman, I. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 12(1), 1–12. https://doi.org/10.35706/judika.v12i1.8453
Nurhidayati, W. Y., Firdausi, F. U., & Fatmawati. (2023). Upaya Peningkatan Taraf Literasi Dan Numerasi Pada Siswa Siswi Di Panti Asuhan Nurul Hadi Melalui Program Bimbingan Belajar. Jurnal Pengabdian Masyarakyat, 1(1).
Putri Rlisya, I., Fonna, M., Listiana, Y., Muhammad, I., & Wulandari, W. (2022). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skills (Hots) Untuk Mendukung Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp. Jurnal Sains Riset, 12(3), 640–646. https://doi.org/10.47647/jsr.v12i3.869
Qadry, I. K., Dessa, A., & Aynul, N. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Space and Shape Pada Kelas IX SMP Negeri 13 Makassar. Jurnal Matematika Dan Aplikasinya, 2(2), 78–92.
Riantoni, C., Komputer, F. I., Dinamika, U., Jambi, B., Artikel, I., & Education, J. (2024). Kemandirian belajar siswa dalam mengikuti alur problem based learing dalam pembelajaran 1. 12(1), 132–136.
Saputri, L., Arifin, A., & Razak, I. A. (2023). Digitalisasi Perpustakaan Sekolah. Student Journal of Educational Management, 3, 189–202. https://doi.org/10.37411/sjem.v3i2.1709
Tasyanti, T., Wardono, & Rochmad. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Berdasarkan Kecerdasan Emosional Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 334–346.
Wilujeng, I., Ain, T. N., & Wibowo, H. A. C. (2022). Pelatihan Strategi Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta didik dalam Rangka Menghadapi ANBK. Carmin: Journal of Community Service, 2(2), 69–75. https://doi.org/10.59329/carmin.v2i2.73
Wulan, A. R., & Upi, F. (n.d.). Bloom Revisi.